Sering Pakai Internet Banking? Ini 4 Hal Tabu yang Gak Boleh Dilakukan

3 menit
internet banking
4 Hal tabu dilakukan saat pakai internet banking. (Shutterstock)

Penggunaan internet banking sekarang ini kian menjadi tren. Soalnya, dengan fasilitas ini kegiatan transaksi lebih mudah dilakukan ketimbang di ATM ataupun mendatangi bank terdekat.

Wajar aja sih penggunaannya kian masif. Jumlah pemakai smartphone yang kian banyak turut andil dalam mendorong jumlah pengguna internet banking.

Apalagi rata-rata bank-bank besar udah menyediakan fasilitas ini. Tentu aja keberadaannya gak disia-siakan gitu aja oleh para nasabah. Udah bikin urusan perbankan jadi lebih mudah, pemakaiannya juga menciptakan efisiensi. Hemat tenaga, juga hemat biaya.

Walaupun begitu, kamu sebagai pengguna internet banking harus mewaspadai kejahatan-kejahatan siber yang bisa mengintai siapa aja. Saat ini, pencurian identitas itu marak terjadi menimpa orang-orang di dunia maya.

Makanya kamu perlu tahu gimana caranya agar terhindar dari kejahatan-kejahatan yang bisa menimpa kamu sebagai pengguna. Berikut ini cara-cara menggunakan fasilitas ini  secara aman.

Ini berlaku buat nasabah sebagian besar bank yang udah pakai fasilitas ini lho. Jadi, kamu yang pakai internet banking BCA, internet banking BRI, sampai Mandiri internet banking, wajib memperhatikan hal ini.

Baca juga: 5 Tips Menabung Uang Receh Biar Menggunung dan Bisa Beli Barang Mewah

1. Hindari memberi informasi pribadi dan yang bersifat rahasia lewat telepon atau email

internet banking
Jangan sekali-sekali ya kasih info ke orang asing. (Pexels)

Apa pun alasannya, jangan pernah memberi informasi pribadi apalagi yang sifatnya rahasia lewat telepon atau email. Sekalipun yang meminta mengatasnamakan dirinya sebagai bank, bukan berarti menjadi alasan buat kamu memberi informasi tersebut.

Perlu kamu tahu, bank sama sekali gak pernah meminta informasi pribadi ataupun informasi rahasia lewat telepon ataupun email terkait dengan layanan internet banking. Selain itu, bank juga gak meminta kamu memberi tahu PIN, kata sandi, hingga nama pengguna.

Biasanya, siapa pun yang meminta informasi tersebut punya tujuan melakukan upaya phising. Begitu informasi yang mereka pengin telah didapat, akun kamu bisa dibobol dan disalahgunakan.

Baca juga: Jarang Tersorot Media, 4 Bos Batu Bara di Daerah Ini Gak Kalah Kaya dari Erick Thohir

2. Jangan gunakan jaringan Wi-Fi yang keamanannya gak terjamin

internet banking
Gak usah connect ke jaringan wi-fi yang gak jelas. (Pexels)

Lebih baik gunakan internet banking yang tersambung pada jaringan internet sendiri ketimbang jaringan Wi-Fi gratisan. Sebab, kamu gak bisa menjamin keamanan dari jaringan Wi-Fi yang tersedia cuma-cuma tersebut.

Nekat memanfaatkan jaringan Wi-Fi tersebut justru membiarkan dirimu terserang oleh aksi kejahatan siber. Karena itu, ketika mengakses akunmu, selalu pastikan kamu menggunakan jaringan yang berasal dari smartphone kamu atau dari rumah kamu.

Baca juga: Kisah Orang Kaya Tertua di Dunia yang Masih Ngantor di Usia 100 Tahun

3. Hindari bikin PIN internet banking yang sangat mudah ditebak

internet banking
Pakai tanggal lahir pacar boleh gak? (Pexels)

Pakai tanggal lahir sebagai PIN bikin akun internet banking kamu rentan jadi target aksi kejahatan. Makanya, jangan sesekali berpikir menjadikan tanggal lahir sebagai PIN akun kamu.

Namun, bukan berarti kamu harus menggunakan kombinasi yang rumit ya sebagai PIN. Kalau rumit banget, nanti malah kamu gak bisa ingat. Ujung-ujungnya kamu mesti bikin PIN baru.

4. Membiarkan smartphone kamu tanpa password

internet banking
Mendingan dipasangin password sih. (Pexels)

Udah tahu sering buka internet banking di smartphone, tapi membiarkan smartphone tanpa password sama sekali? Ini sih sama aja menggampangkan orang-orang yang gak bertanggung jawab buat mencuri informasi pribadi di smartphone kamu.

Mulai dari sekarang, jangan biarkan smartphone kamu gak ada password sama sekali ya. Bukannya apa-apa nih. Demi terjaganya keamanan, bikin password pada smartphone menjadi salah satu cara mencegah aksi kejahatan siber.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan buat mengamankan internet banking dari aksi-aksi kejahatan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan