Jangan Sampai Kehabisan, Tiket Mudik Lebaran Sudah Mulai Dijual!

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi hal yang gak terlupakan bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan perantau untuk mudik.

Berbagai sarana transportasi seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, hingga bus antar kota antar provinsi menjadi pilihan masyarakat Indonesia menuju kampung halaman.

Untuk tahun 2019 ini, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 5-6 Juni 2019. Berbagai agen perjalanan online atau Online Travel Agent (OTA) pun tengah bersiap menjual tiket kereta api mudik 2019.

Tiket.com sebagai salah satu OTA di Indonesia akan menjual tiket kereta api mudik 2019 hingga H-90 hari raya dengan berbagai potongan menarik.

Potongan Harga dan Makanan Gratis

Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Geary Undarsa mengatakan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI). Mereka akan menjual tiket kereta api mulai H-90 hari raya.

“Kami bekerja sama dengan PT Kereta Api akan membuka penjualan tiket kereta online mulai H-90. Untuk tahun ini ada promo potongan Rp 30.000. Kita akan jadi channel official dari H-90,” ujar Geary di Jakarta.

Adapun, program promo potongan harga dari Tiket.com ini dilaksanakan pada periode 18-24 Februari 2019. Selain promo potongan harga, Tiket.com juga memberikan benefit tambahan berupa makanan dan minuman gratis pada saat hari keberangkatan.

“Di tahun tahun ini kami yakin dengan semakin mudahnya pemesanan tiket mudik dan benefit tambahan yang kami berikan, akan meningkatkan pemesanan tiket mudik. Targetnya, tahun ini pemesanan tiket mudik akan naik dua kali lipat dari tahun lalu,” paparnya.

Waktu Terbaik Beli Tiket

Sementara itu, dalam membeli tiket kereta api mudik Lebaran tentu akan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Baik itu koneksi internet yang lambat, server penyedia tiket yang penuh, hingga bersaing dengan ribuan orang.

Dengan ini ada beberapa tips dan waktu terbaik dalam memburu tiket mudik Lebaran.

1. Akses Informasi Penjualan Tiket

Geary mengatakan, ada beberapa cara yang harus dipersiapkan dalam membeli tiket mudik lebaran. Pertama adalah bersiap tengah malam dengan membuka situs atau aplikasi penjualan.

Sebab pada pukul 00.00 segala informasi penjualan tiket hingga dibukanya proses pemesanan atau booking tiket bisa dilakukan oleh konsumen.

2. Buka Situs atau Aplikasi Dini Hari

Kedua, dalam memburu tiket mudik Lebaran, semua orang akan fokus pada beberapa menit setelah pembukaan pembelian dilaksanakan. Oleh sebab itu, membuka situs atau aplikasi penjualan tiket pada dinihari menjadi waktu yang tepat.

“Banyak orang yang jam 12.00 WIB enggak dapat, bete, udah males ah, tetapi ada orang yang iseng jam 05.00 WIB bangun, sebelum sholat subuh, eh malah dapat tiket. Itu banyak dan bisa dicontoh,” papar Geary.

3. Membeli dari Jauh Hari

Ketiga, dalam membeli tiket Lebaran juga bisa dilakukan dari jauh-jauh hari, hal ini agar mengantisipasi kenaikan harga yang melambung.

Masyarakat bisa memanfaatkan waktu saat low season dalam membeli tiket. Sebab pada periode ini harga berbagai sarana transportasi akan lebih murah dibandingkan masa-masa akhir sebelum Lebaran.

“Misalnya Februari ini kan lagi low season banget, Maret juga. Jadi Fabruari-Maret ini akan harga yang sangat murah. Jadi kalau beli sekarang biasanya jauh lebih murah dari April atau Mei,” ungkap Geary.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.