Libur Lebaran Telah Usai, Mau Investasi Saham Sekarang? Baca Ini Dulu

3 menit
Libur Lebaran Telah Usai, Mau Investasi Saham Sekarang? Baca Ini Dulu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak terasa liburan Lebaran tahun ini berlalu dengan cepat. Kira-kira apakah saat ini yang tepat buat memulai investasi saham? Boleh aja sih, asalkan kamu baca-baca dulu nih yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

Sejatinya ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan sebelum kamu membeli saham di masa ini. Tentunya hal itu berkaitan dengan sentimen-sentimen buruk yang bakal melanda pasar modal.

Buat kamu yang tengah memegang saham, gak menutup kemungkinan bakal mengalami capital loss. Namun buat yang belum, mungkin ini bisa jadi peluang besar buat membeli dalam jumlah banyak.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya di bawah sini:

Baca juga: Buat Pemula, Ini Panduan Investasi Saham dari Ahlinya

1. Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

investasi saham
Sebelum bermain saham ada baiknya kamu perhatikan hal-hal ini, termasuk suhu politik dalam negeri ya, (Instagram/@mahkamahkonstitusi).

Baiklah dari sekian banyaknya peristiwa, mungkin momentum ini yang mesti kamu perhatikan sebelum memulai investasi saham di bulan Juni, mengapa demikian?

Anggap aja kita masuk tanggal 10 Juni yang mana hari ini udah mulai memasuki hari perdagangan di bursa. Sementara itu Sidang MK berlangsung pada tanggal 14 Juni, namun patut diingat bahwasannya keputusan sidang itu ada di tanggal 28 Juni lho.

Situasi ini bisa dibilang sebagai situasi yang kurang menguntungkan bagi para investor saham. Hal itu disebabkan karena gak menutup kemungkinan terjadi aksi demonstrasi memang cukup besar meski kita semua tentu gak mau, aksi seperti tanggal 22 Mei terulang kembali.

Oleh karena itulah, memantau situasi terlebih dulu sebelum investasi saham adalah hal yang baik buat kita lakukan. Jangan buru-buru yang penting dapat harga terbaik.

Baca juga: Selain Bikin Kaya, Ini 3 Manfaat Investasi Saham buat Masa Depan Kamu

2. Perang dagang Amerika dengan China juga lagi memanas

investasi saham
Isu panas juga tengah menerjang perdagangan antara China dengan Amerika Serikat, (Instagram/@realdonaldtrump).

Selain kondisi dalam negeri, kondisi di luar negeri juga tengah memanas lho. Konflik dagang Amerika dan China juga sedang meruncing.

Buat yang udah terjun ke investasi saham, kamu semua tentu paham bagaimana konflik ini telah membuat harga saham di indeks Dow Jones jadi merah. Dan ketika Dow Jones memerah, indeks-indeks saham di berbagai negara, termasuk Indonesia jadi ikut-ikutan mengalami penurunan.

Salah satu emiten yang rentan goyang dengan sentimen buruk ini adalah para perbankan. Coba lihat saja saham-saham bank saat perang dagang itu berlangsung, rata-rata nilainya minus semua dalam sehari.

Baca juga: Hidup Tentram dan Bahagia Saat Tua! Ini 5 Alasan Investasi Saham Penting Menurut Pakar

3. Ada saham yang mau bagi dividen

investasi s;aham
Pandai-pandai nih menengok perusahaan yang bakal bagi dividen ke kamu, siapa tahu untung ya kan!, (Instagram/@fiestanugget).

Di tengah ketidakpastian yang melanda pasar modal, gak usah khawatir buat memulai investasi saham saat ini juga. Karena selain bisa beli dengan harga murah, kamu juga berkesempatan dapat dividen.

Musim bagi-bagi dividen masih berlanjut di bulan Juni. Siapa aja perusahaan yang bakal membagikan dividen di bulan Juni 2019?

Pertama adalah PT Charoen Pokphan Indonesia Tbk (CPIN). Perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam, sekaligus pemegang merek Fiesta Chicken Nugget ini bakal menebar dividen senilai Rp 118 per saham.

Selain itu ada pula PT Tempo Scan Pasific, Tbk (TMPO) dengan nilai dividen Rp 40 per saham, PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk (JSPT) dengan nilai Rp 19 per saham, PT Multi Indocitra Tbk (MICE) dengan nilai dividen Rp 10 per saham, dan masih banyak lagi.

Tanggal Cum Dividen dari seluruh perusahaan di atas jatuh pada tanggal 10 Juni 2019. Intinya, jika memang kamu pengin merasakan dividennya, maka belilah saham mereka paling lambat tanggal 10 Juni. Lewat dari itu ya gak dapat.

Itulah pedoman yang bisa dijadikan acuan buat kamu yang pengin memulai investasi saham pasca Lebaran. Intinya, situasi internal mau eksternal emang lagi serba tegang.

Jadi, ada baiknya buat mencermati harganya terlebih dulu dengan tujuan agar kita memperolehnya dengan harga yang cukup murah. Nah, itu beberapa pedoman buat kamu yang pengin investasi saham pasca Lebaran, May the cuan be with you…! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan