Capai 1 Kilometer dan Senilai Rp 19 T! Ini Fakta Jeddah Tower Gedung Tertinggi di Dunia

4 menit
Jeddah Tower
Capai 1 Kilometer dan Senilai Rp 19 T! Ini Fakta Jeddah Tower Gedung Tertinggi di Dunia, (Instagram/@the_jeddah_times).

Selama ini mungkin kita mengetahui Burj Khalifa di kota Dubai, Uni Emirat Arab menjadi gedung yang tertinggi di dunia. Namun fakta tersebut sepertinya bakal berubah karena Jeddah Tower bakal menggeser posisinya pada tahun 2021 nanti.

Sepertinya ambisi manusia untuk menciptakan sesuatu yang baru dan hebat setiap tahunnya. Setelah sebelumnya Elon Musk pendiri Tesla pengin mengirimkan mobil buatannya ke luar angkasa terwujud pada tahun 2018, kini ada Al-Waleed bin Talal yang berambisi membangun gedung tertinggi di dunia.

Nah daripada dibuat penasaran mending kita simak langsung aja nih  fakta tentang gedung tertinggi Jeddah Tower, melansir dari CNN

Baca juga: 16 Bangunan yang Jadi Gedung Tertinggi di Dunia Saat Ini, Berapa Modal Bangunnya?

Pencetus Jeddah Tower adalah Al-Waleed bin Talal

Jeddah Tower
Pencetus Jeddah Tower adalah Al-Waleed bin Talal, (lobelog.com).

Salah satu orang yang memiliki ide gila membangun gedung tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa adalah Al-Waleed bin Talal. Ia merupakan seorang investor, pebisnis sekaligus salah satu anggota keluarga besar Kerajaan Arab.

Salah satu sumber duit yang dimiliki oleh Al-Waleed bin Talal berasal dari kepemilikan mayoritas di perusahaan Kingdom Holding Company. Perusahaan ini sendiri bergerak di bidang pendanaan investasi dan konglomerat.

Beberapa perusahaan yang sempat disuntikkan dana oleh Kingdom Holding Company adalah Lyft, Four Seasons Hotel and Resorts Canada dan Hotel George V.

Total Harta kekayaan Al-Waleed bin Talal diperkirakan mencapai US$ 18,7 miliar atau setara Rp 264 triliunan.

Baca juga: Fakta Perusahaan yang Gandeng Habibie buat Bangun Gedung Tertinggi di RI

Jeddah Tower merupakan gedung pertama di dunia yang menyentuh tinggi 1 kilometer

Jeddah Tower
Ini lho deretan gedung tertinggi di dunia, (saudiexpatriate.com).

Hal istimewa yang membuat gedung ini belakangan banyak dibicarakan oleh warga dunia adalah tingginya yang mencapai 1 kilometer secara vertikal. Gedung ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di dunia bila proses konstruksinya udah selesai pada tahun 2021 atau 2022 nanti.

Gedung ini bisa mengalahkan Burj Khalifa yang hanya mampu berdiri setinggi 828 meter ke atas langit Dubai.

Luas bangunannya sendiri bakal mencapai 5,3 juta meter persegi yang terbagi atas beberapa penggunaan seperti rumah, perkantoran, hotel serta tempat wisata. Fungsi gedung ini juga beragam dan tentunya bisa menarik perhatian turis mancanegara.

Lalu kira-kira berapa selisih biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak pendiri untuk membuat kedua gedung tersebut?

Baca juga: Jadi Tempat Paling Aman di AS, Ini 5 Fakta Gedung One World Trade Center Seharga Rp 54 T!

Biaya pembangunan Jeddah Tower mencapai Rp 19 triliun

Jeddah Tower
Biaya pembangunannya mencapai Rp 19 triliun, (vid.alarabiya.net).

Untuk melakukan konstruksi gedung setinggi itu tentunya butuh biaya yang gak sedikit. Pihak kontraktor paling gak memerlukan uang sebanyak US$ 1,4 miliar atau setara Rp 19 triliun.

Uniknya biaya sebanyak itu masih kalah jika dibandingkan dengan biaya pembuatan Burj Khalifa sebesar US$ 1,5 miliar atau sebesar Rp 21 triliunan.

Yang perlu dicatat adalah proses pembangunannya masih berjalan sehingga masih ada kemungkinan biaya pembangunan membengkak seiring berjalannya waktu.

Bangunan ini di desain oleh arsitek kondang dunia bernama Adrian Smith

Jeddah Tower
Adrian Smith didapuk sebagai arsitektur Jeddah Tower ini, (i0.wp.com).

Sayang rasanya kalau udah bikin bangunan mahal-mahal dan tinggi tetapi gak memiliki nilai seni yang kuat di desain gedungnya. Oleh karena itu pemilik modal mempercayakan arsitek kenamaan dunia bernama Adrian Smith yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat.

Selain Jeddah Tower, Adrian Smith juga pernah mendesain gedung terkenal lainnya seperti, Trump Tower International Hotel and Tower di Amerika Serikat, Jin Mao Tower di China dan tentunya Burj Khalifa di Dubai.

Jadi pantas aja ia dipilih kembali menjadi arsitek gedung tertinggi di dunia tersebut ya!

Membutuhkan waktu pembangunan mencapai 9 tahunan

jeddah Tower
Waktu pembangunan gedung ini menghabiskan selama 9 tahunan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak hanya pengorbanan uang yang banyak untuk membangun gedung satu ini. Proses pembangunan gedung ini juga terbilang lama untuk menyelesaikannya.

Jeddah Tower sendiri pertama dibangun pada tahun 2013 yang lalu dan diproyeksikan selesai paling lama di 2022. Namun jika bisa selesai lebih cepat gedung ini bisa selesai pada tahun 2021.

Maklum aja karena terdapat sedikitnya 252 lantai yang harus diselesaikan oleh pihak kontraktor di mana 167 diantaranya bisa digunakan untuk tempat tinggal. Ada juga sebuah helipad di lantai 157 yang bisa digunakan oleh tamu penting.

Nah itulah sedikit fakta menarik mengenai Jeddah Tower yang bakal menjadi gedung tertinggi di dunia. Kalau kamu pengin mengunjungi tempat ini ada baiknya untuk menabung dari sekarang ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1