4 Hal yang Gak Boleh Diabaikan Kalau Mau Beli Apartemen Superblok

3 menit
Investasi superblok. (Shutterstock)
Investasi superblok. (Shutterstock)

Zaman sekarang, investasi udah banyak macamnya. Di antara banyaknya jenis investasi yang bisa kamu pilih, investasi superblok adalah salah satu yang paling menjanjikan.

Kenapa disebut menjanjikan? Ya karena nilai properti selalu naik dari waktu ke waktu. Kalau beli properti tahun ini dan dijual beberapa tahun ke depan, tentunya kamu bakal dapat untung yang lumayan.

Hanya saja, untuk mendapat untuk itu, kamu harus jeli, termasuk jeli memilih jenis properti yang akan dibeli, dan di mana lokasinya. Pada umumnya, orang akan lebih memilih investasi rumah atau apartemen dibanding yang lain.

Namun, sekarangi ada yang juga investasi superblok. Nah, bagaimana cara pilih superblok yang tepat untuk investasi? Simak tips dari Swara Tunaiku berikut ini!

Baca juga: Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali Untung Ruginya Ini

1. Lokasi superblok harus strategis

investasi superblok
Superblok di Jakarta. (Shutterstock)

Sejatinya, lokasi adalah syarat utama yang harus dipenuhi kalau mau investasi properti yang kamu lakukan bisa mendapatkan untung besar. Ya, semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula imbal hasil yang bakal didapat saat dijual kembali.

Termasuk dalam investasi superblok. Pilih yang lokasinya strategis. Lalu, lokasi yang strategis itu yang kayak apa sih?

Yang pasti, lokasi superblok tersebut harus dekat dengan kawasan bisnis. Tempat itu wajib juga memiliki akses jalan dan jalur transportasi yang mudah. Percuma kalau beli superblok tapi jauh dari mana-mana kan.

Baca juga: Segini Harga Jual Apartemen di Negara-Negara ASEAN, Ada yang Rp 7 Miliar!

2. Fasilitasnya harus lengkap

investasi superblok
Fasilitasnya harus lengkap. (Shutterstock)

Superblok ini cocok buat orang yang pengin kemudahan dalam hidup. Makannya, superblok dibuat sedemikian rupa supaya keinginan mereka terpenuhi.

Itulah sebabnya superblok dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Jadi, sebelum memutuskan berinvestasi di salah satu superblok, pastikan dulu apakah memiliki fasilitas lengkap dan apakah dikelola dengan baik.

Tanyakan pada bagian pemasaran apa saja fasilitas yang dimiliki superblok tersebut. Tanyakan juga di mana lokasi fasilitas dan bagaimana akses menuju ke fasilitas tersebut. Disarankan pula supaya kamu memilih investasi superblok yang terletak dekat dengan rumah sakit, sekolah atau perkantoran. Biasanya yang dekat dengan fasilitas umum bakal lebih tinggi harganya.

Tapi, wajib diingat, pastikan fasilitas tersebut benar-benar lengkap dan berfungsi dengan baik. Jangan sampai kamu terkecoh dan nyatanya menemukan fasilitas yang ditawarkan tak ada bedanya atau hanya beda tipis dengan apartemen tunggal. Kalau begini, superblok kamu akan susah lakunya.

Baca juga: Penampakan Apartemen Minimalis Milik Cut Tari, Super Inspiratif!

3. Pengembang yang terpercaya

investasi superblok
Superblok di Jakarta. (Shutterstock)

Ada satu hal penting yang harus kamu lakukan saat investasi superblok atau apartemen tunggal. Pastikan kamu tahu perusahaan apa yang menjadi pengembang superblok tersebut.

Jangan sampai pengembangnya adalah pengembang yang bermasalah dan punya reputasi kurang bagus dalam proyek-proyek sebelumnya. Kalau kamu merasa masih terlalu awam soal mana pengembang yang terpercaya dan mana yang tidak, lakukan riset kecil-kecilan soal si pengembang.

Cari artikel atau berita dari internet terkait pengembang tersebut. Kamu bisa pula bertanya pada rekan-rekan kerja yang mungkin pernah membeli apartemen atau superblok bikinan pengembang tersebut.

Kalau ternyata pengembang superblok yang hendak kamu beli punya catatan hitam di masa lalu, gak ada salahnya kamu pertimbangkan lebih matang untuk membeli. Selain itu, mungkin kamu bisa coba melirik superblok lain yang dibangun oleh pengembang bereputasi baik.

4. Ke depannya bakal jadi seperti apa?

investasi superblok
Salah satu superblok di Jakarta. (Shutterstock)

Gak cuma pengembang yang harus kamu ketahui sebelum membeli superblok. Kamu juga harus tahu, nantinya superblok ini bakal dikembangkan jadi seperti apa sih?

Gak ada salahnya kok memikirkan sampai sejauh itu. Bahkan, bakal lebih mantap lagi kalau kamu tahu ke depannya di sekitar superblok itu bakal dibangun fasilitas-fasilitas umum lain yang bakal membuat nilai superblok kian meroket.

Nah, kalau semua hal di atas udah dilakukan, ya udah gak usah ragu-ragu lagi buat membelinya. Selanjutnya tentukan, apakah kamu mau membelinya secara tunai atau kredit. Sesuaikan dengan bujetmu ya.

Kalau ingin ditempati sendiri, pastikan pengeluaran maintenance dan biaya transportasi ke tempat kerja gak melebihi dari pengeluaranmu di tempat tinggalmu saat ini. Namun, kalau ingin agar investasi superblok kamu menghasilkan, ya sewakan saja atau jual kembali saat harga pasarannya sudah naik. 

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan