Banner ImageBanner Image

Lebih dari Rp 30 Miliar! Ini 11 Jam Tangan Milik Crazy Rich Sahabat Raffi Ahmad

5 menit

Akun YouTube milik Raffi Ahmad, Rans Entertainment, baru saja mengunggah video review jam tangan Richard Mille dan Patek Philippe, 31 Desember 2018. Harga jam tangan yang diulasnya di atas Rp 1 miliar, dan katanya sih bisa dijadikan investasi. Masa sih?

Dalam video tersebut, suami Nagita Slavina itu terlihat duduk diapit dua crazy rich, Rudy Salim sang CEO Prestige Image Motorcars, dan seorang pria mengenakan kaos hitam berlogo Lamborghini. Raffi menyapa pria itu dengan sebutan Koko Hari.

Jam tangan Richard Mille dan Patek Philippe itu memang bukan milik Raffi, melainkan kepunyaan Rudy Salim.

Ketika mengulas salah satu jam tersebut, Raffi mengatakan, “Kalau jamnya masih diplastik, tandanya si Rudy memang baru beli.”

Rudy juga memasangkan satu jam tangan mewah itu ke pergelangan tangan Raffi. Sontak saja, ayah Rafathar itu mengaku senang banget sudah dikasih jam tangan mewah.

Penasaran dengan jam tangan yang diulas Raffi? Yuk simak kelanjutannya di sini:

1. Jam tangan Richard Mille Red Carbon NTPT (Rafael Nadal)

Jam tangan Richard Mille Red Carbon NTPT (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille Red Carbon NTPT (YouTube Rans Entertainment)

Jam tangan pertama dipamerkan Raffi adalah Richard Mille Red Carbon NTPT yang dibuat khusus untuk petenis kondang dunia, Rafael Nadal. Harganya mencapai Rp 2,7 miliar!

Jam ini adalah jam bermesin otomatis alias tanpa baterai. Jadi, mesin penggeraknya adalah rotor yang akan berputar mengikuti gerakan tangan.

Baca juga:

Senilai Rp 8,1 Triliun, Yacht Mewah Pangeran Arab Ini Termahal di Dunia 

2. Jam tangan Richard Mille RM 3501 (Rafael Nadal)

Jam tangan Richard Mille Rafael Nadal (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille Rafael Nadal (YouTube Rans Entertainment)

Nah, kalau yang ini juga punyanya Rafael Nadal. Namun, jam tangan ini adalah versi manualnya alias yang harus diputar dulu agar jamnya bisa aktif.

Jam manual memang tergolong awet, karena selain bisa dipakai buat olahraga, jam ini juga cocok diwariskan ke anak cucumu kelak.

Harga jam ini lebih murah Rp 200 juta dari versi otomatisnya. Tapi tetap saja mahal ya, Rp 2,5 miliar gitu lho. Setara dengan harga rumah dan mobil mewah.

Baca juga:

Harganya Setara Rumah Mewah di Kemang! Ini 5 Mainan Termahal di Dunia

3. Jam tangan Richard Mille McLaren Edition

Jam tangan Richard Mille McLaren edition (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille McLaren edition (YouTube Rans Entertainment)

Yang ini adalah jam Richard Mille yang diproduksi tahun Agustus 2018, dan merupakan edisi khusus McLaren. McLaren adalah mobil sport mewah yang harganya miliaran rupiah.

Kabarnya, jam tangan seharga Rp 4,7 miliar ini cuma ada 500 unit di dunia! Dan untuk punya jam tangan ini, seseorang harus terlebih dulu membeli McLaren Senna di showroom Prestige Image Motorcars milik Rudy, mereka bisa membeli jam tangan ini.

Baca juga:

Conor McGregor Punya 8 Mobil Mewah, Harganya Miliaran Rupiah

4. Jam tangan Richard Mille 11-03 Jean Todt

Jam tangan Richard Mille Jean Todt (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille Jean Todt (YouTube Rans Entertainment)

Untuk yang berwarna biru ini, ternyata memang jadi favoritnya Raffi. Jam tangan ini merupakan kolaborasi brand Richard Mille dan Jean Todt, seorang pereli legendaris dunia yang saat ini menjadi pimpinan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Richard Mille 11-03 ini dilengkapi dengan chrono, dan bermesin otomatis. Harganya Rp 5,4 miliar, dan asal kamu tahu untuk strap (tali) jam tangan ini harganya saja dibanderol US$ 1.000 atau Rp 14 jutaan. Sementara itu untuk buckle-nya bisa mencapai Rp 28 juta. Gokil kan!

