Investasi Emas Bisa Dimulai dari Rp 7000 Lho. Begini Caranya!

Kini emas banyak dilirik orang untuk investasi. Selain mudah dijual, investasi emas juga terbilang menguntungkan.

Dan menariknya lagi, emas ternyata bisa disimpan dalam bentuk tabungan. Meski namanya tabungan, tapi bukan berarti kamu menyetor dalam bentuk emas ya. Di sini justru kamu menabung untuk membeli emas.

Bahkan kamu bisa menabung mulai dari Rp 7000 lho. Dengan kata lain, dengan uang segitu kamu udah bisa investasi emas.

Ya, program besutan Pegadaian ini memang menuju untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin berinvestasi. Pasalnya, gak semua orang bisa membeli emas secara tunai.

Nah, buat kamu yang belum tau bagaimana cara kerjanya. Yuk, simak selengkapnya berikut ini:

Syarat dan keuntungan

investasi emas
Syarat dan keuntungan (beritasatu)

Dengan tabungan emas ini, kamu bisa berinvestasi emas dengan cara menyetor sejumlah dana kepada Pegadaian sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi selama proses menabung, emas tetap berada dipihak Pegadaian dan fisik emas baru bisa diambil oleh nasabah kalau berat emas sudah mencapai minimal 5 gram.

Nah, buat kamu yang ingin membuka tabungan emas. Ada beberapa persyaratan, seperti:

  • Fotokopi KTP
  • Mengisi formulir pengajuan
  • Usia 21 tahun hingga 55 tahun

Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu untuk biaya administrasi dan Rp 30 ribu untuk biaya fasilitas titipan selama 12 bulan.

Gak hanya itu, kamu bisa melakukan pembelian emas dengan kelipatan 0.01 gram yaitu sebesar Rp 6.210. Misalnya ingin membeli 1 gram, berarti uang yang harus kamu keluarkan sebesar Rp 621 ribu.

Masih ragu ikut tabungan emas? Mending simak yuk apa aja keuntungannya seperti berikut ini:

1. Dana terbatas tetap bisa beli emas

Dengan tabungan emas, kamu tetap bisa lho menyisihkan uangmu untuk investasi emas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu kini bisa beli emas mulai 0.1 gram sebesar Rp 6.210.

2. Emas tersimpan aman

Menyimpan emas di rumah tentu aja sangat berisiko, khawatir emas tiba-tiba hilang atau dicuri. Sedangkan dengan tabungan emas, maka emas akan tersimpan aman.

Pasalnya, nasabah baru bisa mengambil emas dalam bentuk fisik setelah berat emas sudah mencapai minimal 5 gram. Jadi, tentu saja emasmu akan tersimpan aman di Pegadaian.

3. Bersertifikat PT Antam atau Pegadaian

Saat menabung emas, kamu juga bisa memilih emas dengan cap PT Antam atau Pegadaian.

Meski kini banyak sekali leasing yang menawarkan kredit pemilikan emas. Tapi jangan asal memilih ya, karena bisa-bisa malah kamu mengalami seperti pepatah ‘untuk tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak’.

Jadi, sebaiknya pilih lembaga yang tepat untuk investasimu. Seperti yang memang dianjurkan dan dijamin oleh pemerintah.

[Baca: 8 Produk Pegadaian Syariah, dari Pinjaman Hingga Investasi Emas]

Cara kerja tabungan emas Pegadaian

investasi emas
Cara kerja tabungan emas Pegadaian (emasmini)

Kalau ada yang bilang tabungan emas itu ribet. Salah besar! Karena cara kerja tabungan emas Pegadaian ini sangat mudah dan bisa diikuti oleh siapa aja asal sesuai dengan persyaratan.

Lalu, bagaimana cara kerjanya, simak yuk selengkapnya di bawah ini:

1. Wajib buka rekening

Sama halnya dengan menabung di bank. Kamu juga wajib membuka rekening di Pegadaian terlebih dahulu.

Seperti yang bisa kamu lihat di pegadaian.co.id, saat awal membuka rekening akan ada biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu dan biaya titip emas Rp 30 ribu per tahun.

[Baca: Mana yang Lebih Tepat Buat Kamu, Beli Kredit Emas atau Tabungan Emas?]

2. Setoran minimal

Setoran minimal awal harus setara dengan harga 0.01 gram yang harganya pun disesuaikan dengan kurs harian emas Pegadaian.

Seperti di tanggal 8 Maret 2018, kurs emasnya adalah sebesar Rp 6.210. Maka, dengan uang Rp 7000 aja kamu udah bisa membuat tabungan emas.

3. Jangka waktu tabungan

Dengan tabungan emas kamu bisa menabung kapan saja tanpa terikat jangka waktu (tenor). Kamu bebas untuk menabung secara harian, mingguan atau bulanan.

4. Bisa dijual/dijaminkan

Sesuai dengan peraturan dari Pegadaian, kalau tiba-tiba kamu membutuhkan dana mendesak. Kamu bisa menjual saldo titipan emas (buyback) ke Pegadaian tapi dengan minimal penjualan 1 gram.

Misalnya, kamu memiliki tabungan emas sebesar 1 gram. Saat kamu menabung, kurs jualnya emasnya sebesar Rp 6.210 sedangkan kurs belinya saat itu adalah Rp 5.880. Maka, dana yang kamu peroleh adalah sebesar Rp 588 ribu.

5. Fisik emas bisa dicetak

Kamu bisa mencetak tabunganmu menjadi fisik emas. Tapi untuk mencetaknya, kamu akan dikenakan biaya yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian, seperti:

  • Kepingan 1 gram yaitu Rp 85 ribu
  • Kepingan 2 gram yaitu Rp 86 ribu
  • Kepingan 5 gram yaitu Rp 127 ribu
  • Kepingan 10 gram yaitu Rp 177 ribu
  • Kepingan 25 gram yaitu Rp 245 ribu
  • Kepingan 50 gram yaitu Rp 516 ribu
  • Kepingan 100 gram yaitu Rp 632 ribu

Perlu diketahui kalau investasi emas adalah investasi jangka panjang yang akan memberikanmu keuntungan dalam waktu 2-5 tahun.

Karena itu, jika memang kamu berniat investasi emas, gak perlu khawatir dengan naik turunnya harga emas harian.

Terlebih lagi dengan adanya tabungan emas ini, tentu dapat membantumu untuk berinvestasi kan?

[Baca: Kesalahan Investasi Emas yang Bisa Bikin Mimpimu Gatot]

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560