Harga Jam Tangan 7 Orang Terkaya di Dunia Ini Ada yang Cuma Rp 150 Ribu!

4 menit
Miliarder dunia
Bill Gates termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Berstatus sebagai miliarder dunia yang masuk ke daftar orang terkaya di dunia, apakah mereka juga pakai jam tangan mewah? Belum tentu lho, bisa jadi malah kebalikannya!

Jam tangan memang jadi simbol penunjuk status ekonomi seseorang. Meski begitu, bukan berarti jika seseorang berharta banyak memiliki jam tangan yang juga makin mahal.

Beberapa di antara mereka justru memandang aksesori satu ini hanya sebatas penunjuk waktu. Gak salah dong, pakai jam tangan murah tapi hartanya tetap ribuan triliun.

Para miliarder ini masuk ke daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes. Untuk mereka yang namanya gak disebut berarti gak pernah terlihat mengenakan jam tangan di depan publik.

Pengin tahu berapa harga jam tangan para miliarder dunia? Simak ulasan lengkapnya di bawah sini yuk.

1. Michael Bloomberg

Miliarder dunia
Miliarder dunia Michael Bloomberg tak suka memakai jam tangan mewah

Mantan Gubernur New York ini memiliki kekayaan senilai US$ 55,5 miliar atau Rp 781 triliun. Bisnisnya, apalagi kalau bukan media. Tentu kamu tahu dong dengan portal berita atau channel televisi bernama Bloomberg.

Miliuner dunia satu ini memang terkenal dengan kesederhanaannya. Dia gak suka nyeruput kopi mahal, dan kabarnya cuma punya dua pasang sepatu pantofel hitam selama masih kerja sebagai politisi.

Terkait jam tangan, Bloomberg juga gak suka yang mahal-mahal. Dia sering terlihat mengenakan Victorinox Swiss Army yang harganya US$ 130 atau Rp 1,8 juta saja!

Padahal kalau mau beli Richard Mille yang harganya Rp 1 hingga Rp 5 miliar pun bisa dapat banyak ya.

Baca juga: Seharga Rumah, Ini Jam Tangan Mewah Seleb dan Politisi Terkenal Indonesia

2. Larry Ellison

Miliarder dunia
Miliarder dunia Larry Ellison tak suka memakai jam tangan mewah

Pendiri Oracle ini mengantongi kekayaan senilai US$ 62,7 miliar atau setara dengan Rp 882 triliun. Dia juga mendirikan sebuah startup bernama Sensei yang bergerak di bidang kesehatan.

Sebagai seorang yang tajir melintir, Ellison juga terkenal dengan koleksi propertinya yang “wah.” penampilannya pun tergolong parlente, ya mirip-mirip Elon Musk deh.

Soal jam tangan, pria yang gak lulus kuliah ini mengenakan Panerai Luminor Marina yang legendaris. Jam tangan bergaya Angkatan Laut Italia ini dibanderol US$ 6.200 atau Rp 87 jutaan.

Baca juga: Sudah Kaya Sejak Lahir, Intip Gaya Hidup Mewah Putri Miliarder Ini

3. Carlos Slim Helu

Miliarder dunia
Carlos Slim Helu termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Selain merupakan orang terkaya di Meksiko, dia juga merupakan miliarder dunia terkaya urutan lima. Total kekayaannya senilai US$ 64 mililar atau setara dengan Rp 901 triliun.

Grup-grup yang dipimpin Carlos Lim Helu membawahi perusahaan-perusahaan yang bergerak di banyak bidang, mulai dari ritel hingga telekomunikasi. Selain itu, grup ini juga membawahi sejumlah ritel dan restoran.

Terkait jam tangan, pria ini pernah tertangkap kamera mengenakan Rolex Cosmograph Daytona. Jam tangan bernuansa balap ini harganya US$ 25 ribu atau Rp 350 jutaan. Dan sangat cocok dipadukan dengan busana formal maupun kasual.

4. Bernard Arnault

Miliarder dunia
Bernard Arnault termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Wajar saja kalau dia suka jam tangan, wong miliarder dengan total kekayaan US$ 76 miliar atau Rp 1.069 triliun ini adalah pemegang saham dari berbagai produk mewah. Sebut saja seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Pria ini sempat mengenakan Dior Automatic Chiffre Rouge yang harganya mencapai US$ 5.200 atau Rp 73 juta.

Miliarder dunia
Bernard Arnault termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Selain itu, Arnault juga pernah terlihat mengenakan Tag Heuer Connected. Sepertinya, jam tangan itu digunakan saat menghadiri peluncuran produk Tag Heuer. Harga smartwatch mewah itupun ada di kisaran Rp 20 jutaan.

5. Warren Buffett

Miliarder dunia
Warren Buffett salah seorang miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Meski miliarder dunia ini terkenal dengan kesederhanaannya, apakah jam tangannya juga sederhana? Ternyata Buffett justru memilih jam tangan mahal.

Tapi gak apa-apa deh secara dia adalah orang terkaya nomor tiga di dunia. Hartanya pun mencapai US$ 82,5 miliar atau Rp 1.161 triliun.

Jam tangan yang dikenakan Buffett adalah Rolex Day Date President berwarna emas. Harga jam tangan ini mencapai US$ 34.050 atau Rp 479 juta.

6. Bill Gates

Miliarder dunia
Bill Gates termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Meski punya kesamaan dengan Buffett, yaitu senang hidup sederhana, miliarder dunia pendiri Microsoft ini justru memilih jam tangan yang sangat murah.

Bill Gates pernah memakai Casio Quartz Diver 200M WR yang harganya US$ 50 atau Rp 700 ribuan. Jam ini adalah jam tangan gaya diver (penyelam) klasik yang dari jarak 1 meter sekilas mirip-mirip Rolex Submariner. Mesinnya menggunakan baterai.

Miliarder dunia
Bill Gates termasuk miliarder dunia yang tak suka memakai jam tangan mewah

Sementara itu, dia juga pernah mengenakan Casio W214H-1AV  yang harganya US$ 10 atau Rp 144 ribu! Kalau yang ini adalah jam digital yang sekilas mirip Casio G Shock. Tapi, jelas ini bukan G-Shock ya tapi Casio doang alias versi murahnya.

7. Jeff Bezos

Miliarder dunia
Miliarder dunia Jeff Bezos tidak suka memakai jam tangan mewah

Lantas, apa kabar sama orang terkaya sejagat? Apakah dia memilih jam tangan murah seperti Bill Gates dan Michael Bloomberg? Atau malah mahal seperti Buffett?

Pendiri Amazon ini ternyata punya jam tangan mahal yang harganya gak sampai ratusan juta. Jam tangan itu adalah Ulysse Nardin Dual Time.

Harganya US$ 5.500 atau setara dengan Rp 77 juta. Harga segitu tentu lebih murah ketimbang jam tangan Rolex bukan? Tapi jauh lebih mahal ketimbang Victorinox atau Casio. Ya hampir 11:12 sama Panerai.

Desain jam tangan ini juga terbilang sederhana. Bahkan, sama sekali gak terkesan mahal.

Itulah tujuh miliarder terkaya di dunia dan harga jam tangannya. Kalau dipikir-pikir, mereka pakai jam tangan yang harganya “murah” untuk mereka. Gak ada satu pun yang pakai Patek Phillipe atau Richard Mille kayak seleb.

Ya maklum saja, mereka gak perlu nunjukin ke dunia bahwa mereka itu tajir. Media pun sudah mengulas informasi kekayaan mereka yang fantastis. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!