Banner ImageBanner Image

Sama-sama Berkilau, Investasi Emas atau Berlian Ini Bisa Kasih Untung Besar

3 menit
Investasi berlian bisa jadi pilihan saat ini (Shutterstock).

Investasi emas tetap menjadi instrumen idola banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang tua. Pasalnya, jenis investasi yang satu ini dikenal dengan risiko yang minim tapi bisa kasih return yang menggiurkan.

Gak cuma itu aja, seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, kini kamu pun sudah bisa berinvestasi dengan modal yang kecil.

Ya, salah satunya adalah dengan mengikuti tabungan emas yang ada di Pegadaian. Di sini kamu bisa mengalokasikan uangmu bahkan gak sampai Rp 10 ribu. Jadi, di Pegadaian itu, kamu sudah bisa investasi dengan membeli 0,01 gram emas batangan.

Nah, kalau harga emas per gram sebesar Rp 600 ribu, maka kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 6.000 untuk investasi logam mulia. Ditambah dengan beberapa administrasi lainnya, uang yang kamu keluarkan tidak akan lebih dari Rp 20 ribu. Enak banget kan?

Tapi selain investasi emas, kini banyak orang yang mulai melirik investasi berlian. Selain dapat mempercantik penampilan, berlian juga menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan.

Makanya gak heran, kalau banyak orang terutama para pesohor dunia yang mulai berburu berlian sebagai investasi.

Meski begitu, sudah menjadi rahasia umum kalau kamu membutuhkan modal yang gak sedikit jika ingin terjun ke instrumen investasi yang satu ini. Karena itu, hanya orang dari kalangan tertentu aja yang bisa berinvestasi berlian. Berbeda dengan emas yang hanya bermodalkan puluhan ribu rupiah dan bisa diikuti oleh semua kalangan.

Buat kamu yang tertarik menggelontorkan uang ke dua instrumen investasi itu, sebaiknya simak dulu yuk perbandingan antara investasi emas dan investasi berlian berikut ini:

Baca juga: Tak Kie: Kedai Kecil Klasik yang Melegenda di Tengah Menjamurnya Bisnis Kopi Kekinian

Investasi berlian

Berlian (Shutterstock).

Siapa sih wanita yang gak suka dengan perhiasan yang satu ini. Ya, keindahan dan kemilau berlian memang mampu menghipnotis mata. Makanya gak heran kalau banyak orang yang rela merogoh kocek sangat besar demi mengenakan berlian di jari jemarinya.

Meski sangat indah, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjadikan berlian sebagai salah satu bentuk investasi. Pasalnya gak sedikit orang yang percaya kalau berlian bisa menjadi peluang investasi yang dapat memberikan keuntungan besar.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Hand & Body Lotion Murah Ini Bikin Kulitmu Makin Lembut

Ya, gak ada salahnya juga sih jika berpikiran seperti itu. Tapi perlu kamu ketahui kalau harga berlian itu dipengaruhi oleh inflasi. Karena itu, kamu disarankan untuk berpikir beberapa kali sebelum memutuskan untuk berinvestasi berlian.

Namun, disisi lain, berlian itu juga memiliki nilai yang tinggi, baik saat dibeli maupun dijual. Nah, nilai tinggi inilah yang bisa kamu jadikan patokan jika ingin investasi berlian.

Ada beberapa hal juga yang perlu kamu ketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk investasi berlian yaitu berlian yang berkualitas itu adalah yang memiliki sertifikat.

Nah, pada sertifikat tersebut biasanya berisi penjelasan karakteristik batu berlian. Selain itu, sertifikat pada berlian juga sangat penting untuk mengetahui keaslian berlian. Jadi, pastikan kamu mendapat sertifikat setiap kali membeli berlian ya.

Investasi emas batangan

Emas batangan (Shutterstock).

Di tengah banyaknya instrumen investasi yang terus bermunculan seperti reksadana, peer to peer lending dan lainnya, nyatanya logam mulia tetap menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi.

Pasalnya, gak bisa dipungkiri kalau masih banyak sekali orang yang beranggapan kalau investasi itu ribet dan hanya diperuntukkan buat orang-orang yang berduit, salah satunya adalah investasi saham langsung.

Selain itu, investasi saham itu risikonya besar. Kalau salah-salah yang ada bisa bikin seluruh uang kamu ludes. Nah, hal itulah yang membuat orang tetap setia memilih emas sebagai investasi.

Gak ada yang salah juga. Soalnya investasi emas itu terbilang stabil dan tidak tergerus inflasi layaknya mata uang kertas. Karena itu banyak orang yang menjadikan emas sebagai aset kekayaan seseorang dan membuat permintaan emas terus mengalami peningkatan.

Selain itu, harga emas juga terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi, tentu saja logam mulia bisa menjadi pilihan investasi jangka menengah maupun panjang yang sangat tepat.

Nah, itu dia perbedaan antara investasi emas dan juga investasi berlian. Meskipun sekilas serupa, tetap kedua instrumen investasi itu terbilang berbeda. Kalau berlian masih tergolong baru di dunia investasi, sedangkan emas sudah menjadi investasi yang menguntungkan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

Selain itu, fluktuasi harga berlian masih belum stabil ketimbang emas yang cenderung sudah konsisten. Naik turun harga emas juga tak terlalu ekstrim seperti berlian. Namun, keuntungan yang diperoleh emas tidak akan sebesar berlian.

Jadi, masing-masing instrumen investasi itu memiliki keuntungan dan kerugian. Jadi, jenis investasi mana nih yang akan kamu pilih sebagai investasi jaminan masa depan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan