Kata 6 Seleb Ini, Investasi Reksadana Itu Menguntungkan Banget Lho!

4 menit
investasi reksadana
Aura Kasih (instagram @aurakasih)

Gak cuma karyawan kantoran, seniman kondang Tanah Air pun memilih investasi reksadana. Tentu aja, investasi ini dipilih karena kepraktisannya dan imbal hasil yang cukup tinggi.

Bisa dibilang, reksadana telah berhasil menyelamatkan keuangan para seleb-seleb ini lho. Mereka yang melakoni profesi di dunia ini tentunya emang punya pemasukan yang cukup besar, tapi gak tetap. Ditambah lagi, pengeluaran bulanan mereka juga luar biasa tinggi.

Di samping itu, seorang seleb juga gak selamanya bersinar. Ada masa-masa di mana keartisan atau kepopuleran mereka mereka meredup. Dan mereka pun harus mencari cara lain buat tetap punya penghasilan di masa depan.

Itulah sebabnya kenapa reksadana menjadi salah satu investasi yang mereka pilih. Reksadana bisa dimulai dengan dana terkecil sekalipun, dan bisa dicairkan kapan aja.

Penasaran dengan cerita para seleb soal investasi reksadana mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Widi Mulia

Mantan vokalis AB Three ini pernah mengatakan bahwa investasi reksadana adalah investasi yang paling cocok baginya. Padahal, Widi juga punya investasi emas dan properti.

Menurut Widi, pengin kaya tanpa investasi sama halnya dengan ngeluh karena kegemukan tapi gak pengin olahraga. Hayo, siapa yang sering kayak gini nih?

Widi mengaku, dia baru berinvestasi setelah menikah. Dia berprofesi sebagai penyanyi, memiliki penghasilan gak tetap. Sementara itu, dia juga punya tiga orang anak. Oleh karena itu, dia butuh biaya yang cukup besar buat masa depan dan pendidikan anaknya.

Alhasil, berdasarkan rekomendasi penasihat keuangannya, Widi pun memilih reksadana.

Alasan Widi memilih investasi reksadana adalah karena investasi ini cenderung mudah. Apalagi dengan adanya marketplace reksadana online seperti Bareksa.

Selama ini, Widi pun udah terbiasa buat menyetor dana investasinya di awal bulan atau setelah dia menerima honor. Widi juga menerapkan strategi beli reksadana ketika nilai aktiva bersihnya (NAB) sedang turun. Pokoknya ibarat ibu-ibu berburu barang diskonan aja.

2. Nycta Gina (Jeng Kelin)

Alhamdulillaah sekarang @trinycta udh ngeluarin koleksi ke 4. Terimakasih byk tmn2 yg udh beli @trinycta Ini tuh bs dibilang kaya usaha nekat😅 krn aku ga py ilmu ttg bisnis tp bismillaah dg niat yg tulus inshaAllah berkah dan laku😬✌️dan ini bnr2 aku turun tangan langsung… pilih kain sendiri, idein motif jg, dtg ke tmp printing smpe berkali2 tes print.. heboh deh pkknya😬😬 untung byk org2 yg sayang dan membantu.. @hastri_yuyu @ninditaqisthina @baniamirphotography @ivanprasetio —>thank u so much gengs😘😘😘 dan yg pasti doa org tua❤️ Alhamdulillaah ternyata begitu dijalanin ga semudah yg dibayangin.. rugi pernah, tiba2 ada yg jualan dg produk yg sama, pake muka aku pula jualannya jg pernah😅 dikomplain&diomelin customer jg pernah😅 waaah byk laah pkknya lika likunya.. tp akhrnya dr situ belajar utk jd lbh baik.. jd bwt temen2 yg mau buka usaha jg.. tips sedikit dr aku, mulai aja dl bismillah ga ush byk pikir ini itu.. nanti diperjalanan kita bs tau usaha ini cocok bwt kita apa ga… dan bahkan jgn tkt rugi jgn tkt salah.. coba segala kesempatan krn dr rugi, dr salah, kita bisa tau bgmn seharusnya, bgmn cara benerinnya sama jgn lupa berdoa😇 Naaah intinyaaa beli @trinycta ya mentemen😅😅😅😅

A post shared by Nycta Gina (@missnyctagina) on

Masih ingat sama Jeng Kelin atau Nycta Gina? Artis dengan suara unik ini juga jadi investor reksadana lho.

Dulunya, Nycta bisa dibilang buta banget soal investasi yang satu ini. Namun berkat bantuan perencana keuangan, dia pun mantap buat berinvestasi di reksadana.

Nycta mengaku kalau dia emang boros. Oleh karena itu, dia harus belajar soal skala prioritas dalam hal pengeluaran.

