4 Orang Terkaya di Dunia Ini Pilih Gelar Pesta Pernikahan Sederhana, Kenapa?

4 menit
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan adalah pasangan orang kaya yang pilih gelar pernikahan sederhana. (Instagram/@zuck)
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan adalah pasangan orang kaya yang pilih gelar pernikahan sederhana. (Instagram/@zuck)

Meski hartanya mencapai ribuan triliun Rupiah, orang-orang terkaya di dunia justru menggelar pernikahan sederhana yang kontras dengan para crazy rich di Tanah Air atau seleb-seleb Hollywood.

Ah yang bener, uang Rp 10 miliar kan bukan apa-apa buat mereka?

Sejatinya gak heran sih melihat keputusan mereka menggelar pernikahan super sederhana ini. Wong, sebagai orang tajir, mereka semua justru terbiasa dengan gaya hidup sederhana. Dan jangan salah lho, hal-hal sederhana yang mereka lakukan justru bisa menginspirasi banyak orang di dunia ini.

Penasaran dengan pernikahan sederhana dari orang-orang terkaya di dunia? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca Juga: Callum Scott dan MLTR Jadi Wedding Singer di Kawinan Crazy Rich Surabayan

1. Steve dan Laurene Powell Jobs

Steve dan Laurene Powell Jobs. (Pinterest)
Steve dan Laurene Powell Jobs. (Pinterest)

Mendiang Steve Jobs dan istrinya yang kini menjadi perempuan terkaya di dunia ke enam versi Forbes, ternyata gak neko-neko soal pernikahan.

Kabar mengenai pernikahan mereka memang gak pernah beredar di media dan jadi perbincangan banyak orang. Namun, media di Amerika Serikat kerap menyebut bahwa pasangan itu menggelar pernikahan sederhana di negaranya sendiri.

Steve dan Laurene menikah pada tahun 1991 silam dengan menggunakan upacara Buddha. Sumpah janji suci mereka diucapkan di hadapan Biksu bernama Kobin Chino Ottogawa.

Sementara itu, resepsi pernikahan mereka digelar di Awahnee Hotel yang terletak di dekat Yosemite National Park. Hotel itu bukan hotel yang mewah banget. Harga kamarnya semalam juga kurang lebih Rp 1 jutaan saja.

Baca Juga: Telan Biaya 6,5 M, Ini Istana yang Jadi Tempat Nikah Nick Jonas dan Priyanka Chopra

2. Kevin dan Linda O’Leary

Kevin dan Linda O'Leary. (CNBC)
Kevin dan Linda O’Leary. (CNBC)

Buat yang belum kenal siapa beliau, Kevin O’Leary adalah seorang pebisnis Kanada yang bergerak di bidang investasi dan media. Sebagai seorang taipan, dia juga aktif dalam dunia politik lho.

Pernikahan beliau juga sederhana dan gak mewah. Ketika dirinya membahas soal pernikahannya di Twitter, O’Leary cuma bilang kalau resepsinya ibarat pesta pizza gede-gedean saja.

Gak disebutkan berapa juta yang dia gelontorkan. Tapi intinya, kalau cuma pesta pizza tentu gak semahal katering pesta pernikahan pada umumnya dong.

Pasangan ini menang terkenal dengan visinya yang kuat di bidang usaha dan bisnis. Uang mereka banyak dimanfaatkan untuk mendukung kelangsungan bisnis mereka berdua.

Hebat juga ya, itu baru pasangan visioner. Kalau dipikir-pikir apalah arti pesta yang cuma diselenggarakan satu hari. Mending mikirin gimana bisnis ke depan bukan?

Baca Juga: Hotel Terbaik Versi Forbes, Ini Fakta Tempat Nikah Pasangan Orang Tajir Surabaya

3. Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan

Pasangan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan melangsungkan pernikahan yang sederhana. (Instagram/@zuck)
Pasangan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan melangsungkan pernikahan yang sederhana. (Instagram/@zuck)

Pendiri Facebook yang merupakan orang terkaya ke lima di dunia ini menggelar pernikahan sederhana di halaman belakang rumahnya sendiri. Lucunya, undangan pernikahan itu dikemas sedemikian rupa dalam bentuk kejutan.

Asal kamu tahu, tamu-tamu yang mereka undang hanya teman dan sanak saudara. Undangannya juga via email lho.

Dalam undangan itu, Zuck mengatakan kalau dirinya bakal menggelar pesta kejutan untuk Priscilla yang baru lulus sekolah kedokteran. Alhasil, tamu-tamu yang datang ke rumahnya pun berdandan biasa-biasa saja atau malah sengaja gak heboh. Tapi ketika Zuck mengumumkan kalau hari itu mereka akan melangsungkan pernikahan, akhirnya pesta itu pun ramai.

Menurut laporan di media, jumlah tamu yang diundang ke pernikahan mereka juga gak sampai 100 orang tuh. Makanannya juga mereka beli sendiri dari restoran Meksiko dan Jepang terdekat. Sementara itu, untuk camilannya mereka beli cokelat lokal dan camilan lain yang harganya US$ 3 saja untuk satu orang. Murah, meriah, dan memang patut ditiru!

4. Warren dan Astrid Buffett

Warren dan Astrid Buffett. (CBSnews1)
Warren dan Astrid Buffett. (CBSnews1)

Wah, orang terkaya di dunia nomor tiga juga menggelar pernikahan sederhana lho. Dialah Warren Buffett, seorang bos dari Berkshire Hatthaway dan investor saham senior yang kekayaannya saat ini mencapai Rp 1.275 triliun!

Di tahun 2006, Buffett melangsungkan pernikahan keduanya dengan sahabat lamanya sendiri yaitu Astrid Menks. Peristiwa ini berlangsung usai wafatnya Susan Buffett, perempuan yang sudah dinikahi Warrent Buffett selama hampir tiga dekade.

Dalam pesta pernikahan itu, Buffett cuma pakai jas yang biasa dia pakai. Sementara itu, Astrid mengenakan atasan berbahan sutera dan celana berwarna putih.

Pernikahan itu juga diselenggarakan di rumah putrinya sendiri yang terletak di Omaha, Nebraska. Semua putra Buffett memang lagi keluar kota, so yang hadir di pernikahan itu hanya Susie dan beberapa saudara dari Astrid Menks.

Upacara akad nikah itu sendiri cuma berlangsung 15 menit saja. Setelah itu, mereka pun menggelar pesta makan malam di sebuah restoran seafood yang gak jauh dari rumah mereka. Makin kaya makin sederhana ya!

Begitulah kisah pernikahan sederhana dari para miliarder di dunia yang hartanya gak habis 10 turunan. Ternyata, gak sedikit dari mereka yang memilih untuk sederhana saja ketimbang menggelar pesta bak crazy rich.

Padahal kalau mau bikin pesta pernikahan di istana pun mereka bisa-bisa saja tuh. Bagaimana menurut kamu?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong