Inspirasi Bisnis dari Dian Sastro Ini Wajib Ditiru Kalau Mau Sukses

inspirasi bisnis
Image: Instagram @therealdisastr

Inspirasi bisnis bisa datang dari siapa saja, termasuk dari artis cantik dan terkenal, Dian Sastrowardoyo.

Meski berstatus artis dan istri pengusaha sukses, Dian Sastro gak mau manja. Sebaliknya, dia membuktikan mampu mandiri dan berkarya dengan usahanya sendiri.

Bisnis Dian Sastrowardoyo bervariasi, mulai dari kuliner sampai perlengkapan bayi. Dia juga gak ragu memulai bisnis dari bawah walau sebetulnya dia mampu ambil jalan pintas.

Buat kita yang tengah berencana merintis usaha, insipirasi bisnis Dian Sastro bisa kita ambil dan terapkan. Berikut ini beberapa hal penting dalam keputusan Dian membuka usaha sendiri.

1. Harus kenal

inspirasi bisnis
Karena suka sepatu, Dian pun menggeluti bisnis alas kaki itu (tribunnews)

Dian Sastro mengawali bisnisnya dengan sesuatu yang ia kenali. Dia mencontohkan, jika menjadi kolektor sepatu, bisa dicoba buka toko sepatu.

Intinya adalah bisnis yang digeluti harus dipahami betul luar-dalam. Kalau gak kenal, mustahil bisa serius menyelami usaha tersebut untuk mencapai kesuksesan.

Yang ada malah celingak-celinguk gak ngerti apa yang mesti dilakuin. Apesnya, kena tipu karena pengetahuan bisnis yang cetek.

2. Mau belajar

Sebelum membuka bisnis online, Dian Sastro adalah pelanggan toko online tertentu. Terutama produk perlengkapan bayi.

Dengan bekal pengalaman jadi konsumen toko online itulah Dian akhirnya jadi pebisnis e-commerce. Dia mendirikan toko online khusus perlengkapan bayi setelah banyak belajar sebagai pelanggan.

Karena pernah jadi pelanggan, dia bisa memetakan apa sih kemauan pasar. Hal itu menjadi pemompa semangat dalam menjalankan usaha dan sekaligus jadi inspirasi bisnis Dian.

3. Ulet dan pantang menyerah

inspirasi bisnis
Guncangan dalam bisnis itu biasa. Tetap tenang dan terus bersemangat (brilio)

Usaha Dian Sastrowardoyo memang gak sukses-sukses amat. Tapi tetap saja patut diacungi jempol karena bisa bertahan lama dan, yang paling utama, bisa membantu membuka lapangan kerja.

Semuanya itu berkat keuletan Dian dan koleganya. Melihat aktivitas Dian yang padat sebagai artis, tentu waktu untuk mengelola usahanya lebih terbatas.

Itulah sebabnya diperlukan keuletan dan semangat pantang menyerah. Kalau mudah goyah, bisa saja bisnisnya langsung jatuh gak lama setelah berdiri.

[Baca: Tips Bisnis Online Lewat Facebook Ini Bisa Bikin Jualanmu Laris]

4. Mau berkorban

Dian Sastro mau berkorban demi kelancaran usahanya. Salah satu contohnya, rela merogoh kocek sendiri dalam-dalam untuk membayar upah pegawai saat bisnis lagi loyo. Ini baru pantas jadi inspirasi bisnis, guys.

Dia gak mau begitu saja memecat karyawan demi mengurangi pengeluaran. Padahal kalau mau melakukan pemutusan hubungan kerja, dia bisa mengamankan duit pribadi.

Namun dia yakin pegawai juga termasuk aset usaha. Bila gak diatur dengan saksama, usaha bisa limbung.

5. Mau bekerja sama

inspirasi bisnis
Modal Dian Sastro pastinya lebih dari cukup buat bikin usaha sendiri, tapi dia tetap mau kerja sama patungan (kumparan)

Secara modal, pastinya gak diragukan lagi Dian bisa mendirikan usaha sendiri. Tapi dia masih mau bekerja sama patungan dengan orang lain dalam mendirikan usaha.

Sebab, fokusnya bukan hanya soal modal usaha. Beberapa rekan bisnisnya punya pengetahuan mumpuni tentang bisnis yang digeluti.

Dengan demikian, pengelolaan bisnis bisa lebih terjamin. Strategi ini penting mengingat aktivitas Dian sebagai tokoh publik sangatlah padat.

[Baca: Siapa Sih yang Gak Butuh Sembako? Simak 4 Hal Penting Sebelum Buka Bisnis Sembako]

Dian Sastrowardoyo punya setidaknya lima bisnis. Yakni perlengkapan bayi, katering, mukena, sepatu, dan yang terbaru adalah start-up fotografi.

Kebayang dong bagaimana ribetnya mengatur waktu buat seorang Dian. Di satu sisi mesti menjalani kehidupan sebagai aktris, di sisi lain bisnisnya pun perlu perhatian.

Memang, dia gak menjalankan bisnis itu sendirian. Ada tangan teman-temannya yang punya andil dalam bisnis tersebut.

Suaminya yang pengusaha kaya-raya pun bisa diandalkan dalam urusan dana. Tapi gak bisa dimungkiri, upaya mandiri Dian dalam menjalankan usaha memberikan inspirasi bisnis buat kita.

Kalau kamu masih ragu membuka usaha, tips bisnis ala Dian Sastro di atas mungkin bisa dicomot untuk diterapkan sendiri. Ingat, bisnis yang bagus itu bukan yang dibayangkan, melainkan yang dijalankan.

[Baca: Bingung Cara Buka Usaha? Yuk Belajar dari 5 Seleb Ini]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560