Apa Itu Internet Banking? Ini Daftarnya dan Cara Gunakannya

internet banking

Penggunaan internet banking sekarang ini kian menjadi tren. Soalnya, dengan fasilitas ini kegiatan transaksi dan menabung lebih mudah dilakukan ketimbang di ATM ataupun mendatangi bank terdekat.

Wajar aja sih penggunaannya kian masif. Jumlah pemakai smartphone yang kian banyak turut andil dalam mendorong jumlah pengguna internet banking.

Apalagi rata-rata bank-bank besar udah menyediakan fasilitas ini. Tentu aja keberadaannya gak disia-siakan gitu aja oleh para nasabah. Udah bikin urusan perbankan jadi lebih mudah, pemakaian IB menciptakan efisiensi. Hemat tenaga, juga hemat biaya.

Nah, ulasan kali ini mau ajak kamu memahami apa itu internet banking dan bank-bank mana aja yang menyediakan layanan ini.

[Baca Juga: Hitung Kebutuhan Menabung Bulananmu dengan Kalkulator Menabung dari Lifepal]

Apa itu internet banking? Ini pengertiannya

Internet banking adalah layanan transaksi online yang disediakan bank bagi nasabahnya, baik lewat aplikasi maupun web browser, yang bisa diakses kapan aja dan di mana aja.

Orang awam kadang keliru memahami mana internet banking dan mana mobile banking. Namun, keduanya jelas berbeda meskipun bisa diakses secara online.

Mobile banking (m-banking) adalah layanan transaksi online yang disediakan bank lewat aplikasi. Layanan ini juga bisa diakses kapan aja dan di mana aja selama kamu membawa smartphone milikmu.

Daftar bank di Indonesia dengan fitur internet banking

Di Indonesia hampir semua bank memberi layanan online ini bagi nasabahnya. Berikut ini daftar layanannya beserta alamat website-nya.

Layanan internet bankingAlamat website
Bank BCAhttps://ibank.klikbca.com/
Bank BRIhttps://ib.bri.co.id/ib-bri/
Bank Mandirihttps://ib.bankmandiri.co.id/
Bank BNIhttps://ibank.bni.co.id/
Bank UOBhttps://pib.uob.co.id/
Bank Jatenghttps://ibanking.bankjateng.co.id/
Bank Megahttps://ibank.bankmega.com/
Bank Nobuhttps://www.nobuwwwbanking.com/ib/
Bank Maybankhttps://m2u.maybank.co.id/common/Login.do
Bank BTNhttps://internetbanking.btn.co.id/retail/login/loginRequest
Bank Danamonhttps://www.danamonline.com/
Bank Sinarmashttps://www.banksinarmas.com/PersonalBanking/
Bank CIMB Niagahttps://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html
Bank Bukopinhttps://ib.bukopin.co.id/business/
Bank Paninhttps://www.internetpanin.com/PaninWeb/Core/Login.aspx
Bank OCBChttps://internet.ocbc.com/internet-banking/Login/Login
Bank Permatahttps://new.permatanet.com/permatanet/retail/logon
Bank Muamalathttps://ib.muamalatbank.com/ib-app/loginpage

Buat kamu yang belum punya layanan online ini dan pengin memilikinya, berikut ini cara daftar akun dari beberapa bank di Indonesia. Langsung diklik aja ya link-nya.

  • Cara Daftar Internet Banking BRI
  • Cara Daftar Internet Banking BCA
  • Cara Daftar Internet Banking Mandiri
  • Cara Daftar Internet Banking BTN
  • Cara Daftar Internet Banking BNI
  • 4 cara aman menggunakan internet banking

    Walaupun menawarkan kemudahan dan kepraktisan, kamu sebagai pengguna layanan online ini harus mewaspadai kejahatan-kejahatan siber yang bisa mengintai siapa aja. Saat ini, pencurian identitas itu marak terjadi menimpa orang-orang di dunia maya.

    Makanya kamu perlu tahu gimana caranya agar terhindar dari kejahatan-kejahatan yang bisa menimpa kamu sebagai pengguna layanan online ini. Ini cara-cara menggunakannya secara aman.

    Hindari memberi informasi pribadi dan yang bersifat rahasia lewat telepon atau email

    Apa pun alasannya, jangan pernah memberi informasi pribadi apalagi yang sifatnya rahasia lewat telepon atau email. Sekalipun yang meminta mengatasnamakan dirinya sebagai bank, bukan berarti menjadi alasan buat kamu memberi informasi tersebut.

    Perlu kamu tahu, bank sama sekali gak pernah meminta informasi pribadi ataupun informasi rahasia lewat telepon ataupun email terkait dengan layanan online ini. Selain itu, bank juga gak meminta kamu memberi tahu PIN, kata sandi, hingga nama pengguna.

    Biasanya, siapa pun yang meminta informasi tersebut punya tujuan melakukan upaya phising. Begitu informasi yang mereka pengin telah didapat, akun kamu bisa dibobol dan disalahgunakan.

    Jangan gunakan jaringan Wi-Fi yang keamanannya gak terjamin

    Lebih baik gunakan layanan ini saat tersambung pada jaringan internet sendiri ketimbang jaringan Wi-Fi gratisan. Sebab, kamu gak bisa menjamin keamanan dari jaringan Wi-Fi yang tersedia cuma-cuma tersebut.

    Nekat memanfaatkan jaringan Wi-Fi tersebut justru membiarkan dirimu terserang oleh aksi kejahatan siber. Karena itu, ketika melakukan akses, selalu pastikan kamu menggunakan jaringan yang berasal dari smartphone kamu atau dari rumah kamu.

    Hindari bikin PIN yang sangat mudah ditebak

    Pakai tanggal lahir sebagai PIN bikin akun membuat kamu rentan jadi target aksi kejahatan. Makanya, jangan sesekali berpikir menjadikan tanggal lahir sebagai PIN akun kamu.

    Namun, bukan berarti kamu harus menggunakan kombinasi yang rumit ya sebagai PIN. Kalau rumit banget, nanti malah kamu gak bisa ingat. Ujung-ujungnya kamu mesti bikin PIN baru.

    Kalau sering buka layanan online ini di smartphone, ada baiknya amankan smartphone dengan password

    Udah tahu sering membukanya di smartphone, tapi membiarkan smartphone tanpa password sama sekali? Ini sih sama aja menggampangkan orang-orang yang gak bertanggung jawab buat mencuri informasi pribadi di smartphone kamu.

    Mulai dari sekarang, jangan biarkan smartphone kamu gak ada password sama sekali ya. Bukannya apa-apa nih. Demi terjaganya keamanan, termasuk keamanan layanan online ini, bikin password pada smartphone menjadi salah satu cara mencegah aksi kejahatan siber.

    Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan buat mengamankan internet banking dari aksi-aksi kejahatan. Masih bingung dengan beberapa hal seputar anggaran dan tabungan? Yuk tanyakan dan diskusikan langsung kepada rekan ahli Lifepal, lewat Tanya Lifepal.