Hidup Tentram dan Bahagia Saat Tua! Ini 5 Alasan Investasi Saham Penting Menurut Pakar

4 menit
Investasi saham
Hidup Tentram dan Bahagia Saat Tua! Ini 5 Alasan Investasi Saham Penting Menurut Pakar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Investasi saham kini menjadi salah satu instrumen investasi yang diburu banyak orang, mulai dari para milenial hingga orangtua, mengapa?

Pasalnya, saham dikenal sebagai investasi yang dapat memberikan return alias keuntungan yang sangat menggiurkan lho. Meski begitu, risikonya juga lebih besar ketimbang instrumen investasi yang lain. Jadi, istilahnya tuh high return-high risk.

Meski begitu, hal tersebut tak menjadi penghalang banyak orang buat menggelontorkan pundi-pundi kekayaannya ke investasi saham.

Bukan tanpa alasan, udah banyak bukti orang yang tajir melintir berkat investasi saham. Salah satu yang terkenal adalah Warren Buffett yang kini jadi orang terkaya di dunia ke-3 dengan total kekayaan mencapai US$ 84,1 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp 1.188 triliun versi Forbes.

Kamu juga bisa lho seperti Buffett yang punya uang hingga ribuan triliun. Caranya ya dengan segera mungkin terjun ke investasi. Nah, salah satu jenis investasi yang menggiurkan tak lain adalah saham.

Walaupun terkesan menyeramkan karena bisa bikin kamu bangkrut mendadak. Tapi banyak trik yang bisa kamu lakukan lho. Salah satunya adalah dengan membeli saham-saham blue chip atau BUMN karena lebih stabil dan likuid, jadi risikonya juga lebih kecil.

Saat kamu sudah mengetahui betul cara bermain investasi saham, baru deh kamu bisa lebih agresif investasi buat  mendapatkan return yang lebih besar.  Selain itu, yang perlu kamu ketahui kalau investasi saham itu merupakan investasi jangka panjang yang keuntungannya baru bisa dirasakan di atas lima tahun.

Karena itu, sabar menjadi salah satu faktor keberuntungan dalam jenis investasi yang satu ini. Pasalnya gak sedikit orang yang tergoda menjual saham miliknya saat sudah mendapatkan keuntungan. Padahal jika sabar, mereka bisa meraup pundi-pundi kekayaan yang lebih besar.

Karena itulah mengapa terjun ke investasi saham menjadi salah satu cara agar masa depan terjamin dan tentu saja bisa hidup bahagia tanpa pusing mikirin uang terus-terusan.

Gak percaya? Berikut lima alasan yang membuktikan kalau investasi saham itu sangat penting untuk masa depan, seperti yang diungkapkan oleh Ayyi Achmad Hidayah selaku Personal Finance Advisor. Yuk, simak!

Baca juga: Emas Bukan Investasi yang Menguntungkan Kalau 6 Hal Ini Diabaikan

1. Return tinggi

Investasi saham
Memiliki saham dengan nilai kembali yang tinggi itu penting lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau investasi saham itu mampu memberikan return yang tinggi, bahkan sangat jauh di atas instrumen investasi lain seperti emas, maupun deposito.

Jadi, semakin besar dana yang kamu gelontorkan, maka semakin besar pula keuntungan yang dapat kamu kantongi.

“Saham merupakan satu-satunya investasi yang bisa mengalahkan inflasi. Return yang dapat kamu peroleh yaitu sebesar 18 persen hingga 20 persen, itu untuk saham blue chip,” ungkap pria yang kerap menjadi public speaking berbagai acara finansial ini.

Baca juga: Tolak Hidup Miskin dengan Deretan Investasi Masa Depan Berikut Ini

2. Potensi pertumbuhan saham di Indonesia sangat tinggi

Investasi saham
Perkembangan pasar saham di Indonesia kini tengah berkembang pesat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lebih lanjut Ayyi yang sudah mengantongi certified financial planner ini juga mengungkapkan kalau investasi saham itu sangat menggiurkan karena dilihat dari potensi pertumbuhan saham di Indonesia sendiri sangat tinggi.

“Jumlah perusahaan yang menjual saham untuk publik di Indonesia itu masih sangat sedikit, sehingga potensi perkembangan pasar saham ke depannya masih sangat besar. Karena itulah, mengalihkan kekayaan ke investasi saham itu merupakan langkah yang tepat,” ucapnya.

Baca juga: 30 Menit Bisa Buka Rekening Investasi Saham, Ini Caranya

3. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia

Investasi saham
Perkembangan ekonomi di Indonesia tengah berkembang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Alasan selanjutnya kenapa investasi saham itu sangat penting untuk masa depan adalah karena pertumbuhan ekonomi di Indonesia masuk ke dalam salah satu yang tertinggi di dunia lho.

Kenapa? Ya, salah satu alasannya karena tingkat konsumtif masyarakat Indonesia masih sangat tinggi.

Contoh sederhananya saja, pusat perbelanjaan pasti selalu ramai setiap hari. Bahkan saat salah satu e-commerce mengadakan flash sale, banyak sekali barang yang sold out.

4. Pembangunan infrastruktur yang pesat

Investasi saham
Infrastruktur kita tengah membaik nih beberapa tahun belakangan ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Perbaikan infrastruktur di Indonesia yang sangat pesat membuat potensi bisnis perusahaan di Indonesia menjadi sangat menjanjikan,” ungkap Ayyi yang sempat bekerja di salah satu perusahaan sekuritas bank BUMN selama lima tahun.

Pasalnya dengan terjun ke investasi saham, berarti kamu memiliki kesempatan menjadi salah satu pemilik perusahaan sebagai pemegang saham. Dengan status tersebut, maka kamu mendapat hak atas pembagian keuntungan (dividen) yang akan diberikan oleh perusahaan setiap tahunnya.

5. Digitalisasi ekonomi

Investasi saham
Digitalisasi ekonomi juga mendukung kamu buat berinvestasi saham, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ayyi kemudian memberikan alasan lain yang mengajak banyak orang untuk segera terjun ke dunia investasi saham yaitu karena faktor digitalisasi ekonomi. Di mana kamu sudah sangat mudah membeli saham kapan pun dan di mana saja.

“Seiring perkembangan zaman, kini pemerintah Indonesia semakin fokus untuk mengembangkan bisnis digital yang dapat memberikan keuntungan untuk para investor saham yang sudah bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan modal yang kecil,” tutup pria yang sudah terjun ke dunia investasi sejak usia 23 tahun.

Itu dia lima alasan mengapa investasi saham itu sangat penting untuk masa depan kamu. Nah, buat kamu yang gak pengin hidup susah dan pusing mikirin uang di masa tua nanti, yuk secepatnya gelontorkan uang ke investasi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan