Banner ImageBanner Image

Ini Tips yang Wajib Kamu Lakukan agar Aplikasi Pengajuan KPR BTN Bisa Diterima

4 menit
Dari sekian banyak tawaran kredit pemilikan rumah, KPR BTN adalah salah satunya yang dipilih banyak orang (Instagram).

Dari sekian banyak tawaran kredit pemilikan rumah, KPR BTN adalah salah satunya yang dipilih banyak orang. Gara-gara produknya ini, Bank BTN jadi identik di mata banyak orang sebagai bank KPR dari tahun 1976 hingga sekarang.

Pilihan kredit rumah yang beragam hingga tawaran bunga yang menarik bikin banyak orang mengajukan KPR BTN. Namun, dari banyaknya orang-orang yang melakukan pengajuan KPR, cukup banyak juga lho yang dapat penolakan.

Mereka yang pengajuannya ditolak bertanya-tanya, “Kok bisa ya setelah mengikuti prosedur dan memenuhi syarat-syarat yang diminta, aplikasi pengajuan ditolak?”

Pengajuan KPR sebenarnya sama sulitnya dengan pengajuan KTA. Sekalipun dalam pengajuan KPR itu ada agunannya berupa rumah yang dibeli, bukan berarti hal tersebut menjamin aplikasi pengajuan disetujui.

Nah, agar aplikasi pengajuan KPR BTN diterima, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih. Namun, gak ada salahnya nih kita bahas dulu produk-produk KPR yang ditawarkan Bank BTN. Baru setelah itu, kita bahas tips-tipsnya. Yuk, disimak.

Baca juga: Jeli Melihat Peluang, Salah Satu Trik Jitu Mempertahankan Bisnis Musiman

Ini lho pilihan-pilihan KPR BTN yang bisa kamu pilih

Pasangan suami istri di depan rumah mereka yang menggunakan KPR (Ilustrasi by Shutterstock).

Bank BTN punya banyak penawaran KPR yang bisa kamu ajukan. Pilihan-pilihan KPR BTN mulai dari buat kredit rumah hingga kredit apartemen. Berikut ini adalah beberapa pilihannya.

1. KPR BTN Platinum

Produk pinjaman BTN yang ini ditujukan buat yang pengin membeli rumah dari developer atau non-developer. Entah itu membeli rumah baru atau seken, rumah siap huni, indent, hingga take over kredit dari bank lain.

KPR BTN Platinum memberi jangka waktu atau tenor hingga 25 tahun dan suku bunga yang kompetitif. Terus dilindungi (cover) asuransi jiwa dan kebakaran.

2. KPR BTN BP2BT

Pilihan KPR ini adalah hasil kerja sama antara Bank BTN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR. Buat KPR ini, Pemerintah mengucurkan dana subsidi Rp 32,4 juta bagi masyarakat yang punya tabungan pembelian rumah di Bank BTN.

Syarat uang muka atau down payment KPR ini 5 persen dan jangka waktu pelunasan cicilan atau tenornya 20 tahun. Terus gratis asuransi dan PPN.

3. KPR BTN Subsidi

Sama tujuannya dengan KPR BTN BP2BT, pinjaman ini juga ditujukan buat membantu masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah, agar bisa memiliki rumah.

Uang muka atau down payment KPR ini sebesar 1 persen dan tenornya hingga 20 tahun. Kemudian ada bantuan uang muka Rp 4 juta khusus yang membeli rumah tapak. Enaknya lagi gratis premi asuransi dan PPN.

4. KPR BTN Mikro

Buat kamu yang bekerja di sektor informal, KPR BTN ini bisa jadi pilihan yang oke. Kamu bisa membeli lahan atau rumah, membangun rumah, ataupun renovasi rumah dengan dana KPR ini. Pembayarannya bisa harian, mingguan, ataupun bulanan.

Namun, jangka waktu atau tenor KPR BTN ini cukup singkat, yaitu 10 tahun. Terus maksimal kreditnya hingga Rp 75 juta dan uang mukanya dari 1 persen.

Soal suku bunga yang dipatok, kamu bisa menanyakan langsung ke Bank BTN dengan mendatangi kantor atau call center BTN.

Baca juga: Butuh Dana Segar, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu Sebelum Pinjam Uang ke Orangtua

Gini lho tips-tipsnya agar pengajuan KPR BTN diterima

KPR Rumah (Ilustrasi by Shutterstock).

Lalu gimana nih tips-tipsnya supaya pengajuan KPR bisa lolos? Usut punya usut, ada beberapa faktor yang bisa bikin aplikasi pengajuan KPR BTN disetujui bank. Inilah tips-tips yang bisa kamu lakukan agar faktor-faktor tersebut gak jadi penghambat kamu buat memiliki rumah.

1. Ajukan KPR BTN dengan cicilan 30 persen dari gaji

Walaupun rumah yang pengin dibeli adalah rumah impian, kamu harus realistis dalam melihat kondisi keuangan. Jangan memaksakan diri kalau kondisi keuangan gak mendukung.

Sesuaikan besaran cicilan dengan gaji yang kamu terima tiap bulan. Caranya, cari cicilan KPR BTN yang besarannya maksimal 30 persen dari gaji kamu per bulan.

Misalnya aja gaji kamu Rp 6 juta. Itu berarti kamu harus ajukan KPR dengan cicilan Rp 1,8 juta per bulan.

2. Perbesar down payment atau cari rumah dengan harga yang lebih murah

Besaran cicilan per bulan 30 persen dari gaji itulah yang jadi ukuran bank buat memberi plafon KPR. Sebagai misal, kamu butuh KPR dengan plafon Rp 300 juta. Namun, bank cuma sanggupi Rp 280 juta begitu melihat gajimu per bulan.

Kalau udah begitu situasinya, kamu harus memilih antara tambah down payment atau cari rumah dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Ingin Sukses Menekuni Ilmu Bisnis? 7 Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

3. Peluang dapat KPR lebih besar kalau mengikutkan pasangan

Kamu pastinya pernah lihat kan syarat pengajuan KPR adalah menyerahkan bukti penghasilan kamu dengan pasangan. Asal tahu aja nih, hal ini jadi jalan keluar buat yang pengin punya rumah, tapi gaji pas-pasan.

Makanya kalau kamu udah menikah, ada baiknya melibatkan pasangan juga dalam membeli rumah. Sebab dengan gabungkan penghasilan, KPR yang diinginkan bisa diperoleh.

4. Selalu pastikan kamu gak punya catatan buruk perbankan

Pernah punya utang dari bank atau utang kartu kredit sebelumnya? Ada baiknya pastikan dulu kalau utang-utang tersebut gak bikin kamu punya catatan buruk di mata bank.

Sebagai informasi aja nih, pembayaran cicilan kredit yang macet hingga menunggak pembayaran cicilan bikin kolektibilitas kredit kamu jadi buruk di mata bank. Hal ini bisa kamu ketahui dengan mengeceknya di SLIK OJK.

Kalau kamu dapat status lancar atau performing loan, itu berarti kolektibilitas kredit kamu bagus dan kamu berpeluang dapat KPR. Sementara kalau dapat status macet atau non-performing loan, kemungkinan kamu dapat KPR BTN sangat kecil. Malah bisa gak dapat sama sekali.

Itulah tips-tipsnya supaya KPR BTN bisa diterima. Buat informasi aja nih, menjalankan tips-tips di atas gak kasih jaminan 100 persen KPR bisa diterima. Namun, peluang dapat KPR bakal lebih besar.

Semoga informasi di atas bisa bantu kamu mewujudkan impianmu buat memiliki rumah ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan