Raup Banyak Keuntungan dari Investasi Tanah Kosong! Ikuti 4 Kiat Simpelnya Ini

4 menit
Investasi tanah kosong kini juga menjanjikan lho! (Shutterstock).

Investasi lahan kosong kini banyak dilirik orang untuk menambah pundi-pundi kekayaannya. Pasalnya, kamu gak perlu keluar untuk maintenance tapi uang terus mengalir deras ke rekeningmu tiap bulan.

Investasi lahan kosong juga menjadi salah satu solusi cerdas untuk memperoleh penghasilan dalam jumlah yang cukup besar.

Jadi, kamu membeli lahan kosong tanpa bangunan di atasnya. Sembari menunggu harga tanah naik, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang lho. Misalnya aja dijadikan tempat parkir atau disewakan buat para penjual.

Kamu tentu udah gak asing lagi kan melihat banyak tanah kosong yang saat ini dijadikan lahan parkir, khususnya lahan kosong di kawasan perkantoran. Kalau satu kendaraan dipatok Rp 5.000 dan dalam satu hari ada sekitar 300 kendaraan yang parkir di sana.

Berarti dalam sehari kamu bisa mengantongi uang sebesar Rp 1,5 juta. Jika dikali satu bulan hari kerja yaitu 22 hari. Maka, dalam satu bulan Rp 33 juta sudah pasti dapat kamu kantongi. Lumayan banget, kan?

Ya, kamu pasti tahu sendiri kan, banyak sekali karyawan perkantoran yang memilih untuk parkir di luar gedung kantor karena harga parkirnya yang lebih murah dibanding di dalam gedung.

Selain itu harga tanah setiap waktu juga mengalami kenaikan. Jadi, jika sewaktu-waktu ada penawaran menggiurkan, kamu bisa langsung menjualnya. Pasalnya, pertumbuhan properti terus meningkat dan membuat lahan menjadi mengalami kelangkaan secara perlahan.

Sederhananya, permintaan tanah terus meningkat sementara persediaan semakin berkurang. Itulah yang menjadi faktor utama, harga tanah terus mengalami peningkatan harga yang sangat drastis.

Karena itu, saat kamu mendapatkan rezeki nomplok, misalnya aja dapat uang warisan dengan nominal yang sangat fantastis. Sebaiknya, alihkan uangmu ke investasi lahan kosong. Cuma ongkang-ongkang kaki di rumah aja, pundi-pundi rupiah terus mengalir ke rekeningmu.

Nah, biar investasi lahan kosongmu lancar jaya dan dapat mengantongi keuntungan yang besar. Ikuti empat tips sederhananya di bawah ini:

Baca juga: 10 Wisata Gratis yang Bisa Kamu Kunjungi di Malaysia, Jangan Kelewat Ya!

1. Sesuaikan dengan bujet

open trip
Bujetnya gak banyak. (Pexels)

Harga tanah memang disesuaikan dengan lokasi, jadi semakin strategis lokasinya maka semakin besar pula uang yang harus kamu gelontorkan.

Jika bujetmu terbatas, gak perlu sedih dulu. Kamu masih bisa kok investasi tanah kosong. Karena terkadang para pengembang justru melirik lokasi yang kurang populer.

Contohnya aja, Sentul yang dulunya merupakan kawasan gunung dan hutan dengan harga lahan yang relatif murah, kini Sentul justru disulap menjadi tempat rekreasi yang mewah. Jadi bujet terbatas gak menjadi halangan kok terjun ke jenis investasi yang satu ini.

2. Pastikan legalitas tanah aman

Tanah (Ilustrasi).

Jika sudah menemukan lokasi untuk investasi lahan kosong, selanjutnya adalah dengan memastikan legalitas tanah yang ingin kamu pilih itu aman. Jadi, lahan kosong yang kamu beli harus berlegalitas, free, clean dan clear.

Free yang dimaksud di sini adalah bebas dari sengketa. Legalitas kepemilikan tanahnya harus dibuktikan lewat sertifikat resmi yang tertera atas nama pemilik. Kamu bisa meminta tolong pada notaris setempat untuk mengecek legalitas tanah tersebut.

Sementara clean adalah tanah yang kamu beli tidak sedang digunakan untuk kegiatan lain. Dan clear maksudnya yakni ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

3. Periksa kelengkapan dokumen dengan seksama

Kelengkapan Dokumen

Setelah memastikan legalitas tanah aman, kamu juga harus periksa kelengkapan dokumennya secara seksama. Intinya, jangan sampai lahan yang akan kamu beli sedang terlibat sengketa dengan pihak lain.

Selain itu, penting juga buat kamu untuk mengecek status tanahnya, mulai dari Hak Guna Bangunan (HGB) dan juga Hak Guna Usaha (HGU) tanah tersebut masih berlaku. Bahkan kalau perlu, gunakan jasa notaris atau melakukan pengecekan langsung di kelurahan setempat.

4. Amankan lahan kosong milikmu

cara mengecek legalitas tanah
Tanah kosong dijual

Jika kamu sudah membeli sebidang tanah tapi belum dikembangkan secara langsung karena dana yang belum tercukupi, maupun sedang memutar otak ingin dimanfaatkan untuk apa. Sebaiknya segera amankan lahan kosong milikmu.

Maksudnya di sini, kamu bisa memberikan pagar atau apapun untuk batas dan memberitahukan kalau tanah kosong tersebut adalah milikmu.

Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin mempergunakan lahan kosong milikmu itu. Karena tentu saja dapat merepotkan dan merugikan kamu di masa depan.

Baca juga: Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital pada 2019
Itu dia empat cara simpel dan sederhana tapi penting banget yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan cuan besar berkat investasi lahan kosong. Tunggu apalagi, yuk perbanyak pundi-pundi kekayaanmu dengan terjun ke investasi yang satu ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan