Serba-serbi Perceraian Termahal Jeff Bezos Bikin MacKenzie Jadi Wanita Terkaya

3 menit
Jeff Bezos
Serba-serbi Perceraian Termahal Jeff Bezos Bikin MacKenzie Jadi Wanita Terkaya, (Instagram/@mackenziebez).

Jeff Bezos dan MacKenzie telah bercerai secara resmi. Perceraian pasangan terkaya ini menjadi yang termahal di dunia.

Jeff dan MacKenzie telah bersama-sama selama 25 tahun. Mereka menikah pada tahun 1993. Saat itu, keduanya tengah bekerja di sebuah perusahaan manajemen investasi yang sama.

Jeff kala itu sudah memiliki jabatan tinggi, sementara MacKenzie hanya karyawan yang baru masuk. Pesonanya berhasil memikat bos Amazon itu.

Di saat karier Jeff di perusahaan tersebut sudah mencapai puncaknya, ia justru memutuskan untuk resign dan mendirikan perusahaan sendiri. MacKenzie pun mendukung keputusan sang suami dan akhirnya mereka berdua menciptakan Amazon di garasi rumah.

Dari situlah awal mula lahirnya perusahaan raksasa sekaligus momentum cikal-bakal orang terkaya sejagad saat ini.

Tapi, kini keduanya telah memutuskan bercerai setelah membangun segalanya dari awal. Lantas apa yang terjadi? Apakah Jeff Bezos akan kehiilangan hartanya? Dan turun dari pemuncak orang terkaya di dunia? Atau justru sang istri merangkak naik menjadi wanita terkaya di dunia?

Baca juga: Zaman Panjat Sosial, Ini 5 Cara Bedain Orang Kaya Beneran Sama yang Ngaku-ngaku Kaya

Perceraian Jeff Bezos dan MacKenzie memecahkan rekor sebagai perceraian termahal di dunia

Jeff Bezos
MacKenzie dan Jeff Bezos resmi bercerai, (Instagram/@mackenziebez).

Perceraian termahal di dunia selama ini dipegang oleh Alec Wildenstein dan Jocelyn Wildenstein pada tahun 1999. Alec Wildenstein merupakan pengusaha sukses asal Amerika.

Tapi sayang pernikahannya dengan seorang wanita berusia 21 tahun, Jocelyn gak berjalan langgeng. Namanya perceraian harta yang diraih harus dibagi dengan adil. Dikutip dari Liputan6, kala itu, Alec harus memberikan hartanya ke mantan istri sebesar US$ 3,8 miliar atau Rp 53 triliunan. Selama bertahun-tahun, perceraian ini menjadi yang termahal di dunia.

Tapi kini, mereka menjadi nomor 2, karena nomor pertama ditempati oleh Jeff Bezos dan MacKenzie. Perceraian orang terkaya di dunia ini harus menguras total uang yang fantastis. Kesepakatan cerai menuliskan bahwa MacKenzie berhak mendapatkan 25 persen kekayaan Jeff yaitu sekitar RP 495 triliunan.

Baca juga: Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Ini Fakta Natalia Fileva Wanita Terkaya di Rusia

MacKenzie dapat jatah 4 persen saham Amazon

Jeff Bezos
MacKenzie resmi bercerai dari Jeff Bezos menjadi perempuan terkaya ketiga di dunia, (Instagram/@mackenziebez).

Dikutip dari CNBC, pembagian kekayaan gak cuma melibatkan harta pribadi Jeff Bezos, tetapi juga saham perusahaan. MacKenzie, disebut-sebut menerima 4 persen saham dari Amazon yaitu senilai US$ 35,6 miliar atau Rp 503 triliunan.

Tapi, baiknya si MacKenzie, dia menyerahkan seluruh kepemilikan sahamnya di Washington Post, dan Blue Origin kepada mantan suaminya.

Baca juga: Keren! Wanita Terkaya di ASEAN Ini Beli 50 Airbus Seharga Rp 94 Miliar

MacKenzie jadi wanita terkaya nomor 3 di dunia

Jeff Bezos
MacKenzie menjadi wanita terkaya ketiga di dunia, (Instagram/@mackenziebez).

Perceraian termahal ini membuat MacKenzie makin bergelimang harta. Berkat 25 persen kekayaan Jeff Bezos, dan kepemilikan 4 persen saham Amazon, MacKenzie kini merangsek ke deretan wanita terkaya di dunia.

Dilihat di situs Forbes, kini MacKenzie menjadi wanita terkaya nomor tiga di dunia. Ia berada satu peringkat di bawah pewaris L’Oreal Francoise Bettencourt Meyers, dan dua level di bawah Alice Walton pewaris Walmart.

Jeff Bezos masih terkaya sejagat?

Jeff Bezos
Perceraian keduanya menjadi proses perceraian termahal di dunia, (Instagram/@mackenziebez).

Sebelum bercerai, Jeff Bezos memang sudah bertahun-tahun menduduki posisi puncak orang terkaya di dunia. Hartanya mencapai ribuan triliun rupiah itu terus bertambah setiap detiknya. Nah, ketika perceraian ini terjadi, ternyata Jeff Bezos juga masih menjadi orang terkaya di dunia.  

Dikutip dari Detik, kekayaan Jeff Bezos kini diestimasi sekitar US$ 107,4 miliar. Jumlah tersebut ternyata masih berada di atas kekayaan bos Microsoft, Bill Gates yang memiliki US$ 96,5 miliar. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.