Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

3 menit
Investasi dari barang koleksi patut dicoba lho! (Shutterstock)

Awalnya, banyak orang mengoleksi suatu barang tidak akan pernah menggunakannya. Apalagi untuk dijual kembali, itu hal yang mustahil banget. Tapi bagaimana kalau barang koleksi itu semakin numpuk dan malah gak karuan di rumah? Dibuang sayang, mending kamu jadikan investasi aja.

Gak sedikit kok orang-orang yang awalnya hanya sekedar hobi mengoleksi barang tertentu. Tetapi seiring berjalannya waktu barang tersebut justru semakin bertumpuk. Nah, kira-kira apa aja sih barang koleksi pribadi yang masih bisa dijadikan investasi?

Berikut ini beberapa barang yang gak salah kamu jadikan investasi, simak yuk.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

Lukisan seniman terkenal

Lukisan bisa dijadikan investasi
Lukisan seniman terkenal (Ilustrasi by Shutterstock).

Lukisan memiliki penggemar yang gak pernah meredup. Apalagi jika lukisan yang kamu miliki karya seniman kenamaan yang melegenda banget. Kamu bisa banget nih menjadikan lukisan tersebut sebagai sebuah investasi.

Buat para kolektor, mereka rela banget kalau harus merogoh kocek dalam demi sebuah karya seni. Apalagi jika lukisan tersebut memang sangat prestisius, kamu bakalan ditawar dengan harga tertinggi sekalipun.

Alat musik antik

Piano antik juga bisa dijadikan investasi
Piano antik (Ilustrasi by Shutterstock).

Punya biola atau piano usang tapi masih oke punya? Nah jangan terburu-buru untuk membuangnya ya. Sebuah alat musik yang sudah berusia lama dan memiliki nilai sejarah pasti diburu banyak kolektor.

Malah piano bekas Heintzman terjual dengan harga Rp 8,64 miliar. Cukup fantastis bukan? Wajar aja sih, karena biasanya kolektor membeli sebuah barang bukan karena ingin dijual lagi, melainkan sebagai sesuatu yang bergengsi.

Kalau kamu memiliki alat musik unik dan cukup memiliki nilai sejarah, silahkan investasikan saja. Bahkan jika dibandingkan dengan emas, kenaikan harga barang antik bisa berlipat-lipat ganda.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

Uang kuno

Investasi uang kuno
Uang kuno (Shutterstock).

Siapa sih yang gak tahu kalau uang kuno sampai saat ini masih diburu para kolektor. Bahkan gak segan-segan banyak kolektor asing yang juga ikut mencarinya. Kalau kamu memiliki koleksi sisa zaman peradaban kakek buyutmu dulu jangan buru-buru dijual.

Pasalnya, uang tersebut bisa saja memiliki penawaran cukup tinggi dari para kolektor. Apalagi kalau kamu memiliki uang koin yang masih relevan dan memiliki nilai sejarah tinggi. Namun, meskipun bernilai jual tinggi, uang kuno yang kamu miliki harus dalam keadaan bagus. Sebab, jika sudah rusak, ya jangan harap bisa laku.

Mainan unik

Investasi mainan
Action Figure (Shutterstock).

Kata siapa mainan gak bisa menjadi sebuah investasi menjanjikan? Kolektor bukan hanya mengoleksi barang antik dan bernilai sejarah, mainan juga bisa dijadikan investasi lho!

Action figure misalnya, mainan seperti gundam meskipun mahal bisa dijual kembali dengan nilai lebih tinggi. Terlebih jika yang kamu miliki merupakan edisi terbatas yang gak semua orang bisa mendapatkannya. Kamu bakalan diburu para kolektor nih.

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

5. Tas bermerek

Tas juga bisa dijadikan Investasi
Tas bermerek (Shutterstock).

Buat para pecinta tas bermerek, pasti udah tahu banget kalau memiliki tas buatan tangan merek tertentu ketika dijual kembali harganya gak bakalan jatuh. Bahkan bisa lebih tinggi dari saat pertama kamu beli.

Tas branded terkenal akan kualitasnya yang oke punya. Dan cenderung memiliki harga jual cukup fantastis. Gak nyesel deh kamu berinvestasi di bidang ini.

Nah, gimana nih guys? udah tau kan apa aja barang koleksi yang bisa dijadikan investasi. Gak selalu berbentuk uang investasi barang bernilai sejarah juga layak untuk dipertimbangkan kok. Selamat menjadi kaya ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan