Gak Cuma Nguntungin, 4 Investasi Ini juga Penting Buat Jamin Masa Depan

3 menit

Rata-rata investasi ngakunya kasih keuntungan yang banyak. Karena tawaran itulah, banyak orang yang berinvestasi. Apalagi kalau investasi yang diambil termasuk investasi menguntungkan. Dana yang nganggur bisa beranak-pinak hasilkan banyak cuan.

Ngomong-ngomong soal investasi, udah tahu belum ada investasi menguntungkan yang bisa bikin kamu jauh dari kebangkrutan? Gak cuma itu, investasi ini juga menjamin kehidupanmu di masa depan bisa jadi lebih baik.

Soalnya, investasi itu gak cuma sebatas materi lho. Banyak juga investasi non-materi yang gak cuma menyehatkan keuangan, tapi juga memperkaya pikiran dan mental di masa depan.

Pengin tahu apa aja investasi menguntungkan yang dimaksud? Yuk disimak ulasannya.

1. Investasi kesehatan: badan sehat, kantong pun ikut sehat

Investasi menguntungkan
Makan makanan sehat (healthlogus)

Kamu pasti pernah ngalamin yang namanya sakit dong. Selain rasanya gak enak, sakit itu bikin tekor. Emang sih sakitnya kita ditanggung BPJS atau asuransi dari kantor. Tapi nyatanya nih ada aja yang bikin kita keluar uang, misalnya buat beli obat yang gak ditanggung.

Ini masih ditambah dengan asupan-asupan yang didesain khusus buat orang sakit. Udah pasti duit keluar dong buat pengeluaran itu.

Makanya mulai sekarang jaga kesehatan deh. Anggaplah ini investasi buat mengamankan duitmu di masa depan.

Caranya, bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya gizi dan higienis. Kadang-kadang makanan yang dijual gizinya udah terpenuhi, tapi kebersihannya yang kurang terjamin.

Jadi, amannya lebih baik makan makanan yang dibawa dari rumah. Hitung-hitung makan bekal gak cuma bikin badan sehat, tapi bisa hemat pengeluaran.

Dan jangan lupa rutin berolahraga ya. Minimal lari pagi seminggu sekali. Dijamin otak refresh, badan pun sehat. Hari-harimu juga bakal jadi lebih produktif.

2. Investasi ilmu: makin tinggi ilmu, makin gede bayarannya

investasi menguntungkan
Kursus online (sukawu)

Jangan pelit-pelit deh buat dapatkan banyak ilmu. Gak ada ruginya juga tahu kalau kamu belajar banyak hal. Apalagi mempelajari ilmu yang ada kaitannya dengan pekerjaan kamu.

Makin banyak ilmu yang kamu kuasai, kariermu bisa makin terdongkrak dan bayaranmu bisa makin gede lho nantinya.

Misalnya aja bahasa Inggrismu masih terbata-bata, kamu bisa ambil kursus agar ngomongnya cas cis cus nanti. Soalnya nih, bahasa internasional yang satu ini berpengaruh banget sama karier seiring banyaknya investor luar negeri yang bangun usahanya di sini.

Udah gitu kamu gak perlu repot-repot hadir buat ngikutin kursus kok. Sekarang kursus atau kuliah online makin banyak kamu temukan di Internet.

Kamu tinggal registrasi dan ikuti pembelajaran online di beberapa website dan gratis pula, seperti Coursera, Indonesiax, Duolingo, hingga Codecademy.

3. Investasi uang: dari emas hingga reksadana

investasi menguntungkan
Investasi emas (marketwatch)

Percuma aja kamu kerja capek-capek terus ngendapin gitu aja uang di rekening tabungan. Lebih baik endapinnya dalam bentuk emas atau reksadana.

Kamu tahu pasti apa itu inflasi. Dampak inflasi itu salah satunya kamu beli barang kebutuhan lebih mahal dari sebelumnya. Belanja dengan uang Rp 10 ribu berasa kurang jadinya.

Nah, inflasi bisa bikin nilai uangmu tergerus kalau kamu cuma menyimpan uang di rekening tabungan. Ditambah lagi ada potongan biaya administrasi. Bukannya untung, malah buntung.

4. Investasi spiritual: cari inspirasi dan refresh otak lewat traveling

investasi menguntungkan
Traveling (yahoo)

Sekali-sekali gak ada salahnya melakukan traveling. Jangan berpandangan traveling itu buang-buang uang lho ya. Cukup dengan bujet Rp 1 juta, kamu udah bisa traveling kok.

Dan lagi, traveling itu bisa bikin pikiranmu refresh dan membuka cakrawalamu lebih luas. Kondisi spiritual yang sehat bisa bikin badan ikutan sehat. Makannya, jangan perhitungan buat lakukan investasi spiritual ini.

Di samping itu, dengan melakukan traveling, kamu dapat memperoleh inspirasi. Siapa tahu kan kamu tiba-tiba dapet wangsit buat buka usaha pas lagi jalan-jalan? Berawal dari senang-senang malah jadi untung. Mantap banget, kan?

Nah, dari keempat investasi menguntungkan di atas, mana nih yang udah mulai kamu lakukan? Selagi masih ada waktu, yuk lakukan mulai dari sekarang. Dijamin, kamu bakal lebih tenang dan tenteram deh jalanin hidup.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!