Seharga Rp 14 Juta per Unit, Ini Fakta Kado Irwan Mussry ke Timnas U-22

3 menit
Timnas U-22 dapat jam tangan Tissot dari Irwan Mussry. (Instagram/@tissot_official)
Timnas U-22 dapat jam tangan Tissot dari Irwan Mussry. (Instagram/@tissot_official)

Belum lama ini, Bos The Time Place Indonesia Irwan Mussry telah memberikan hadiah pada Timnas U-22 Indonesia yang mengharumkan nama bangsa. Hadiah itu harganya Rp 14 jutaan, apalagi kalau bukan jam tangan Tissot.

Yup, Irwan Mussry emang senang bagi-bagi hadiah. Dulu dia pernah kasih hadiah jam buat tim bulu tangkis Indonesia. Belum lama ini juga dia kasih jam tangan Chopard seharga Rp 1,3 miliar buat sang istri tercinta, Maia Estianty.

Gak heran sih. Sebab, suami Maia ini adalah juragan jam tangan mewah. Beberapa gerai jam tangan yang ada di bawah perusahaannya antara lain adalah, Rolex by The Time Place, @Time, Breitling, Cartier, Chopard, INTime, TAG Heuer, dan The Time Place. Termasuk Tissot juga lho.

Nah arloji mewah yang dihadiahkan ke Timnas U-22 adalah jam tangan Tissot T-Touch Expert Solar T091.420.47.057.00.

Kenapa ya arloji itu jadi mahal? Perasaan dari penampakannya kelihatan kayak jam tangan sport pada umumnya. Yuk simak fakta-faktanya di bawah sini.

Baca juga: Koleksi Jam Tangan Mewah Reino Barack Rp 7,8 Miliar, Tapi Masih Kalah dari Syahrini

1. Buatan Swiss dan bermesin baterai

jam tangan tissot
Memiliki mesin bertenaga baterai. (Instagram/@tissot_official)

Jam tangan Tissot merupakan sebuah jam tangan yang dirilis untuk orang dengan status ekonomi menengah ke atas. Tapi dari segi fitur, jam tangan ini biasa-biasa saja.

Mesinnya menggunakan baterai alias Quartz namun dilengkapi fitur solar tactile. Itu artinya, selain menggunakan baterai, jam tangan ini juga bisa memanfaatkan energi matahari. Mirip-mirip Casio G-Shock sebetulnya.

Berhubung mesinnya adalah baterai, maka jam tangan Tissot yang satu ini bisa digunakan untuk aktivitas ekstrim sekalipun.

Baca juga: Ini 8 Orang Kaya Indonesia yang Punya Jam Tangan Mewah Seharga Miliaran Rupiah

2. Kacanya gak mungkin lecet tapi tetap bisa retak

jam tangan tissot
Kacanya gak mungkin lecet. (Instagram/@tissot_official)

Kok bisa ya kaca jam tangan Tissot ini gak lecet? Emang ada anti-goresnya?

Salah besar kalau kamu berpikir ada fitur seperti itu. Jam tangan ini menggunakan kaca yang terbuat dari kristal safir.

Selain anti-lecet, sifat dari kristal ini juga anti-refleksi. Itulah yang membuat Tissot T-Touch ini jadi awet dan selalu terlihat rapih meski bertahun-tahun. Berbeda dengan mineral glass yang mudah menimbulkan goresan halus di permukaannya.

Akan tetapi, kekurangan dari kaca safir adalah mudah pecah jika terbentur. Sementara itu, mineral memang lebih kuat dari benturan.

Salah satu jam tangan yang masih menggunakan mineral glass adalah Daniel Wellington. Pasti tahu dong sama merek jam tangan itu.

Baca juga: Ada yang Hampir Rp 10 Miliar, Ini Koleksi Jam Tangan Mewah Rafi Ahmad

3. Strap silikon

jam tangan tissot
Strap silikon. (Instagram/@tissot_official)

Bicara soal strap atau tali jam tangan, Tissot T-Touch ini menggunakan strap berbahan karet silikon. Jelas banget, dengan strap ini maka penampilan Tissot T-Touch jadi makin sporty.

Jenis strap ini juga anti-bau dan tentunya anti-air, serta praktis digunakan. Hanya saja, penampakannya jadi gak terlihat formal. Beberapa kritikus fashion bahkan melarang seseorang menggunakan jam tangan berstrap silikon jika mengenakan pakaian resmi.

Namun selain anti-bau dan anti-air, strap ini tersedia dalam berbagai jenis warna lho.

Untuk varian jam tangan Tissot T-Touch milik Timnas, warnanya ada yang hitam dan merah. Tentunya bakal terlihat ngejreng kalau merah.

4. Fitur lumayan lengkap

jam tangan tissot
Altimeter, salah satu fitur yang dimiliki. (Instagram/@tissot_official)

Gimana dengan fiturnya? Jam yang casenya terbuat dari titanium ini dilengkapi fitur anti-magnetik. Lumayan oke ya pastinya, ya wajar saja ini adalah jam sport.

Fitur lainnya adalah altimeter, altitude difference meter, compass, regatta, countdown timer, chrono split and lap (logbook), 2 alarms, backlight, second time zone, perpetual calendar with day dan week indicator, serta accumulator charge indicator. Wuih lumayan banyak ya.

Itulah serba-serbi jam tangan Tissot T-Touch yang diberikan Irwan Mussry ke Timnas U-22. Kira-kira tertarik gak nih buat punya jam seperti mereka? Asal ada duitnya ya gak papa beli jam ini. Tapi kalau ada kebutuhan lain yang lebih prioritas, ya belinya nanti-nanti aja. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!