Niat Untung Jadi Buntung! 5 Selebriti Ini Lakukan Kesalahan Berinvestasi

4 menit

Kamu pasti sudah tahu investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk jadi kaya raya, dan mencapai kebebasan finansial.

Contohnya, Warren Buffett yang kini menjadi orang terkaya di posisi tiga menurut Forbes dengan total kekayaan mencapai US$ 81,1 miliar yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 1,148 triliun.

Kekayaan yang dimiliki Buffett diperoleh dari investasi yang memang sudah dilakukannya sejak muda, yaitu di usia 11 tahun.

Kalau di usia segitu, kita masih main kelereng, Buffett justru sudah berkutat dengan saham. Jadi, wajar aja kalau di usianya yang kini 88 tahun, dia memililiki nominal kekayaan yang sangat fantastis.

Keberhasilan Buffett di investasi tentu saja membuat banyak orang termotivasi nyemplung ke dunia investasi yang memang menawarkan keuntungan luar biasa, termasuk para selebriti.

Selain bisnis, investasi memang menjadi incaran para selebriti untuk membuat kekayaannya semakin beranak pinak.

Sayangnya, gak sedikit selebriti justru mengalami kebangkrutan karena melakukan kesalahan saat investasi. Padahal, sebagian besar dari mereka berinvestasi pada produk terkenal lho.

Siapa aja mereka? Berikut, lima di antaranya:

Cynthiara Alona

Cynthiara Alona (IG cynthiara_alona)
Cynthiara Alona (IG cynthiara_alona)

Artis seksi Cynthiara Alona diketahui memiliki bisnis di bidang properti, yaitu kos-kosan eksklusif sebanyak sembilan cabang dengan total 97 pintu.

Dari bisnis kos-kosan yang digelutinya itu, artis yang mengaku di salah satu acara televisi memiliki total kekayaan hingga Rp 1 triliun ini dapat mengantongi uang sebesar Rp 700 juta setiap bulannya.

Gak puas sampai disitu, Alona pun memutuskan berinvestasi di perusahaan solar dan kontraktor.

Namun, bukan untung yang dapat, Alona justru mengalami kerugian hingga Rp 3 miliar karena menjadi korban investasi bodong.

Baca juga:

Butuh Uang Berapa Tahun Mendatang? Coba 4 Investasi Jangka Pendek Ini 

Justin Timberlake

Justin Timberlake (IG justintimberlake)
Justin Timberlake (IG justintimberlake)

Tak hanya artis Indonesia saja yang mengalami kebangkrutan karena investasi. Selebriti kenamaan seperti Justin Timberlake pun pernah mengalami kejadian yang sama.

Mantan kekasih Britney Spears ini membeli MySpace sebesar US$ 35 juta atau sekitar Rp 495 miliar, pada tahun 2011.

MySpacemerupakan sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook. Sayangnya, kehadiran Facebook justru membuat para pengguna MySpace berpaling. Kondisi tersebut tentu saja membuat penyanyi 37 tahun mengalami kebangkrutan.

Baca juga:

Niat Untung Malah Buntung! Ini 5 Kesalahan yang Bikin Investasimu Gagal Total

Kanye West

Kanye West (IG kanyewestt_official)
Kanye West (IG kanyewestt_official)

Kamu tentu udah gak asing lagi dengan nama rapper asal Amerika, Kanye West. Selain kerap melakukan tindakan kontroversial, West juga dikenal karena masuk ke dalam keluarga Kardashian.

Tapi, di balik kontroversial yang sering dilakukan suami Kim Kardashian ini, West termasuk salah satu rapper yang sukses di dunia hiburan.

Sayangnya, West sempat mengalami kebangkrutan, beberapa tahun lalu. Rapper berusia 41 tahun pernah menaruh investasi di Turntable.fm pada tahun 2011.

Turntable.fm merupakan situs media sosial yang membuat para penggunanya dapat berbagi musik secara interaktif.

Awalnya, situs musik tersebut sangat sukses. Sayangnya, kehadiran beberapa aplikasi serupa seperti Spotify hingga Apple Music mulai menggeser Turntable.fm hingga membuat investasi Kanye West gagal total.

Lindsay Lohan

Lindsay Lohan (IG lindsaylohan)
Lindsay Lohan (IG lindsaylohan)

Lindsay Lohan bisa dibilang menjadi salah satu selebriti yang mengalami kebangkrutan karena ulahnya sendiri.

Dia beberapa kali tertangkap karena menyetir dalam kondisi mabuk hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Gak sampai di situ, bintang film “Mean Girls” ini ternyata juga sempat mengalami kebangkrutan karena investasi yang dilakukannya.

Kondisi itulah yang semakin membuat Lindsay Lohan mengalami keterpurukan finansial. Bahkan, dia sempat terjerat utang kartu kredit hingga US$ 500 ribu atau sekitar Rp 7 miliar.

Selena Gomez

Selena Gomez (IG selenagomez)
Selena Gomez (IG selenagomez)

Karier Selena Gomez di dunia hiburan memang tak perlu diragukan lagi. Tak hanya sebagai penyanyi, Gomez juga sukses sebagai aktris dan juga produser. Bahkan, film yang diproduksinya, yaitu “13 Reasons Why” mendulang kesuksesan besar.

Jadi, wajar aja kalau artis multilatenta berusia 26 tahun ini hidup bergelimang harta. Hal itulah yang membuat mantan kekasih Justin Bieber tersebut melakukan investasi dengan nominal sangat fantastis, yaitu sebesar US$ 750 ribu atau setara dengan Rp 10,6 miliar.

Saat itu, Selena Gomez memutuskan untuk menggelontorkan uangnya di aplikasi yang bernama Postcard on the Run, yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu dapat membuat kartu pos sendiri.

Sayangnya, aplikasi itu tidak berjalan lancar lantaran hilangnya minat orang pada kartu pos. Kondisi itu sontak saja membuat pelantun lagu “Back To You” mengalami kerugian besar.

Itu dia lima selebriti yang mengalami kerugian dalam investasi dalam nominal yang cukup besar.

Namanya investasi memang pasti ada saja risikonya. Karena itu, sebelum nyemplung ke investasi, kamu perlu tahu bagaimana cara kerjanya agar tak mengalami kerugian. Tapi, itu untuk investasi yang berisiko besar, contohnya aja saham.

Buat kamu para pemula bukan berarti gak bisa investasi lho. Kamu bisa tetap memiliki investasi tapi dengan memilih instrumen yang risikonya rendah, salah satunya adalah reksadana. Kenapa?

Selain modalnya kecil yaitu mulai Rp 100 ribu, kamu juga gak perlu tuh repot sebentar-sebentar mengecek pergerakan saham.

Pasalnya, dana yang kamu alokasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah ahli di bidangnya. Jadi, kamu hanya perlu duduk manis di rumah dan menunggu uangmu semakin berkembang biak. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.