Mahal, Interior Biasa Aja dan Terpencil! Ini 4 Fakta Restoran Terbaik di Dunia

3 menit
Mahal, Interior Biasa Aja dan Terpencil! Ini 4 Fakta Restoran Terbaik di Dunia, (Instagram/@wolfgat).

Siapa bilang restoran terbaik di dunia itu pasti terdapat di hotel-hotel bintang lima, atau di pusat kota yang ramai? Di tahun 2019, penghargaan World Restaurant Award justru jatuh pada restoran seafood yang tempatnya sangat sederhana bahkan terpencil banget.

Restoran ini bernama Wolfgat yang lokasinya ada di Afrika Selatan. Restoran ini menyabet penghargaan di kategori restoran terbaik untuk daerah terpencil dan Restaurant of the Year 2019.

Keberhasilan restoran ini tentu aja bisa jadi inspirasi buatmu yang pengin membuka bisnis restoran. Intinya, seperti apapun restorannya tapi kalau konsepnya menarik pasti laris deh. Tapi jangan lupa ya soal rasa juga mesti diperhatikan ya, jangan sampai cuma jual tempat aja soal rasa gak ada.  

Penasaran sama fakta-fakta seputar restoran terbaik di dunia ini? Simak ulasannya yuk di bawah ini: 

Baca juga: Siapin Bujet Rp 20 Jutaan! Kamu Bisa Melepas Penat di Pedalaman Tambrauw, Papua Barat

1. Interior biasa saja tapi…..

Desain interiornya biasa aja bahkan jauh dari kata mewah dan instagramable banget, (Instagram/@wolfgat).

Lewat akun Instagramnya, restoran ini terlihat biasa-biasa saja. Interiornya memang terkesan sederhana banget dan menggunakan konsep rustic. Ya, konsep rustic pasti menambah kesan pedesaan dan bagi restoran ini.

Restoran kayak gini sih banyak banget ditemukan di daerah Jakarta. Tapi, lokasinya yang terpencil justru bisa menyajikan pemandangan yang apik.

Yang jelas ini ada di bagian barat dari Ibu Kota Cape Town ya. Walaupun dibilang terpencil, tapi aksesnya pasti bisa dijangkau.

Pemandangannya sangat bagus banget buat makan malam bareng pasangan, (Instagram/@wolfgat).

Berhubung ini adalah resto seafood, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan. Restoran ini pun kerap disebut sebagai hidden gems di Afrika Selatan. Bangunan restoran ini terlihat seperti cottage yang terletak di hamparan pasir yang usianya sudah 130 tahun.

Baca juga: Penyumbang Uang Terbesar, Tapi 6 Turis Asing Ini Terkenal Paling Buruk di Dunia

2. Selalu ramai dan sulit buat booking

Restoran ini salah satu tempat yang bakal sulit banget di booking buat makan, (Instagram/@wolfgat).

Namanya juga restoran yang laris, kabarnya kamu bisa membooking satu meja maksimal tiga bulan sebelum ke sana! Gila juga ya mesti booking jauh-jauh hari bahkan bulan lho!

Ya wajar saja, di sini kapasitasnya cuma muat buat 20 orang. Dan jumlah stafnya aja cuma ada enam orang lho, kok bisa ya? Berarti ini adalah resto yang didirikan Kobus van der Merwe  benar-benar kecil tapi bisa jadi resto terbaik di dunia.

Gak heran sih, kalau staf sedikit tapi koordinasinya jago ya pasti sukses. Kamu pun bisa kok sukses dalam bisnis kuliner layaknya resto Wolfgat, asalkan punya teamwork yang baik.

Baca juga: 10 Wisata Gratis yang Bisa Kamu Kunjungi di Malaysia, Jangan Kelewat Ya!

3. Resto ini 100 persen lokal

Bahan makanan di restoran ini dijamin 100 persen hasil panen lokal, (Instagram/@wolfgat).

Jangan salah, restoran terbaik di dunia ini ternyata adalah restoran yang 100 persen bahan bakunya lokal.

Van der Merwe mengatakan bahwa, timnya yang merupakan warga setempat bertugas mengumpulkan bahan baku berupa tumbuhan herbal yang tumbuh sesuai musim di kampung-kampung terdekat. Termasuk di antaranya adalah rumput laut.

Dan pengunjung mesti melakukan konfirmasi terlebih dulu ketika mereka mau datang. Dan setelah itu para pegawai restoran bakal berburu bahan baku buat hidangannya sesuai dengan porsi.

Walau terkesan ribet, hal ini dilakukan guna meminimalisir limbah bahan makanan.

4. Berapa harga makanan di sana?

Harga makanan di restoran ini kisaran Rp 800 ribuan buat per porsinya, (Instagram/@wolfgat).

Nah, kalau restorannya sudah mendapat predikat restoran terbaik di dunia, kira-kira berapa ya harga makanan di sana? Apakah murah atau malah sebaliknya?

Rata-rata menu di sana harganya US$ 60 atau setara dengan Rp 800 ribuan. Hmmm cukup mahal ya buat beberapa kalangan. Tapi buat crazy rich sih gak terlalu mahal.

Dengan harga segitu mungkin kamu bisa menyantap hidangan buffet di restoran top Jakarta. Tapi belum tentu suasana yang disediakan di resto mahal Jakarta sama seperti di sana.

Itulah fakta seputar Wolfgat yang saat ini jadi restoran terbaik di dunia. Tertarik makan di sana? Ingat lho tiket pesawat ke Afrika Selatan gak murah.

Daripada sibuk mikir gimana makan di sana, mending kita cari cara saja untuk bikin usaha kuliner yang 11-12 sama Wolfgat. Coba deh gunakan konsep mereka kali aja laris.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.