Jangan Pernah Cek Email Kerja di Waktu-Waktu Ini! Begini Alasannya!

3 menit
Jangan Cek Email Kerja di Waktu yang Salah Ini (Pexels).

Email sudah menjadi bagian penting bagi pekerja masa kini. Ditambah lagi karena teknologi semakin berkembang pesat, cek email sudah bisa lewat smartphone. Meski sangat menguntungkan, nyatanya alat komunikasi dua arah tersebut memiliki sisi negatif lho.

Seperti saat kamu terus menerus mengecek email masuk. Meski sekedar melihat email pekerjaan yang masuk nyatanya itu merugikan diri sendiri lho. Kok bisa sih? Bisa aja, karena menurut pakar kesehatan terlalu sering membuka email bisa mengganggu produktivitas dan kesehatan.

Business Insider juga pernah menjelaskan bahwa mengecek email ketika liburan bisa menambah stres. Kamu malah kepikiran terus dengan isi pesan tersebut tanpa bisa benar-benar menikmati waktumu di luar kantor.

Menurut Fast Company, ada saat-saat terlarang dimana kamu jangan membuka email kantor. Misalnya saja saat baru sampai kamu sudah langsung membukanya, itu disinyalir akan mengganggu pekerjaan selama satu harian penuh.

Sebetulnya kapan sih waktu-waktu terlarang tersebut, dan apa alasannya? kita simak yuk.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Ketika baru sampai kantor

Cek email
Jangan buka email ketika baru sampai di kantor (Pexels)

Menurut pakar karier, mengecek email kerja pada pagi hari justru salah. Itu dianggap sebagai kegiatan paling buruk untuk dilakukan para pekerja di pagi hari. Pasalnya, kegiatan satu harian kamu bakal hancur hanya karena hal sepele tadi.

Membuka email di pagi hari bukannya malah membuat pekerjaan cepat selesai, tetapi produktivitas pagi hari malah mubazir akibat sibuk mengeceknya. Gak mau kan satu hari berharga yang bisa kamu lakukan untuk mengerjakan banyak hal, malah runyam hanya karena pekerjaan sepele.

2. Saat sedang luang

Cek email
Jangan buka email kantor saat sedang istirahat (Pexels).

Saat kamu sedang gak melakukan apapun disarankan jangan membuka email. Lho kenapa sih? Kan sedang gak sibuk. Justru itu, membuka email pekerjaan di saat luang malah akan membuatmu menunda mengerjakan pekerjaan lainnya.

Jangan sampai mendadak sibuk hanya karena email kantor ya. Jangan buat email sebagai alasan saat ada pekerjaan sungguhan yang tidak dikerjakan, padahal kerjaan itu yang perlu diselesaikan.

Baca juga: Gak Pengin Mengalami Burn Out dalam Bekerja? Begini Caranya Menyeimbangkan Hidup dan Berkarier

3. Sesaat sebelum tidur

Cek email
Buka email sebelum tidur tidak dibolehkan (Pexels)

Nah ini juga jangan kamu lakukan. Mengecek email sesaat sebelum tidur hanya akan membuat kamu kehilangan waktu untuk istirahat. Efek buruk kamu akan insomnia sepanjang malam, bahkan bisa berhari-hari.

Gak mau kan kehilangan waktu istirahat yang berharga hanya karena email kantor yang kadang bisa ditunda. Belum lagi cahaya biru yang berasal dari peralatan juga turut mengganggu kualitas tidur seseorang.

Parahnya nih, mengecek email tepat sebelum tidur akan membuat kamu bermimpi tentang pekerjaan. Membuat pagimu menjadi tidak segar dan malas bekerja selama satu harian full.

4. Saat sedang bersama keluarga

Cek email
Kumpul keluarga (Pexels).

Cek email saat sedang bersama keluarga juga sangat tidak dianjurkan. Gunakan waktu berhargamu itu untuk keluarga, bukan melakukan pekerjaan terus-menerus. Selama ini, waktu dengan keluarga sudah kamu pangkas demi bekerja, jadi jangan gabungkan keduanya di waktu bersamaan.

Pisahkan waktu antara bekerja dan pribadi. Jadilah pekerja yang cerdas dan bisa mengelola waktu dengan baik. Mengecek email ketika bersama orang-orang tersayang membuat mereka merasa terabaikan. Padahal selama ini mereka yang selalu ada di sisimu setiap kali kamu kesusahan.

Sibuk mengecek email di saat bersama orang tersayang hanya akan membawa penyesalan. Pasalnya, waktu yang terbuang tak akan bisa kembali.

Nah itu tadi mengapa cek email di waktu-waktu tersebut menjadi sangat terlarang. Mulai dari sekarang, pisahkan mana waktu untuk bekerja, dan waktu untuk diri sendiri atau keluarga. Jangan sampai keduanya campur aduk dan membuatmu kehilangan banyak hal. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan