Punya 3 Kamera Kayak iPhone 11, 5 Ponsel Ini Harganya Jauh Lebih Murah!

4 menit
Punya 3 Kamera Kayak iPhone 11, 5 Ponsel Ini Harganya Jauh Lebih Murah!, (Ilustrasi/Shutterstock).

iPhone 11 resmi diperkenalkan oleh perusahaan besutan Steve Jobs,  Apple. Rilis dengan 3 varian, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. iPhone 11 muncul dengan 3 kamera dan harganya di angka Rp 9 jutaan. Tahu gak ada 5 ponsel pintar yang memiliki kamera kayak iPhone? 

Jika di seri iPhone X, XR, dan XS dibekali dengan cipset A12 Bionik, ponsel pintar dengan logo buah apel terbaru ini dibekali A13 Bionik. Cipset teranyar ini diklaim sebagai yang tercepat di generasinya. Kamu bakal merasakan kecepatannya ketika tengah membuka berbagai aplikasi-aplikasi termasuk yang berat sekalipun. 

Soal kamera, Apple kayaknya gak mau ketinggalan sama pesaingnya, yaitu Samsung yang telah menyematkan tiga kamera belakang. Di tipe 11 Pro dan Pro Max tiga lensa kamera juga bisa kamu temui. 

Ketiga lensanya di iPhone terbaru ini memiliki kelebihan masing-masing, ada yang buat wide, ultra wide, dan telephoto. Ketajamannya juga gak perlu diragukan lagi, karena memiliki resolusi 12 MP. 

Apple juga telah memberikan bocoran harganya nih, iPhone generasi 11 harganya di US$ 699 atau Rp 9,8 juta, 11 Pro dibanderol dengan di angka US$ 999 atau Rp 14 jutaan, dan 11 Pro Max seharga US$ 1.099 atau Rp 15 jutaan. 

Itu masih harga di Amerika Serikat ya, gak tahu deh nanti kalau misalnya resmi meluncur di Indonesia, bisa-bisa kamu mesti menabung lebih keras nih!

Menurut kamu harga tersebut tergolong mahal, kita mau memberikan rangkuman ponsel pintar tiga kamera yang harganya jauh lebih murah dari iPhone 11. 

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

1. Huawei Mate 20 

iPhone 11
iPhone teranyar punya 3 kamera, Huawei Mate 20 juga lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ponsel pintar yang satu ini pertama kali diluncurkan akhir tahun 2018 lalu. Tiba di pasaran Indonesia mulai Januari 2019. Huawei Mate 20 ini termasuk ponsel kelas premium yang layak untuk disandingkan dengan Iphone 11. 

Saat diluncurkan ponsel ini dihargai mulai dari Rp 8,9 juta sampai Rp 11,9 juta. Tapi kini harganya udah Rp 5 jutaan, masih oke lah buat dijadikan ponsel andalan saat ini.

Keunikannya adalah tiga kamera belakang yang kualitasnya dewa banget. Gimana gak dewa,  lensanya disokong oleh perusahaan kamera kelas wahid, Leica. 

Fungsi dari ketiga lensa Huawei Mate 20 juga persis dengan Apple, yaitu buat mengambil gambar wide, ultra wide, dan juga telephoto. 

Baca juga: iPhone 11 Dijual Mulai dari Rp 9,8 Juta! Ini Fitur dan Spesifikasi Lengkapnya

2. Samsung Galaxy A70 

iPhone 11
Samsung Galaxy A70 juga memiliki 3 kamera kayak iPhone terbaru, (amazon.com).

Sebelum Apple mengusung tiga kamera, Samsung sudah terlebih dahulu nih menyematkan teknologi ini sejak lama. Khususnya di seri A, produk teranyar pabrikan Korea Selatan merupakan Samsung A70. 

Ponsel pintar ini selain memiliki tiga kamera belakang, spesifikasi lainnya juga dewa banget. RAM yang disematkan memiliki kapasitas 8 GB Snapdragon. 

Tiga kamera tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda, kamera utama 32 MP, ultra wide 8 MP, dan satu depth lense. Untuk memboyong ponsel ini, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam kayak iPhone 11, cukup punya uang Rp 5,8 juta saja sudah bisa jadi milikmu. 

Baca juga: Cuma 1 Penumpang Saat Terbang Perdana, Ini 5 Fakta Menarik British Airways

3. Vivo V15 Pro 

iPhone 11
Ponsel pintar pabrikan China ini juga memiliki 3 kamera, (mspimages.in).

Vivo V15 Pro masih menjadi unggulan Vivo saat ini. Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Dibekali dengan RAM 6 GB dan cipset Snapdragon, ponsel ini bisa dibilang anti ngadat bila dijalankan aplikasi-aplikasi yang berat. 

Tiga kamera belakangnya juga memiliki resolusi yang sangat besar, kamera utama 48 MP, super wide 8 MP, dan 5 MP depth lense

Meski spesifikasinya dewa, ponsel ini ternyata mengalami penurunan harga lho. Dari yang tadinya Rp 5,9 juta kini jadi Rp 4,9 jutaan. Sangat terjangkau lah ya buat kamu-kamu yang pengin punya ponsel tiga kamera kayak iPhone teranyar. 

4. Oppo R17 Pro 

iPhone 11
Oppo juga menyematkan 3 kamera lho, (static.toiimg.com).

Seri R merupakan seri ponsel premium yang dimiliki oleh pabrikan asal China, Oppo. Dibilang tercanggih  buat Oppo R17 Pro karena ponsel ini memiliki tiga kamera tapi berbeda fungsinya seperti merek-merek lainnya. Kalau misalnya Samsung dan Huawei hanya sebatas wide, ultra wide, dan telephoto, Oppo memiliki teknologi yang berbeda. 

Di Oppo R17 ini, tiga kamera tersebut memiliki fungsi kamera utama dengan resolusi 20 MP, lensa depth sensor 12 MP, dan terakhir lensa 3D TOF, baru denger kan lensa 3D TOF? 

Sejatinya 3D TOF adalah sebuah teknologi baru di dalam lensa ponsel. Dengan teknologi ini, ponsel bisa menangkap cahaya dengan baik sehingga akurasi warnanya bisa pas dan menimbulkan efek bokeh lebih bagus lagi. 

5. Lenovo Z6 

iPhone 11
Lenovo Z6 salah satu ponsel pintar yang disematkan 3 kamera kayak iPhone terbaru, (pinoytechnoguide.com).

Lenovo juga memiliki ponsel triple kamera yang gak kalah keren yakni Lenovo Z6. Spesifikasinya juga gahar banget, dilengkapi dengan layar OLED, Snapdragon, dan baterai 4.000 mAH. 

Tiga kamera di belakangnya terdiri dari kamera utama dengan ukuran 24 MP, kamera kedua 8 MP tapi memiliki kemampuan zoom, dan lensa terakhir memiliki sensor depth dengan resolusi 5 MP. Pokoknya kualitasnya gak bakal kalah jauh deh dengan iPhone terbaru.

Ponsel ini bisa kamu bawa pulang seharga Rp 3,9 juta sampai Rp 5,1 juta tergantung dari kapasitas penyimpanannya. 

Itulah lima ponsel pintar yang telah menyematkan tiga kamera seperti iPhone 11. Lumayan ya bisa dijadikan alternatif apabila uangmu gak sanggup buat beli iPhone yang terbaru. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.