Cuma Rp 2,3 M, Ini Rumah Sederhana Mantan Presiden Amerika Serikat

4 menit
Jimmy Carter, mantan presiden AS yang punya model rumah sederhana. (Shutterstock)
Jimmy Carter, mantan presiden AS yang punya model rumah sederhana. (Shutterstock)

Model rumah sederhana ala mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, memang sempat jadi perbincangan publik. Pasalnya, rumah itu memang sudah dihuni olehnya sebelum dia menjadi presiden ke-39 Negeri Paman Sam.

Rumah itu dibangun sejak tahun 1961 silam. Sampai sekarang, rumah itu tetap keren dipandang mata meski bergaya klasik.

Bisa dibilang, rumah ini adalah rumah sederhana. Pasalnya valuasi rumah tersebut di tahun 2018 adalah US$ 160 ribu alias cuma Rp 2,3 miliar! Di Jakarta, rumah seharga Rp 2 miliar mah ada di mana-mana.

Carter sendiri bisa saja pindah ke rumah yang lebih besar, namun dia justru gak melakukan hal itu. Presiden yang terkenal sederhana ini tetap setia memilih rumah lamanya untuk tempat tinggal.

Penasaran dengan model rumah sederhana ala mantan orang nomor satu di Amerika Serikat ini? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Harganya Rp 70 M! Intip yuk Rumah Bekas Chris Pratt dan Anna Faris

1. Gaya Amerika banget

Rumah Jimmy Carter, contoh model rumah sederhana bergaya klasik. (Instagram/@washingtonpost)
Rumah Jimmy Carter, contoh model rumah sederhana bergaya klasik. (Instagram/@washingtonpost)

Bagian depan rumah ini memang kental dengan nuansa Amerika. Lebih tepatnya Amerika klasik. Hal itu terlihat dari bentuk jendela, pintu, dan penataan perabotan di teras.

Dindingnya didominasi warna putih, atapnya hitam dan sudah terlihat berumur. Rumah ini pun menggunakan pondasi yang cukup tinggi.

Di terasnya, terdapat kursi-kursi yang tampaknya sengaja ditaruh untuk bersantai. Salah satunya adalah kursi goyang.

Bisa jadi, Carter dan istrinya Rosalynn memang sering menghabiskan waktu bersantai di depan rumah.

Baca juga: 5 Rumah Berhantu Paling Mahal Sejagat, Ini Daftarnya

2. Hanya ada dua kamar tapi ada ladang pertanian

Halaman rumah Jimmy Carter di Plains, Georgia, AS. (People.com)
Halaman rumah Jimmy Carter di Plains, Georgia, AS. (People.com)

Kabarnya, rumah ini cuma memiliki dua kamar. Bisa dibilang, ini adalah model rumah sederhana ala koboi.

Kamu pasti familiar dong dengan ranch-house di Amerika? Nah, rumah Carter kurang lebih seperti ini. Halamannya memang terlihat luas walaupun gak pernah disebutkan secara detail mengenai berapa ukuran luasnya.

Beternak dan bertani memang menjadi sebuah aktivitas yang dilakoni oleh keluarga Carter sejak dulu. Saat masih kecil, ayah Carter mengelola lahan pertanian yang sangat luas di wilayah perkampungan. Bisa dibilang, keluarga Carter adalah satu-satunya keluarga kulit putih di wilayah tersebut.

Mereka menanam jagung untuk kebutuhan pangan setiap hari. Seru ya punya sawah dan hewan ternak sendiri. Carter muda pun sempat mencoba mengikuti jejak sang ayah dalam bercocok tanam, sebelum akhirnya dia berpolitik.

Baca juga: Mau Beli Rumah di Jakarta? Ini 5 Daerah yang Jadi Favorit Pembeli

3. Interiornya rustic abis

Interior rustic terlihat di model rumah sederhana ala Jimmy Carter ini. (People.com)
Interior rustic terlihat di model rumah sederhana ala Jimmy Carter ini. (People.com)

Bicara soal interior rumah Jimmy Carter, kamu bisa lihat sendiri di foto, rustic abis kan? Penggemar gaya rustic pasti suka dengan gaya interior rumah ini.

Dinding bata merah yang dikombinasikan dengan kayu membuat interior rumah Carter jadi hangat. Carter juga hanya menggunakan perabotan kayu sederhana di semua ruangan di rumahnya.

Lampu gantungnya berdesain lawas, dan hampir gak terlihat adanya perabotan mewah di rumah ini. Mungkin Carter memang sengaja memilih perabotan ini agar sesuai dengan model rumah sederhana miliknya.

4. Interiornya didominasi warna cokelat

Model rumah sederhana Jimmy Carter di Plains, Georgia, AS, didominasi warna kayu. (People.com)
Model rumah sederhana Jimmy Carter di Plains, Georgia, AS, didominasi warna kayu. (People.com)

Tidak semua bagian interior rumah ini didominasi dengan bata merah dan kayu. Ada beberapa bagian dinding yang disemen seperti dinding rumah pada umumnya.

Meski demikian, Carter mewarnai dinding dalam rumahnya dengan warna cokelat agar senada dengan beberapa panel kayu dekat pintu masuk.

Walau terlihat klasik dan hangat, rumah semacam ini mungkin bakal terasa redup. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan harus dipikir matang-matang.

5. Banyak foto-foto kenangan di rumah tersebut

Di model rumah sederhana milik Jimmy Carter, banyak foto-foto kenangan. (People.com)
Di model rumah sederhana milik Jimmy Carter, banyak foto-foto kenangan. (People.com)

Sama seperti rumah jadul lainnya, hiasan dinding di rumah ini jumlahnya memang banyak. Selain ada lukisan, sebagian besar hiasan dinding itu adalah foto-foto lawas Jimmy Carter saat masih menjabat sebagai presiden.

Di salah satu foto, terlihat ia dan sang istri ketika masih muda, dalam sebuah pawai kenegaraan. Beberapa foto lainnya juga memperlihatkan pemandangan Kota Washington, lebih tepatnya bagian depan Capitol Building, tempat berkantornya dewan perwakilan AS.

Seperti itulah potret model rumah sederhana ala Jimmy Carter. Sebagai mantan orang nomor satu di AS, mungkin Carter-lah yang paling sederhana di antara yang lain.

Pria ini memang pernah bicara blak-blakan di media bahwasanya, jadi kaya bukanlah cita-cita hidupnya. Carter sendiri adalah seorang yang amat sangat dermawan.

Dia dan istrinya lebih memilih untuk menyalurkan donasi besar-besaran ketimbang hidup mewah. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.