Penting! 5 Sikap Tubuh yang Harus Diperhatikan Saat Interview Kerja

4 menit
interview
Sikap tubuh yang harus diperhatikan saat interview. (Shutterstock)

Salah satu proses rekrutmen yang umumnya diberlakukan oleh perusahaan adalah interview dengan tim HR maupun user. Gak sedikit pelamar kerja yang gugur di tahap ini, salah satu penyebab yang jarang diketahui adalah sikap tubuh ketika wawancara berlangsung juga menjadi penilaian tersendiri. Apakah selama ini kamu pernah memperhatikannya?

Secara umum, terdapat beberapa tahapan yang harus kamu lakukan sebelum diterima oleh suatu perusahaan. Prosesnya antara lain adalah psikotes, interview HR, wawancara user dan medical check up. Tapi gak menutup kemungkinan tahapan-tahapannya berbeda satu dengan yang lain.

Pada panggilan pertama biasanya kamu akan mengerjakan beberapa soal psikotes yang gampang-gampang susah karena terdiri dari beberapa jenis tes mulai dari hitungan dasar sampai tes logika gambar. Kalau lolos, kamu bakal lanjut ke tahap selanjutnya yakni interview.

Nah bisa dikatakan kunci kamu akan diterima atau gaknya ada di tahapan yang ini. Karena di sini seluruh kemampuan serta kepribadian bakal dinilai oleh perusahaan.

Dari tim HR akan menanyakan pertanyaan mendasar tentang diri kamu hingga yang tertulis di CV. Belum menanyakan ke hal teknis tentang posisi yang kamu lamar.

Ketiga, pelamar barulah akan menghadapi wawancara dengan atasan terkait posisi yang dilamar. Pertanyaan mengenai kemampuan teknis maupun pengalaman sebelumnya sangat memengaruhi pertimbangan user. Selain hal utama tersebut, ada penilaian yang gak boleh dilupakan yakni tentang sikap tubuh kita selama wawancara. Dari situ penilai akan melihat gerak-gerik tubuh kamu yang tujuannya mendapatkan gambaran attitude secara keseluruhan.

Yang terakhir adalah medical check up, tahapan ini akan lancar kamu jalani asal pola hidup kamu udah sehat.

Berhubung tulisan kali ini membahas tentang 5 sikap tubuh yang harus diperhatikan saat interview kerja, gak usah lama-lama lagi langsung aja kita simak ulasannya berikut ini:

Baca juga: Jangan Coba-Coba Lontarkan 6 Pertanyaan Ini saat Interview Kerja

1. Tubuh bagian atas harus tegak

interview
Berusahalah duduk setegak mungkin. (Shutterstock)

Dikutip dari Glints, sikap yang satu ini menjadi modal utama kamu dalam melakukan wawancara. Sebab, dengan tubuh bagian atas yang tegak, kamu menunjukan rasa percaya diri yang tinggi serta keyakinan penuh kamu ingin bergabung bersama mereka.

Sebaliknya, kalau kamu menunjukan posisi tubuh yang sedikit bungkuk justru akan memperlihatkan ketidakseriusan dalam proses interview. Selain itu juga akan memperlihatkan sisi kemalasan kita di depan penilai.

Baca juga: 8 Tips Wawancara Kerja Ini Bisa Bikin Kamu Diingat Calon Bos Lho

2. Posisi tangan jangan terlalu banyak gerak

interview
Usahakan gerakkan tangan senatural mungkin. (Shutterstock)

Siapa yang suka menggerak-gerakan tangan ketika sedang interview? Mungkin karena gugup ya. Tapi sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan karena akan menonjolkan karakter kamu yang kurang konsisten.

Sebaiknya posisi tangan jangan terlalu sering bergerak, gerakkan tangan hanya seperlunya aja seperti untuk menjelaskan sesuatu. Dengan begitu akan menunjukkan menampilan pribadi kita yang konsisten.

Baca juga: 3 Kriteria Tempat Kerja yang Menjadi Idaman Karyawan

3. Hindari duduk menyilang

interview
Jangan silangkan kaki. (Shutterstock)

Duduk menyilang atau sering kita sebut dengan duduk gaya bos sebaiknya kamu hindari sementara ketika proses interview sedang berlangsung. Karena sikap itu bisa berarti rasa egois atau arogansi yang cukup tinggi. Nantinya penilai bakal beranggapan bahwa kamu susah untuk diberi tahu atau keras kepala.

Duduklah seperti biasa layaknya bertamu di rumah orang lain dengan sopan. Posisi kedua kaki usahakan untuk ditekuk ke bawah secara berdampingan. Supaya user menilai diri kamu punya nilai kesopanan yang tinggi.

Diluar posisi kaki, ada hal penting yang perlu diingat bagi kamu yang suka menggoyangkan kaki naik turun secara cepat. Kebiasaan ini memperlihatkan sifat kamu yang kurang tenang atau mudah panik di situasi tertentu.

4. Jaga kontak mata dan kepala tegak

interview
Jaga kontak mata. (Shutterstock)

Masih berhubungan dengan nomor satu, posisi kepala sebisa mungkin tegak seperti bentuk tubuh bagian atas. Jangan lupa untuk menjaga kontak mata dengan lawan bicara.

Karena, bila kita melihat ke arah yang lain, hal itu bakal memberikan kesan negatif bahwa kamu orangnya sulit untuk fokus dan kurang baik dalam kemampuan berkomunikasi. Kan sayang kalau 3 hal sebelumnya udah dilakukan namun gagal cuma karena sikap nomor 4.

5. Jangan menguap

interview
Cukup tidur sebelum wawancara. (Shutterstock)

Menguap adalah salah satu reaksi alami dari tubuh kita. Tapi hal ini bisa jadi bencana bila terjadi ketika interview kerja.

Yang bisa kita lakukan adalah dengan mencegahnya. Sebelum waktu rekrutmen usahakan untuk cukup tidur dengan durasi enam sampai delapan jam.

Gimana, ada berapa sikap tubuh yang selama ini rutin kamu lakukan selama wawancara kerja? Sikap-sikap tersebut adalah hal kecil yang bisa aja berdampak besar terhadap hasil rekrutmen kamu sebelumnya.

Mulai sekarang kamu bisa mengubah kebiasaan tersebut dan memulai kebiasaan yang lebih baik ketika interview kerja. Sebab gak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang baik. Terus berusaha! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1