Berhalangan Hadir Saat Interview Kerja? Ini 6 Cara Menghadapinya Agar Dipanggil Lagi

4 menit
Tetap tenang dan segera menghubungi HRD adalah langkah awal kalau kamu berhalangan hadir pas Interview Kerja (Shutterstock).
Tetap tenang dan segera menghubungi HRD adalah langkah awal kalau kamu berhalangan hadir pas Interview Kerja (Shutterstock).

Jadwal interview kerja yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan emang kadang gak bisa ditebak. Bisa besok, lusa atau bahkan minggu depannya. Dan yang biasanya paling bikin pusing adalah ketika waktunya bertabrakan dengan wawancara lainnya.

Mencari pekerjaan di Indonesia hari ini bukanlah hal yang mudah. Masih banyak lulusan S1 yang belum mendapat penghasilan tetap setiap bulannya. Salah satu faktornya adalah perilaku fresh graduate yang cenderung milih-milih tempat kerja.

Maka dari itu kamu harus mengambil setiap kesempatan yang ada dari pihak HRD perusahaan. Sebab belum tentu semua proses rekrutmen yang kamu lakukan bakal berujung manis, kan?

Banyaknya lamaran yang dikirim ke meja HRD membuka peluang untuk kamu dipanggil pada waktu yang bersamaan. Kalau mengalami kejadian seperti itu gak usah takut ataupun khawatir harus melepas salah satu kesmepatan yang ada. Karena terdapat cara untuk menolaknya serta meresponnya dengan tepat.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak aja nih langsung tips menjadwal ulang interview kerja ketika kamu berhalangan hadir, mengutip dari Career Addict.

Baca juga: Gak Asal Cas Cis Cus! 6 Profesi Ini Diwajibkan Lancar dan Mahir Berbahasa Asing

1. Jangan panik dan tetap tenang

Interview kerja
Rileks (Shutterstock)

Ketika kamu pertama kali mengetahui bahwa berhalangan hadir untuk interview kerja yang pertama harus dilakukan adalah tetap tenang. Apalagi kalau HRD yang mengontak kamu dari perusahaan yang kamu idam-idamkan untuk diterima.

Panik gak bakal menyelesaikan masalah dan hanya bakal mempersulit suasananya doang. Sebaiknya kamu tetap tenang untuk memikirkan beberapa hal lainnya yang bisa membantu menyelesaikan masalah.

Mungkin kamu bisa mencari tahu email orang yang berasal dari HRDnya atau email rekrutmen perusahaan tersebut di internet.

2. Segera menghubungi pihak HRD

Interview kerja
Segera menghubungi pihak HRD (Shutterstock).

Langkah selanjutnya setelah mengetahui nomor kontak atau alamat email perusahaan adalah langsung menghubunginya. Tujuannya supaya pihak HRD bisa mencatat dengan segera kandidat mana aja yang berhalangan hadir melakukan interview kerja.

Jangan menunggu sampai besok karena dari sisi perusahaan bisa menilai seberapa serius kamu pengin menduduki posisi yang kamu lamar tersebut. Kecuali kamu menerima infonya pada saat sore atau malam hari di luar jam kerja.

Usahakan membalasnya di pagi atau siang ketika pegawai kantor sedang bekerja.

Baca juga: Psikotes Kerja dan Tips Mengerjakannya Biar Keterima Jadi Karyawan

3. Jelaskan situasi kenapa gak bisa datang 

Interview kerja
Sakit (Shutterstock).

Ketika kamu menghubungi orang kantornya coba jelaskan dengan jelas dan detail alasan apa yang menjadi halangan kamu datang. Pihak HRD pun pasti bakal menerima dengan baik selama permasalahannya bisa diterima secara logika.

Beberapa alasan yang bisa diterima umumnya adalah karena ada urusan keluarga, sakit dan udah ada janji sebelumnya dengan pihak lainnya.

4. Sopan dalam menjelaskan alasan

Interview kerja
Sopan dalam menjelaskan alasan ketidakhadiran (Shutterstock)

Ketika kamu udah masuk dalam kandidat interview kerja maka artinya seluruh proses yang formal maupun informal bakal dinilai oleh pihak rekrutmen termasuk sopan santun dalam tata bicara.

Jadi jangan anggap sepele masalah yang satu ini. Gunakan kata-kata yang sopan ketika bertelepon ataupun via email supaya penilaian terhadap diri kamu baik sehingga HRD bakal merasa tetap antusias memanggil kamu kembali di kemudian hari.

Hindari kata-kata yang kamu gunakan sehari-hari pas ketika lagi ngobrol bareng temen seperti “ gue, lo” ataupun sebagainya.

Baca juga: Ini Tips Sukses Wawancara Kerja Sesuai Zodiak Agar Lancar dan Sukses

5. Pilih waktu yang tepat

Interview kerja
Pilih waktu yang tepat (Shutterstock).

Setelah kamu lakukan keempat tips sebelumnya ada baiknya untuk menginformasikan tentang kapan kamu bisa datang kesana untuk hadir dalam proses interview kerja. Jangan cuma tanggal aja tapi juga jam persisnya supaya nanti gak batal lagi.

Baiknya kamu siapkan lebih dari satu waktu untuk memberikan opsi kepada pihak HRD. Takutnya kalau hanya satu aja nanti kamu harus bolak-balik mengontak pihak rekrutmen.

6. Follow up dan konfirmasi lagi

Interview kerja
Jangan lup afollow up lagi setelah mereschedule jadwal interview (Shutetrstock).

Langkah terakhir yang kamu harus lakukan adalah memfollow up kembali janji jadwal ulang yang udah diomongin sebelumnya kepada HRD. Ini untuk sekedar memastikan aja kalau dari pihak kamu dan HRD sama-sama bisa mengadakan proses interview kerja selanjutnya.

Kamu bisa melakukan ini satu sampai 2 hari sebelum waktu wawancara dilakukan. Boleh lewat email ataupun nomor telepon kantor.

Nah itulah 6 tips menjadwal ulang proses interview kerja yang ampuh. Walaupun gak ada jaminan bahwa kamu bakal dipanggil lagi tetapi paling gak kamu udah berusaha dan mencoba untuk melakukan yang terbaik. Semoga sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1