Buat jangka pendek, Nycta Gina memanfaatkan investasi reksadana buat biaya persalinan. Sedangkan buat jangka menengah, dia memprioritaskan buat biaya pendidikan dua anaknya. Buat jangka panjang, dia mempersiapkan buat hal yang berkaitan dengan buka usaha.

Kabarnya, artis sekaligus dokter ini udah mulai berinvestasi reksadana sejak 2010. Dan kabarnya 40 persen total penghasilannya diinvestasikan lho! Wow, udah berapa ya portfolio reksadananya Jeng Kelin? Kok jadi kepo ya.

3. Giring Ganesha “Nidji”

Vokalis grup band Nidji ternyata juga udah memulai investasi reksadana dalam rentang waktu yang cukup lama. Niatnya buat berinvestasi ternyata dipengaruhi oleh dorongan dari ibunya.

Sang ibu mengingatkan Giring yang dulu lumayan sering foya-foya biar menyimpan uang demi kebutuhan di masa depan. Giring sendiri bercita-cita bahwa tujuan hidupnya di masa depan adalah bisa bahagia bersama keluarganya, dan memberikan pendidikan yang terbaik buat mereka.

Dalam berinvestasi reksadana, pilihan Giring ternyata jatuh pada reksadana saham dan pendapatan tetap. Reksadana saham tentunya merupakan reksadana dengan imbal hasil yang tinggi, dan memiliki profil risiko yang tinggi pula. Sedangkan pendapatan tetap imbal hasil dan risikonya cenderung rendah.

Kabarnya, Giring udah memulai investasi ini saat masih lajang. Dia pun membiayai pernikahan hingga membayar uang muka pembelian rumah dari keuntungan reksadana.

Tuh… Kebukti banget kan kalau reksadana itu emang menguntungkan. Kamu udah beli reksadana belum nih?

4. Adrian Maulana

Aktor senior dan presenter berbadan kekar ini sering terlihat di sinetron, infotainment, dan tayangan TV lainnya. Tapi jangan salah, selain jago akting, fitness, dan punya kemampuan public speaking yang mantap, Adrian juga jago soal investasi.

Sejak 2005, Adrian udah aktif sebagai seorang investor reksadana. Asal kamu tahu nih, dari tahun 2005, Adrian baru mencairkan reksadananya di tahun 2009. Kok lama banget?

Iya emang lama, tapi…. return yang didapatkan Adrian mencapai 40 persen. Gede banget kan? Adrian pun akhirnya membuka rekening baru pada 2012.

Selain reksadana, Adrian juga cukup handal sebagai seorang investor saham. Menurut Wikipedia, di tahun 2016 Adrian resmi mengundurkan diri dari NET TV. Tebak kemana alumni Universitas Trisakti ini melanjutkan kariernya?

Adrian dikabarkan bekerja di PT Schroders Indonesia! Perusahaan ini adalah perusahaan Manajer Investasi asal Inggris. Kok bisa ya? Kan Adrian itu Sarjana Teknik?

Ternyata Adrian juga punya gelar perencana keuangan dari IARFC (International Association Registered Financial Consultans). Dia juga menjadi salah satu seleb yang punya izin sebagai Wakil Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keren banget!

5. Aura Kasih

Tanning sampe keling … 🌞🐼

A post shared by SUNNY (@aurakasih) on

Pelantun lagu Mari Bercinta ini juga memilih investasi reksadana, dan kabarnya Aura Kasih udah beli reksadana sejak 2009. Dia juga kabarnya punya investasi di forex dan properti.

Pada 2016, Aura Kasih sempat hadir di Bursa Efek Indonesia, namun dirinya mengaku masih ragu buat main saham.

Dalam pernyataannya di media, Aura Kasih mengatakan bahwa dirinya lebih suka berinvestasi di instrumen yang sederhana aja. Hal itu disebabkan karena dirinya bukanlah pebisnis. Returns kecil gak masalah deh, asalkan profil risikonya juga gak gede.

6. Mona Ratuliu

Cerita Mona Ratuliu soal investasi reksadana emang gak jauh beda dengan Widi Mulia. Dia memanfaatkan investasi ini buat menabung demi biaya pendidikan anak yang makin mahal. Di samping itu, Mona dan suaminya juga bukanlah seorang berpenghasilan tetap setiap bulan.

Mona mengenal reksadana dari temannya yang berprofesi sebagai perencana keuangan. Awalnya sih masih ragu, tapi akhirnya makin mantap juga niatnya buat berinvestasi.

Itulah cerita investasi reksadana dari enam orang selebriti Indonesia.

Artis nomor tiga dan empat benar-benar udah membuktikan tuh kalau instrumen investasi yang satu ini benar-benar menguntungkan.

Kira-kira apakah kamu juga tertarik buat investasi reksadana? Atau mungkin punya pilihan lain? Share yuk ke MoneySmart.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan