Banner ImageBanner Image

Investasi adalah Cara Terbaik Menggandakan Uang, Ini Buktinya

4 menit

Investasi adalah salah satu cara untuk mengembangbiakkan harta seseorang. Yakni dengan menempatkan dananya di instrumen tertentu guna memperoleh keuntungan.

Di Indonesia, ada beberapa jenis instrumen investasi yang lazim digunakan investor untuk berinvestasi. Masing-masing instrumen investasi ini bisa dibilang paling populer di Tanah Air karena potensi return-nya cukup tinggi

Tapi tentu saja, selain mendapatkan untung, setiap jenis investasi juga memiliki risiko yang harus diwaspadai investor.

Nah, bagi yang awam soal investasi, DuitPintar mrangkum jenis-jenis investasi yang populer dan banyak digunakan di Indonesia. Yuk simak!

investasi adalah
Banyak pilihan investasi di Indoneisa yang bisa bikin kamu untung (lendbox)

1. Investasi Saham

Seperti dikatakan di atas, investasi adalah cara seseorang untuk menambah harta kekayaan. Caranya, ya apalagi kalau bukan dengan mencari return atau keuntungan.

Salah satu jenis investasi yang banyak digemari adalah saham. Ketika kamu berinvestasi saham, artinya kamu sedang memiliki surat berharga bukti kepemilikan sebuah perusahaan.

Untuk menjadi investor saham, kamu harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Kamu bisa pilih perusahaan sekuritas atau broker yang nantinya akan membantu kamu dalam membeli saham.

Kelebihan: bisa untung besar saat harga naik
Kekurangan: harga sangat fluktuatif

2. Obligasi

Obligasi yaitu surat utang jangka panjang yang diterbitkan perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu.

Ketika kamu menginvestasikan sejumlah dana di obligasi, artinya kamu sedang meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah.

Nantinya, instansi tersebut akan mengembalikan dana yang kamu pinjamkan beserta besaran bunganya. Pengembalian dana ini rutin dilakukan tiap jangka waktu tertentu, misalnya per bulan, per tiga bulan, dan seterusnya. Ketika jatuh tempo, kamu bakal dapat pokok investasi beserta bunga yang udah ditetapkan.

Sama dengan saham, untuk berinvestasi di obligasi, kamu juga harus membuka rekening melalui perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Setelah itu bisa pilih jenis obligasi apa yang dinilai dapat memberikan keuntungan besar.

Kelebihan: return tetap, bunga lebih besar dari bunga deposito
Kekurangan: jangka waktu panjang, kurang likuid

[Baca: Jangan Salah, Ini Bedanya Menabung dan Investasi]

3. Deposito

investasi adalah
Nyari untung di deposito harus perhatikan jangka waktunya ya (bprbinareksa)

Jenis investasi ini menjadi alternatif tabungan yang udah gak asing buat kebanyakan masyarakat Keuntungan dari bunga deposito lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

Saat investasi di deposito, artinya kamu sedang menyimpan uang di bank yang penyetoran dan penarikannya cuma bisa dilakukan pada waktu tertentu.

Nasabah yang investasi di deposito biasanya akan diberi pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Buat yang ingin investasi deposito, kamu cukup datang ke bank buat isi persyaratan dan setorkan sejumlah dana. Setoran minimal biasanya Rp 5 juta. Tapi setiap bank punya kebijakan masing-masing.

Kelebihan: aman dan stabil
Kekurangan: hanya bisa ditarik sesuai kesepakatan, return relatif kecil

[Baca: Berinvestasi dengan Pendapatan Minimalis, Bisa Kok! Simak 3 Cara Investasi Ini]

4. Properti

Jenis investasi ini sedang digemari para pemburu cuan. Nilai jualnya yang terus naik menjadikan properti sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, terutama di Indonesia.

Bukan tidak mungkin harga properti bisa naik dua kali lipat dari harga pembelian. Maka dari itu, ketika kamu beli beberapa jenis properti, kamu bisa jual kembali dengan harga yang tinggi.

Namun, investasi jenis ini membutuhkan dana yang besar buat memulainya.

Kelebihan: potensi cuan besar, bisa jadi sumber pendapatan pasif
Kekurangan: membutuhkan modal besar untuk membelinya, butuh perawatan ekstra

5. Emas

Sama seperti properti, harga emas setiap tahunnya naik. Ini jadi pilihan tepat buat berinvestasi. Maka jangan heran kalau banyak orang beli emas, terutama logam mulia buat dijadiin investasi.

Banyak tempat untuk membeli emas. Kamu bisa beli di outlet resmi PT Antam atau di Pegadaian.

Kelebihan: likuiditas tinggi dan harga stabil
Kekurangan: cukup sulit dalam penyimpanan

6. Reksadana

investasi adalah
Mau investasi dengan bujet murah? Kamu bisa pilih reksadana (tribunnews)

Berinvestasi di reksadana berarti kamu sedang menginvesastikan danamu di berbagai instrumen investasi sekaligus, seperti saham, obligasi, dan deposito. Bedanya, dana kamu dikelola oleh pihak profesional, yakni manajer investasi.

Tugas manajer investasi adalah mengumpulkan dana dari para investor. Kemudian, dana tersebut bakal ditempatkan di beberapa instrumen yang udah disebutkan di atas.

Maka, kalau kamu pengin beli saham, kamu gak perlu transaksi sendiri. Kamu cukup beli reksadana saham yang pembeliannya dikelola oleh manajer investasi.

Investasi di reksadana cukup mudah dan murah. Dengan bujet minimal Rp 50.000 hingga Rp 100.000, kamu sudah bisa berinvestasi. Sederhananya, reksadana cocok buat kamu yang ingin memulai investasi dan belum berpengalaman.

Kelebihan: bisa dibeli dengan harga terjangkau, lebih aman
Kekurangan: gak bisa milih sendiri instrumen investasinya karena udah diatur oleh manajer investasi

Nah itulah beberapa jenis instrumen investasi yang bisa dijadikan sebagai sumber untuk menambah kekayaan.

Tapi harus dicatat ya, bahwa investasi adalah salah satu cara yang bisa bikin kita untung, tapi juga bisa bikin buntung.

Makanya, pelajari dulu sebaik mungkin biar investasi kamu aman, menguntungkan, dan jauh dari risiko-risiko yang didapatkan. Selamat berinvestasi!

[Baca: Jangan Ragu Berinvestasi, Ini Investasi yang Menguntungkan Walau Bukan Investor]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan