8 Tips Ini Perlu Diterapkan Saat Perkenalkan Diri Interview Kerja

4 menit
Tips sukses interview kerja
Tips sukses interview kerja (Shutterstock)

Sebelum mendapatkan pekerjaan, kandidat calon karyawan perusahaan akan menjalani interview kerja untuk mengetahui apakah mereka benar-benar memiliki kapabilitas mengisi posisi kosong dalam bisnis mereka.

Dalam interview kerja, semua tindak-tanduk kamu bakalan dinilai sama mereka, tidak hanya saat sesi tanya-jawab saja. Jadi, ada kalanya kamu bersikap hati-hati.

Tapi, namanya interview kerja, pasti akan membuat setiap calon karyawan gugup dan cemas. Meski hal itu wajar dialami, ada baiknya kamu mencoba untuk menghindarinya.

Pasalnya, kalau merasa gugup, bahkan sampai keluar keringat bisa memengaruhi hasil interview.

Sebelum interview kerja, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa adab. Bahkan, ketika memperkenalkan diri, agar dilihat sebagai pribadi yang cocok dan layak untuk diajak bergabung.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat perkenalan? Berikut, beberapa tips yang bisa kamu simak dikutip dari Ladders.com:

1. Perhatikan bahasa tubuh kamu

Interview kerja
Interview kerja

Cara kamu berdiri, berjalan, duduk, hingga melihat termasuk dalam penilaian mereka. Cobalah untuk berjalan dengan tegak, percaya diri sebagai kandidat yang layak masuk ke perusahaan mereka. Tersenyumlah, berjalan dengan santai, dan kendalikan rasa gugupmu.

Kalau gugup biasanya orang akan berjalan lebih cepat, keluar keringat, bahkan sampai linglung. Jangan sampai deh kamu kayak gitu!

Baca juga: Teman Kamu Susah Cari Kerja? Yuk Bantu Dia dengan Lakukan 4 Hal Ini

2. Jangan lupa memperkenalkan diri

Perkenalkan diri saat interview kerja
Perkenalkan diri saat interview kerja

Sebenarnya setiap pewawancara sudah mengetahui siapa nama kamu saat masuk ke ruangan. Tapi, lebih baik kamu memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum interview berjalan jauh.

Perkenalkanlah sedikit lebih jauh tentang diri kamu, mulai dari asal kamu, latar belakang pendidikan, dan beberapa pernyataan sebagai bentuk perkenalan ringan dan mencairkan suasana.

Baca juga: Jangan Coba-Coba Lontarkan 6 Pertanyaan Ini Saat Interview Kerja 

3. Jangan takut untuk kontak mata

Lakukan kontak mata saat interview kerja
Lakukan kontak mata saat interview kerja

Dengan melakukan kontak mata terhadap pewawancara, secara gak langsung kamu telah menunjukkan rasa kepercayaan diri yang kuat. Bahkan, kontak mata bisa kamu lakukan saat kamu tengah berjalan.

Jangan malah lihat ke bawah atau ke meja ya, tapi kamu juga jangan terlalu menatap lawan bicara secara intens, nanti takutnya malah ketakutan. Bisa sesekali memalingkan pandangan ke arah lain tapi intinya jangan ke bawah.

4. Bersikap positif

Berpikir positif saat interview kerja
Berpikir positif saat interview kerja

Saat merasa gugup dan kebingungan saat interview kerja, sikap tersebut sangat tergambar jelas di wajahmu ketika perkenalan.

Untuk menghilangkannya, cobalah selalu berpikir dan bersikap positif dengan sedikit tersenyum.

Dengan melakukan hal itu, kamu bakalan terbantu untuk terbebas dari sikap gugup. Meski tetap ada rasa gugup, paling tidak kamu terilhat tidak seperti orang gugup.

5. Jangan lupa jabat tangan dengan mantap

Interview kerja
Interview kerja

Untuk membangun hubungan positif antara kamu dengan pewawancara, sebaiknya berjabat tangan sebagai bentuk perkenalan.

Jabat tangan dengan mantap dan kuat, tapi jangan buat pewawancara kesakitan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tengah percaya diri menghadapi beragam pertanyaan yang akan diberikan.

Hindari cengkeraman tangan yang lemah agar kamu terlihat profesional.

6. Terorganisir

Terorganisir
Terorganisir

Saat perkenalan interview kerja, pastikan semua barang-barangmu diletakkan di tempat yang terorganisir, seperti dompet, ponsel, kunci kendaraan, taruh saja di dalam tas. Kamu hanya perlu dokumen-dokumen penting yang dimasukkan ke dalam sebuah map.

Simpan semuanya sebelum wawancara berlangsung. Hal itu dilakukan agar kamu gak ribet saat giliran namamu dipanggil.

7. Tetap kering

Tetap kering saat interview kerja
Tetap kering saat interview kerja

Penampilan merupakan nomor satu saat interview kerja. Jangan sampai kamu terlihat lusuh dan keringetan akibat terlalu gugup. Sebelum interview, coba tenangkan diri kamu dulu dan yakinlah bisa melewatkan sesi interview dengan baik.

Selain itu, pastikan juga telapak tangan kamu gak berkeringat. Kalau basah atau lembap, cobalah mengakalinya dengan membawa sapu tangan.

Sehingga, ketika giliran kamu dipanggil kamu bisa mengelapnya hingga kering. Karena sekali lagi, jabatan tangan juga menjadi penilaian bagi si pihak pewawancara.

8. Bersikap ramah

Interview kerja
Interview kerja

Kamu mungkin gak pernah tahu kalau nantinya bakal diterima kerja atau tidak. Jadi, cobalah bersikap ramah saat pertama kali bertemu dengan si pewawancara.

Pasalnya, bagaimanapun juga mereka nanti akan menjadi rekan kerjamu jika lolos interview. Tampilkan sikap sopan-santun dan tata krama yang baik tanpa perlu berlebihan.

Itulah tadi tips-tips yang bisa kamu resapi sebelum memperkenalkan diri saat interview kerja. Selain saran-saran di atas, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar sukses dan lolos interview.

Di antaranya, melakukan riset kecil terhadap perusahaan yang kamu apply. Siapkan beberapa ide-ide inovatif sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi beberapa pertanyaan yang bersifat kasus.

Jangan lupa pula untuk berpenampilan lebih menarik dan rapi disesuaikan profil perusahaan yang dituju.

Jangan malu-malu bertanya saat dipersilakan untuk bertanya oleh pihak pewawancara. Dijamin deh interview kerja yang kamu lalui akan sukses kalau mengikuti tips-tips di atas.

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.