Jawab 4 Pertanyaan Ini Dulu saat Mau Cari Inspirasi Buat Nama Bisnismu

3 menit
inspirasi nama merek
Ilustrasi seorang pengusaha mencari inspirasi nama merek. (Shutterstock)

Lagi nyari inspirasi nama merek bisnismu? Sebelumnya sudah pernah baca artikel MoneySmart soal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memilih nama yang tepat?

Nah, selain melakukan hal-hal itu, masih ada hal lain yang harus kamu lakukan sebagai seorang pendiri usaha. Karena, nama juga bisa berpengaruh pada kesuksesan brand kamu di masa depan. 

Maka, coba jawab dulu yuk beberapa pertanyaan di bawah ini. Tujuannya, biar kamu gak asal-asalan dalam memilih nama.

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 4 Juta, Brand Lokal Ini Sukses Mendunia Lho!

1. Udah ada yang pakai belum namanya?

inspirasi nama merek
Apakah kamu yakin merek kamu cuma satu-satunya? (Pixabay)

Mencari inspirasi nama merek itu gak gampang. Bahkan Gopay saja ternyata ada dua di dunia ini.

Satu Gopay milik Gojek yang didirikan Nadiem Makarim, dan satu lagi Gopay yang ada di Negeri Tirai Bambu. Gopay China itu bukan sembarang startup lho, mereka adalah kompetitornya Alibaba. Gopay China juga diakuisisi oleh PayPal.

Apa jadinya kalau tiba-tiba ada nama yang kembaran seperti itu? Tentunya bisa berpotensi membingungkan konsumen bukan? 

Walaupun kamu berpikir, “gak masalah kembaran sama perusahaan lain yang di luar negeri.” Ingat juga bahwa dalam waktu yang singkat sebuah brand bisa ekspansi ke negara lain dengan mudah. Apa kabarnya nanti jika Gopay China masuk ke Indonesia?

Baca juga: Beginilah Strategi Uniqlo untuk Menjadi Brand Terbesar di Asia-Oseania

2. Apakah namanya harus berkaitan dengan pendirinya?

inspirasi nama merek
Layakkah kisah hidupmu dijadikan brand? (Pixabay)

Ketika bisnis ini baru dirintis, kamulah yang 100 persen memiliki andil dalam seluruh prosesnya. Makna “Ngehe” di brand Makaroni Ngehe yang didirikan Ali Muharam adalah cerminan bagaimana kehidupannya yang terbilang keras alias “ngehe.”

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bisnismu kian sukses, maka nama merek itu juga bakal dikenal oleh banyak orang. 

Ali mungkin jadi salah satu orang yang berhasil memilih nama unik, berdasarkan kisah hidupnya. Tapi apakah hal ini bakal berlaku baik untukmu juga? Well, bisa iya bisa enggak. 

Terkadang, nama unik memang bisa saja muncul dari kehidupan kita saat kita mencari inspirasi nama merek. Namun jangan buru-buru ya dalam memilih kata-katanya.

Baca juga: Ini Deretan Brand Paling Mahal di Indonesia, BCA, BRI, Telkomsel Teratas

3. Apa usahamu mengandung nilai-nilai kearifan lokal suatu kota?

inspirasi nama merek
Sebuah warung masakan Padang. (Shutterstock)

“Rumah Makan Padang Sederhana,” Restoran Sulawesi, Soto Kudus Blok M, dan lainnya. Walaupun ada nama kotanya, resto-resto itu tetap hadir di Jakarta bukan?

Nama itu sengaja dibawa untuk menunjukkan hidangan khas dari daerah asalnya. Padang, Kudus, Sulawesi, dan kota-kota lain.

Menggunakan nama daerah sah-sah saja, terutama buat pebisnis kuliner. Tapi hal itu bisa saja “membatasi jumlah menu yang akan disediakan.”

Jelas dong, resto Padang ya jual hidangan padang. Masa iya jual sushi? Kecuali jika pemiliknya ingin membuat restoran dengan tema fusion, atau gabungan. 

4. Artinya apa?

inspirasi nama merek
Sebaiknya, ada makna di balik setiap nama yang kamu buat. (Pixabay)

Nah, pertanyaan ini harus bisa dijawab oleh pendiri usaha ya. Lucu dong kalau tiba-tiba ditanya orang kok namanya ini? Maksudnya apa ya? Namun, kamu gak bisa jawab.

Pikir-pikir dulu deh ya ketika kamu sudah menemukan inspirasi namanya. Coba telusuri dengan lebih detail, kalau bisa bikin filosofi sendiri deh soal nama merek yang kamu buat.

Itulah empat pertanyaan yang harus dijawab ketika mencari inspirasi untuk nama bisnis atau merekmu. Semoga bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.