Resmi Sandang Status Miliuner, Ini Sumber Duit Jay-Z yang Jarang Diketahui

4 menit
Jay-Z Masuk ke Jajaran Miliuner, Ini Sumber Duitnya
Jay-Z Masuk ke Jajaran Miliuner, Ini Sumber Duitnya (Instagram).

Siapa yang gak kenal sama rapper Jay-Z. Pria yang dulu hidup susah sampai pernah jadi gembong narkoba ini, sekarang telah menyandang gelar miliuner.

Forbes menyebutkan bahwa total kekayaan Jay-Z saat ini sudah menyentuh angka US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliunan. Itulah yang akhirnya membuat suami dari Beyonce ini dipandang sebagai entrepreneur yang sukses, bukan cuma seorang musisi.

Setelah sukses di dunia musik, pria yang lahir dengan nama Shawn Corey Cartier ini membangun kerajaan bisnisnya. Dia mendirikan label musik Roc-a-Fella dan beberapa bisnis lainnya.

Penasaran dengan sumber duit sang rapper miliuner ini selain dari musik? Yuk cari tahu di bawah sini.

1. Saham di perusahaan miras

Jay-Z
Saham di perusahaan miras (Instagram).

Usut punya usut, Jay-Z menguasai mayoritas saham di salah satu perusahaan produsen minuman keras jenis champaigne, Armand de Brignac. Kabarnya, saham Armand de Brignac yang dimilikinya setara dengan US$ 310 juta atau Rp 4,4 triliun.

Satu botol Armand de Brignac yang berlogo sekop ini harganya mencapai US$ 300 atau Rp 4,2 jutaan. Kalau laris ya sudah pasti harga sahamnya naik, dividennya pun menggiurkan.

Asal kamu tahu, gak cuma dia lho yang suka berinvestasi di sektor miras. Beberapa seleb lain di Amerika Serikat juga melakukan hal yang sama.

2. Saham di Uber

Jay-Z
Saham di Uber (Instagram).

Selain di minuman keras, Jay-Z juga memiliki saham senilai US$ 70 juta atau Rp 997 miliar. Pintar juga ya strategi investasinya.

Uber memang belum lama ini melakukan IPO. Dan Jay-Z sudah melakukan pembelian saham Uber senilai US$ 2 juta pada tahun 2013 lalu.

Saat pembelian saham itu berlangsung, pendiri Uber Travis Kalanick masih menguasai US$ 5 juta.

3. Saham di D’Ussé

Jay-Z
Saham di D’Ussé (Instagram)

Masih di sektor minuman keras, selain champagne ternyata dia juga berinvestasi di D’Ussé. Minuman ini adalah jenis cognac atau brandy yang diproduksi di Prancis.

Lewat D’Ussé, dia pun melakukan kerja sama berbentuk joint venture dengan Bacardi. Kabarnya dari minuman ini, Jay-Z berhasil meraup untung US$ 100 juta atau Rp 1,4 miliaran.

4. Saham di Tidal

Jay-Z
Saham di Tidal (Instagram).

Tahu apa itu Tidal? Tidal merupakan sebuah layanan streaming musik layaknya Spotify atau Joox. Namun aplikasi ini berasal dari salah satu Negara Skandinavia.

Pada awalnya, Jay-Z membeli perusahaan ini di harga US$ 60 juta sebelum akhirnya di relaunching. Saat ini valuasinya US$ 100 juta atau Rp 1,4 miliaran.

Beberapa investor dari Tidal ternyata adalah musisi-musisi top di Amerika Serikat. Sebut saja seperti istrinya yaitu Beyonce, Kanye West, hingga Calvin Harris.

5. Roc Nation

Jay-Z
Jay Z membuka Roc Nation (Instagram).

Di tahun 2008, Jay-Z telah mendirikan Roc Nation, sebuah perusahaan hiburan yang berbasis di New York, London, Nashville, Austin, hingga L.A. Gak cuma musik, Roc Nation juga bergerak di berbagai bidang, sebut saja seperti perfilman hingga olahraga.

Mereka juga sempat menjadi promotor tinju lho dan menggandeng Sony Music. Kabarnya, keuntungan yang diraup Jay-Z di sini mencapai US$ 75 juta atau Rp 1 miliaran.

6. Barang-barang seni

Jay-Z
Mengoleksi barang seni (Instagram).

Sama seperti Pangeran Arab, atau milluner-miliuner lainnya. Rapper ini juga hobi mengoleksi barang-barang seni karya seniman kelas dunia.

Sebut saja, dia memiliki lukisan berjudul “Mecca” karya Jean-Michel Basquiat.

Total koleksinya dikabarkan mencapai US$ 70 juta atau setara dengan Rp 997 miliar.

7. Real estate

Jay-Z
Jay Z juga memiliki bisnis real estate (Instagram).

Di tahun 2017, Jay-Z dan istrinya telah membeli dua buah rumah mewah. Pertama adalah rumah di East Hampton yang harganya US$ 26 juta atau Rp 370 miliar, lalu yang kedua adalah Bel Air Estate senilai US$ 88 juta atau Rp 1,2 triliun.

Selain dua rumah itu, pasangan tajir ini juga pernah membeli Tribeca Penthouse di tahun 2004 yang harganya masih US$ 6 jutaan.

Gila deh, pantesan saja asetnya kini mencapai Rp 14 triliunan.

Itulah beberapa fakta soal sumber penghasilan sang rapper berkulit hitam ini, selain dari musik. Bayangin saja, di luar musik sudah sebesar itu apalagi kalau ditambah royalti dan penghasilan manggung.

Padahal kalau dipikir-pikir, dulu dia hidup serba terbatas lho. Ayahnya, Adnes Reeves, meninggalkan keluarganya saat dia berusia 11 tahun. Dia pun hidup bersama ibunya hingga di tahun 1989, Jay-Z mengenal musik rap. Tanpa disadari, musik itulah yang akhirnya mengantarkannya jadi sukses seperti sekarang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!