Mengintip Isi Garasi Ketua KPK Baru Firli Bahuri yang Berharta Rp 18 Miliar

3 menit
firli bahuri
Irjen Pol Firli Bahuri. (Tempo)

Inspektur Jenderal Firli Bahuri, telah resmi terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode 2019 – 2023. Dikutip dari Liputan6, pria ini memperoleh suara terbanyak dalam voting yang digelar Komisi Hukum DPR dengan 56 suara.

Sejatinya, nama Firli sendiri memang mengundang kontroversi lantaran ada penolakan dari 500 anggota KPK untuk pencalonannya. Kapolda Sumsel ini juga pernah disorot karena diduga melanggar kode etik ketika menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.

Terlepas dari kontroversi yang ada, sebelumnya telah disebutkan bahwa berdasarkan laporan di LHKPN, Firli mengantongi aset kekayaan yang mencapai Rp 18,2 miliaran.

Sebanyak Rp 10 miliaran dari total aset miliknya adalah aset properti yang terletak di Bandar Lampung dan Bekasi. Sementara itu, Rp 632.500.000-nya adalah kendaraan.

Ingin tahu kendaraan apa saja yang ada di garasi Firli Bahuri? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: Terpilih Jadi Ketua KPK yang Baru, Ini Fakta Karier dan Kekayaan Firli Bahuri

1. Toyota Corolla Altis 2008

firli bahuri corolla altis
Ilustrasi Toyota Corolla Altis 2008. (summitmedia-digital.com)

Sedan Toyota yang satu ini memiliki sistem kemudi yang cukup ringan dan pas digunakan di perkotaan. Seandainya digeber di tol di kecepatan tinggi, Altis 2008 cenderung kurang nyaman dan terasa liar.

Altis 2008 adalah Altis generasi kedua. Mobil ini menggunakan Mesin 2ZR-FE 1.8 liter DUAL VVT-i yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 136 Hp pada 6.000 RPM dan torsi 174 Nm pada 4.400 RPM.  

Secara penampilan cukup elegan, tapi tentu saja gak semewah Camry. 

Baca juga: Harta Kekayaan 10 Capim KPK yang Lolos dan Namanya Sampai ke Meja Kerja Jokowi

2. Toyota Land Cruiser Prado 2010

firli bahuri land cruiser prado
Ilustrasi Toyota Land Cruiser Prado. (amcdn.co.za)

Ini dia nih yang paling asyik. Walaupun sudah berumur, tapi desainnya masih tetap gagah dan gak kelihatan jadul, tentunya tetap keren kalau dipakai mejeng.

Pajaknya udah pasti mahal karena mobil ini punya kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu 2,7 liter. Udah gitu, bahan bakarnya adalah bensin!

Prado sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 160 tk dengan torsi 246nm. Harga pasaran mobil 4×4 ini juga masih ada di kisaran Rp 400 juta. 

Baca juga: Sepeda Onthel hingga Captiva, Ini 5 Kendaraan Alexander Marwata Pimpinan KPK

3. Kia Sportage 2.0 GAT 2013

firli bahuri kia sportage
Ilustrasi KIA Sportage. (s.aolcdn.com)

Mobil Crossover dari Korea ini juga bisa ditemukan di garasi Firli Bahuri. Di Amerika Serikat, mobil ini bahkan menyabet banyak penghargaan sebagai mobil dengan harga yang terjangkau.

Kia Sportage dibekali mesin Theta II 2.0 L DOHC, Dual CVVT DLI (Distributorless Ignition) dan VIS (Variable Induction System). Mesin ini kabarnya sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar sebesar 166 tk pada putaran 6.200 rpm dan torsi maksimum 197 Nm pada 4.600 rpm.

4. Honda Vario 2007

firli bahuri vario 2007
Ilustrasi Honda Vario 2007. (jualmotorbekas.com)

Untuk kendaraan roda duanya, Firli Bahuri memiliki Honda Vario tahun 2007. Vario ini adalah Vario generasi pertama. 

Saat itu, pasar skutik di Indonesia memang masih dikuasai Yamaha. Namun Honda gak mau kalah dengan mengeluarkan produk andalannya yang satu ini untuk menyaingi Mio.

Motor ini memiliki kapasitas 110 cc, memiliki dua headlight, serta parking brake lock dan side stand switch, yang menjamin mesin tak akan menyala bila standar samping lupa diangkat.

5. Yamaha NMax 2016

firli bahuri nmax
Ilustrasi Yamaha NMax 2016. (Mobil123.com)

Bukan cuma Honda, ada Yamaha matic ini juga di rumah Firli. Bisa dibilang, NMax adalah salah satu produk Yamaha yang terlaris di Indonesia.

Motor matic yang satu ini memiliki mesin dengan kapasitas 155cc. NMax juga menggunakan suspensi teleskopik (depan), unit swing (belakang).

Konon kabarnya, NMax keluaran 2016 ini harga jualnya masih cukup oke lho, yaitu masih di kisaran Rp 20 jutaan. 

Itulah lima kendaraan yang ada di garasi Firli Bahuri. Hampir semuanya buatan Jepang, kecuali Kia Sportage saja, dan tidak ada yang buatan Eropa. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.