Senilai Rp 33 T! Jeff Bezos Lepas Saham Amazon buat Proyek Luar Angkasa

2 menit
jeff bezos
Senilai Rp 33 T! Jeff Bezos Lepas Saham Amazon buat Proyek Luar Angkasa, (Instagram/@jeffbezos).

Membahas berita tentang orang terkaya sejagat, Jeff Bezos sepertinya gak ada habis-habisnya. Mulai dari urusan bisnis sampai urusan pribadinya semua gak luput dari inceran media. Baru-baru ini ia menjual saham Amazon senilai Rp 33 triliun lho. 

Terakhir adalah tentang berita perceraiannya dengan Mackenzie yang digadang-gadang sebagai perceraian termahal di dunia. Karena perceraian itu, Jeff harus menyerahkan harta gono gini yaitu 4 persen saham Amazon yang senilai Rp 526 miliaran ke mantan istrinya tersebut. 

Ketiban rejeki nomplok, Mackenzie kemudian berangsur-angsur menjadi wanita terkaya ketiga di dunia. Sementara Jeff tetap menjadi manusia terkaya di dunia, meskipun hartanya berkurang banyak. 

Nah baru-baru ini, ia kembali menarik perhatian khalayak. Karena dalam waktu satu minggu secara mengejutkan telah menjual saham Amazon dalam jumlah yang fantastis. 

Dikutip dari Forbes, pada tanggal 1 dan 2 Agustus lalu, ia menjual saham Amazon sebesar US$ 1.4 miliar juta atau Rp 19 triliunan. Tapi kemudian ia menjual lagi sebesar US$ 990 juta atau Rp 14 triliunan. Jadi kalau ditotal jumlah saham yang ia lepas sebesar Rp 33 triliunan. 

Total ada 530.000 lembar saham yang dijual Jeff Bezos selama sepekan. Harga per lembarnya bernilai sekitar US$ 1.900 atau Rp 27 jutaan.

Baca juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2018, Hartanya Sampai Ratusan Triliun!

Untuk mendanai proyek Blue Origin?

jeff bezos
Blue Origin salah satu proyek milik orang terkaya sejagat, (Instagram/@jeffbezos).

Selain Amazon, Jeff Bezos juga diketahui memiliki perusahaan Blue Origin. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa travel ke luar angkasa. 

Bisnis yang dibangun demi memuaskan hasratnya buat bepergian ke luar angkasa secara komersil. Harapannya semua orang bisa merasakan menjadi astronot buat melihat bumi secara utuh dari luar angkasa. 

Proyeknya ini bukan proyek iseng-iseng belaka. Ia harus rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merealisasikan mimpinya itu. 

Pada tahun 2017 silam, ia bahkan pernah berkelakar kalau mau menjual US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun saham Amazon per tahunnya buat mendanai Blue Origin. Dan penggalangan dana itu akan ia lakukan setiap tahunnya hingga proyek tersebut benar-benar bisa dinikmati orang banyak. 

Mengingat perkataannya Jeff Bezos tahun 2017 itu, maka gak heran kalau banyak yang mengaitkan aksi jual saham baru-baru ini untuk mendanai proyek roket luar angkasanya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.