5. Jam tangan Richard Mille 35-01

Jam tangan Richard Mille 3501 (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille 3501 (YouTube Rans Entertainment)

Nah, ini dia jam tangan yang dipasangkan Rudy Salim ke tangan Raffi. Setelah memasangkan jam tangan itu, Rudy langsung bilang ke Raffi, “Welcome to Richard Mille Owners Club Indonesia.” Kayaknya sih beneran dikasih deh ya!

Jam tangan ini mesinnya adalah manual yang harus diputar dulu agar menyala. Casing-nya serat karbon berwarna hitam dan strap-nya berwarna abu-abu, sporty abis! Harganya, Rp 2,5 miliar.

“Kok gue dikasih yang murah, mestinya yang Rp 5 M dong,” kata Raffi sambil bercanda.

Buat Raffi, Rp 2,5 miliar memang gak ada apa-apanya wong koleksi mobilnya saja serem-serem semua.

6. Jam tangan Richard Mille 35-02

Jam tangan Richard Mille 35-02 (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille 35-02 (YouTube Rans Entertainment)

Sementara itu, jam yang satu ini merupakan versi automatic dari RM 35-01. Material jam tangan ini sama persis, dan cuma beda mesinnya saja.

Untuk harganya jelas lebih mahal ya, karena versi 35-02 ini mencapai Rp 3 miliar.

7. Jam tangan Richard Mille RM 55 (Japan Edition)

Jam tangan Richard Mille RM 55 (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille RM 55 (YouTube Rans Entertainment)

Richard Mille yang satu ini adalah edisi khusus Jepang. Desainnya memang unik dan simpel, karena ada dua warna yang menghiasi wajahnya yaitu hitam dan putih.

Harganya ternyata Rp 2,950 miliar. Nyaris Rp 3 miliar.

8. Jam tangan Richard Mille 67-02

Jam tangan Richard Mille 6702 (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille 6702 (YouTube Rans Entertainment)

Raffi mengungkapkan, jam tangan ini juga keren. Dan Rudy pun bilang kalau RM 67-02 adalah salah satu jam tangan Richard Mille edisi terbatas karena cuma diproduksi 35 unit.

Gak usah kaget ya, kalau edisi terbatas pasti harganya luar biasa mahal yaitu Rp 5,4 miliar! Alias sama seperti edisi Jean Todt.

9. Jam tangan Richard Mille 67-02

Jam tangan Richard Mille 67-02 (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Richard Mille 67-02 (YouTube Rans Entertainment)

Sekilas Raffi bilang kalau yang satu ini mirip jam tangan ladies karena ukurannya kecil dan body-nya juga tipis. Tapi, Rudy mengungkapkan kalau jam tangan satu ini adalah unisex, sehingga bisa untuk perempuan atau laki-laki.

Jangan salah, kecil-kecil juga cabe rawit untuk urusan harga. Mau tahu berapa harganya? Rp 2,5 miliar bos!

10. Jam tangan Patek Phillipe

Jam tangan Patek Phillipe (YouTube Rans Entertainment)
Jam tangan Patek Phillipe (YouTube Rans Entertainment)

Berbeda dengan Richard Mille yang terlihat agak futuristik, Patek Phillipe memang terlihat lebih klasik. Raffi pun mengakui itu, dan mengungkapkan kalau ini adalah jam yang sifatnya long lasting, alias gak akan terlihat kuno sampai kapanpun.

Raffi juga gemeteran lho pas megang dua jam mewah itu. Takut jatuh, karena sekalinya rusak harganya miliaran!

Adalah Patek Phillipe 5204 Platinum yang punya kalender di bawahnya. Selain itu ada indikator pagi dan malam juga. Harganya nyaris Rp 3 miliar!

Ada pula Patek Phillipe Aquanaut yang diluncurkan tahun 1997 silam. Jam ini merupakan jam tangan tipe sport yang case-nya berbentuk oktagon yang khas banget. Harganya pun Rp 2,5 miliar.

Itulah jam tangan mewah yang baru saja di-review Raffi Ahmad di akhir tahun 2018 lalu. Kalau ditotal secara keseluruhan, harga dari seluruh Richard Mille itu mencapai Rp 31 miliar. Itu belum sama Patek Phillipe lho ya!

Sebenarnya kenapa sih jam tangan jenis ini bisa disebut investasi?

Rudy mengungkapkan, harga jam tangan itu memang mahal karena mengikuti harga dolar Amerika Serikat. Tapi, ketika dijual harganya bisa naik atau paling gak stabil.

Tapi ingat, jam tangan seperti itu sifatnya gak seperti saham atau investasi lain yang sifatnya likuid. Jam tangan juga gak seperti aset properti yang valuasinya naik terus.

Tertarik investasi jam tangan Richard Mille? Boleh aja kalau punya kemampuannya, tapi kalau gak, pikir-pikir lagi ya! (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan