Jadi Artis India Terkaya di Dunia, Ini 5 Rahasia Sukses Shahrukh Khan

4 menit
Shahrukh Khan (indiaeducationdiary.in)
Shahrukh Khan (indiaeducationdiary.in)

Walaupun bukan pencinta Bollywood, kamu pasti tahu artis India yang satu ini. Shahrukh Khan, artis India terlaris yang telah membintangi ratusan film ini dinobatkan sebagai artis India terkaya  di dunia lho.

Meski begitu, gak banyak yang tahu jika dulu ia pernah mengalami kesulitan finansial. Saat remaja ia bahkan pernah diusir dari rumah kontrakan karena tak punya uang untuk bayar sewa.

Sepeninggal orang tuanya, Shahrukh Khan merawat kakaknya yang mengalami depresi. Ia juga harus mengubur mimpinya menjadi atlet karena pernah mengalami cedera tulang namun tak memiliki cukup biaya untuk berobat.

Lalu, apa yang ia lakukan hingga berhasil menjadi artis India terkaya di dunia? Yuk kita simak ulasannya bersama.

1. Berjuang menjadi aktor ternama

artis india
(Image: Tribunnews)

Untuk menghibur dirinya yang tak bisa menjadi atlet, Shahrukh mengikuti sekolah teater. Tak disangka, dari sinilah ia memiliki modal untuk berkarier di dunia seni peran. Film pertamanya tayang di tahun 1992 berjudul Deewana.

Sebelumnya, ia kerap memerankan peran jahat seperti pada film Darr (1993) atau Baazigar (1993). Namanya makin melambung usai bermain di film Diwale Dulhania le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Mohabbatein (2000), dan masih banyak lagi.

Sebagai aktor, ia bisa mendapatkan penghasilan sekitar US$ 38 juta dolar atau sekitar Rp 500 miliar dalam setahun. Dengan total penghasilan ini, ia pernah masuk ke dalam jajaran aktor dengan bayaran paling tinggi di India versi Forbes.

2. Mendirikan perusahaan Red Chillies Entertainment

artis india
(Image: Ittisa)

Tak hanya menjadi aktor, di tahun 1999, Shahrukh Khan juga mencoba menjadi seorang produser. Bersama artis India, Juhi Chawla dan sutradara Aziz Mirza, ia mendirikan perusahaan produksi bernama Dreamz Unlimited.

Tak berjalan selalu mulus, di tahun 2004, Shahrukh Khan mengubah Dreamz Unlimited menjadi Red Chillies Entertainment dan mengajak istrinya bergabung.

Dalam menjalankan perusahaannya tersebut, artis India satu ini memiliki banyak sekali peran. Tak hanya sebagai produser tapi juga penulis naskah, memonitor pengembangan teknikal, menulis komik digital berdasarkan karakter film, hingga menjadi penyanyi dalam film-film yang digarapnya.

Kini, Red Chillies Entertainment telah menjadi rumah produksi terbesar dan tersukses di India.

3. Investasi di bidang olahraga

artis india
(Image: cricketcountry)

Pada tahun 2008, Shahrukh Khan bermitra bersama Juhi Chawla dalam kepemilikan waralaba dalam turnamen kriket. Dibandingkan sepak bola, kriket memang olahraga yang paling populer di India.

Shahrukh Khan telah memiliki saham mayoritas pada satu tim kriket bernama Kolkata Knight Riders (KKR) XII. KKR pernah menjadi tim terkaya di IPL (Indian Premier League) pada 2009 lalu. Tim ini terus menjadi juara pada tahun-tahun setelahnya.

4. Investasi di waralaba Kidzania India

artis india
(Image: Reviewcocktail)

Shahrukh Khan memperluas bisnisnya pada sektor edutainment melalui waralaba Kidzania. Perusahaan multi nasional berbasis di negara Amerika Latin Meksiko ini tersebar dalam 24 lokasi di dunia. Untuk Kidzania edisi India, Shahrukh Khan memiliki saham sebesar 26 persen.

5. Investasi properti di Inggris dan Dubai

artis india
(Image: UAWStylemagazine)

Impian memiliki rumah sendiri saat kecil membuat Shahrukh Khan terinspirasi untuk berbisnis properti. Ia sempat membangun properti raksasa di beberapa kota Uni Emirat Arab dan India.

Salah satu proyeknya yang paling terkenal berada di Dubai, bernama Shahrukh Khan Boulevard. Selanjutnya, ia menambah portofolio bisnisnya dengan membangun Royal Estate di Dubai Industrial Park.

Menurutnya, rumah adalah kebutuhan primer bagi banyak orang, sehingga dengan harga terjangkau, bisnisnya ini bisa berjalan mulus sesuai harapan. Tak hanya itu, ia juga berinvestasi apartemen di kawasan Park Lane, London dan kota Manchester dengan nilai ratusan miliar rupiah.

Shahrukh Khan mengelola uangnya melalui berbagai jenis investasi yang ia miliki. Oleh karena itu, gak heran jika aset yang ia miliki kian bertambah seiring waktu. Mulai dari koleksi mobil dan rumah mewah, hingga pesawat jet pribadi berharga ratusan miliar rupiah.

Di sisi lain, Shahrukh Khan paling anti meminjam uang. Sebisa mungkin ia menggunakan uang pribadinya dalam sejumlah bisnis yang ia jalani, termasuk pada film-film yang ia produksi.  

Selain itu, Shahrukh Khan tetaplah hidup hemat dan bersahaja. Ia bahkan jarang pergi ke restoran dan membeli baju baru. Baginya, lebih penting menginvestasikan uang yang ia dapatkan daripada dihabiskan untuk keperluan konsumtif.

Jadi itulah rahasia kekayaan Shahrukh Khan. Selain kerja keras dan produktif menjalani passion-nya, Shahrukh Khan juga cerdas berinvestasi. Setelah membaca perjalanan sukses artis India satu ini, kamu  terinspirasi buat segera investasi juga gak?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.