Inspiratif! Ini 9 Bisnis Maia Estianty yang Bikin Tajir

4 menit
Maia Estianty (instagram @maiaestiantyreal)
Maia Estianty (instagram @maiaestiantyreal)

Kerap dikenal sebagai Bunda Maia, wanita kelahiran Surabaya ini pernah dinobatkan sebagai wanita inspiratif di salah satu penghargaan khusus wanita.

Kisah hidup Maia terbilang bikin penasaran. Permasalahan yang dia alami sekitar tahun 2000-an bikin Maia selalu jadi incaran media. Salut! Janda yang telah memiliki tiga anak laki-laki tersebut gak memanfaatkan sensasi buat jadi sumber penghasilan.

Bila dulu Maia aktif bernyanyi dalam grup Duo Ratu, kini malah Maia Estianty-lah yang memanajerin artis-artis lain. Yap! Salah satu bisnis Maia Estianty adalah manajemen artis.

Bukan cuma pekerjaan di bidang kerartisan, total bisnis Maia Estianty mencapai sembilan sektor!

[Baca: Ini 8 Cara Jadi Wanita Mandiri Finansial Tanpa Harus Jadi Pelakor]

Yuk, intip apa aja usaha Maia yang bikin dia sukses dan kaya raya seperti yang terlihat di laman Instagram-nya.

1. Bisnis kosmetik EMK

bisnis maia estianty
Maia jadi distributor resmi EMK di Indonesia (merdeka)

Bicara soal EMK Beverly Hills, kebanyakan dari kita yang update dengan dunia selebriti pasti mengidentikkannya dengan Maia.

Bisnis Maia Estianty ini adalah berupa produk kosmetik premium yang diimpor dari negeri Paman Sam. Nah, Maia sendiri menjadi distributor resmi di Indonesia buat jual produk tersebut.

Ada sedikit pelajaran berharga dari pilihan bisnis Maia ini. Salah satunya adalah buat dapat untung besar, gak ada salahnya buat pilih bisnis bermodal besar pula. Pasalnya, kosmetik EMK ini emang benar-benar premium, selevel dengan SK-II. Harganya aja sampai jutaan!

2. Buka klinik kecantikan

penghasilan maia estianty
Buka klinik kecantikan juga di kota kelahiran (okezone)

Masih di bidang kecantikan, Maia juga buka klinik kecantikan di kota kelahirannya, Surabaya. Klinik kecantikan tersebut bernama CnC yang bekerja sama dengan dokter berpengalaman.

3. Bisnis properti

jumlah kekayaan maia estianty
Apartemen yang biasa jadi luar biasa (dream)

Bukan pebisnis andal namanya kalau melewatkan sektor ini. Bisnis properti emang cukup mudah dijalankan, bahkan sembari menjalankan bisnis-bisnis lainnya.

Nah, Maia Estianty pun turut terjun di bisnis yang gak pernah ada matinya ini. Namun, cara Maia cukup unik dan bisa banget kamu tiru nih.

Jadi, Maia membeli apartemen yang biasa aja. Kemudian, dia sulap dengan mengubah interiornya dengan desain yang mewah. Bukan cuma andalkan persentase kenaikan harga properti aja, tetapi Maia pun semakin melambungkan nilai jual properti tersebut.

[Baca: Naikkan Harga Rumah, Coba 4 Cara Ini Biar Rumah Kamu Punya Nilai Lebih]

4. Bangun tempat karaoke

bisnis maia estianty di london
Alegro, karaoke Maia (tribunnews)

Seperti beberapa artis lain yang udah sukses duluan mendirikan tempat karaoke, Maia pun gak mau kalah.

Tempat karaoke yang dibangun oleh Maia bernama Alegro Family KTV. Alegro kini udah berdiri di beberapa kota, di antaranya Jakarta, Medan, serta Batam. Keuntungan yang diperoleh Maia dari usaha ini gak tanggung-tanggung, yaitu sampai dengan Rp 1 miliar per bulan.

Cara Maia buat mengelola bisnis ini pun patut ditiru. Jadi, Maia menggunakan sistem kemitraan alias franchise buat melebarkan sayap Alegro.

5. Clothing line Kayara by Maia

bisnis maia estianty di luar negeri
Kayara by Maia (youtube)

Maia juga turun ke bisnis fashion dengan menghadirkan lini fesyennya sendiri, yaitu Kayara by Maia. Lini fesyen ini menghadirkan beragam pakaian, mulai dari kasual hingga pakaian Muslim.

6. Buka restoran dan hiburan malam

restoran milik maia estianty
Restoran dan hiburan malam juga disabet oleh Maia (blogspot)

Gak ketinggalan, Maia pernah ikut berbisnis kuliner dengan mendirikan restoran serta hiburan malam.

Maia cukup cerdik karena mengincar lokasi-lokasi yang emang sering dijadikan tempat nongkrong. Contohnya, Tipsy Club and Lounge yang berada di daerah Kemang. Kemudian, Maia pun mendirikan restoran bernama STI-Q Maia yang berlokasi di Bogor.

[Baca: 8 Artis Indonesia yang Sukses Menjalani Profesi di Luar Dunia Hiburan]

7. Punya perusahaan outsourcing

Siapa sangka Maia berani mencoba sesuatu yang kurang mainstream. Maia ternyata punya perusahaan outsourcing yang menaungi sekitar 7.000 karyawan, lho! Perusahaan tersebut diberi nama Persaels yang didirikan sejak tahun 2000.

8. Merilis merek camilan

maia estianty
Snack AlElDul (beranda)

Yang terbaru, Maia merilis merek camilan bernama Snack Al El Dul. Nama tersebut berasal dari nama panggilan ketiga putra Maia.

Produk ini adalah camilan kekinian berupa kulit ayam yang menggunakan bahan-bahan premium.

9. Mengelola manajemen artis

Nah, ini dia bisnis Maia Estianty yang emang jadi salah satu passion terbesar Maia. Manajemen artis sekaligus perusahaan rekaman tersebut diberi nama Le Moesiek. Perusahaan tersebut mulai didirikan oleh Maia sejak tahun 2009.

Total artis yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut udah cukup banyak. Bahkan, nama-nama besar seperti Krisdayanti dan Julia Perez pun bergabung di bawah label musik tersebut.

Wah, jempol deh buat Bunda Maia!

Meski sempat terpuruk, Maia Estianty bisa dibilang sukses jadi wanita mandiri. Gak mengandalkan sensasi, bisnis-bisnis yang dilakoni oleh Maia ini jadi bukti bahwa perempuan emang jagonya multi-tasking.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan