KPK dan 6 Institusi Ini Dipimpin Jenderal Polisi, Berapa Kekayaan Mereka?

3 menit
Budi Gunawan, Salah Satu Jenderal Polisi yang Pernah Pimpin Instansi Pemerintahan (TEMPO).
Budi Gunawan, Salah Satu Jenderal Polisi yang Pernah Pimpin Instansi Pemerintahan (TEMPO).

Belum lama ini, Irjen Pol Firli Bahuri terpilih untuk memimpin Pemberantasan Korupsi alias KPK. Kalau diperhatikan, gak cuma Komisi KPK doang kok yang dipimpin oleh Jenderal Polisi, masih banyak juga instansi yang dikepalai oleh seorang Jenderal Polisi yang sudah pensiun atau aktif.

Siapa saja mereka, bagaimana perjalanan karier mereka, dan berapa kekayaan yang mereka kantongi saat ini? Gimana kalau kita simak saja ulasannya di bawah sini.

1. Jenderal Pol. (Purn.) Budi Gunawan

Jenderal Polisi
Jenderal Pol. (Purn.) Budi Gunawan (Wikipedia).

Jenderal Polisi yang satu ini sempat menjadi ajudan dari Presiden RI tahun 2000-2004, siapa lagi kalau bukan Megawati Soekarnoputri. 

Budi Gunawan juga tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen), dan menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Mabes Polri. Saat naik pangkat bintang dua (Irjen), Budi  mengemban jabatan Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum).

Pada September 2016, Presiden Joko Widodo mengangkat Budi Gunawan diangkat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. Budi yang saat itu sudah berpangkat Komjen (bintang tiga), dinaikkan jadi Jenderal bintang empat. Dan saat ini, Budi telah resmi pensiun dari dinasnya.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Budi Gunawan mengantongi total kekayaan senilai Rp 10 miliar.

2. Irjen Pol. (Purn.) Ronny Franky Sompie

Jenderal Polisi
Irjen Pol. (Purn.) Ronny Franky Sompie (Tempo).

Irjen Polisi Purnawirawan Ronny Franky Sompie kini mengemban jabatan sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Jabatan itu sudah dia emban sejak tahun 2015 lalu.

Pria asal Manado ini, sejatinya pernah Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol. Benny Mokalu dan Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

Setelah beralih menjadi PNS, Ronny secara resmi pensiun dari dinas kepolisiannya. 

Sayangnya, gak ada informasi lebih lanjut di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara soal kekayaan Ronny. Bisa jadi Ronny memang belum melaporkannya. 

3. Komjen Pol. (Purn.) Budi Waseso

Jenderal Polisi
Komjen Pol. (Purn.) Budi Waseso (Wikipedia)

Badan Urusan Logistik alias Bulog juga dipimpin oleh pensiunan Jenderal Polisi lho, dia adalah Komjen Pol. (Purn.) Budi Waseso.

Mantan petinggi Polri yang satu ini sempat mengepalai Badan Narkotika Nasional alias BNN. Dan sebelumnya, Budi juga sempat memimpin Kabareskrim.

Kekayaan Budi juga gak pernah terkuak ke publik dan sempat simpang siur. Di tahun 2015, dia memang sempat ingin melaporkannya, namun mengalami kesulitan karena dirinya mengoleksi banyak mobil jip lawas dan senjata tua.

4. Komjen Pol. (Purn.) Syarifuddin

Jenderal Polisi
Komjen Pol. (Purn.) Syarifuddin (Twitter).

Pria asal Makassar ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB). 

Sebelumnya, Jenderal Polisi ini menduduki beberapa posisi penting. Salah satunya adalah menjadi ajudan Wakil Presiden, Wakapolda Sumut, Kapolda Kalsel, hingga Wakapolri. 

Informasi soal kekayan Syarifuddin juga gak pernah muncul di publik. Di LHKPN pun masih belum bisa terlacak.

5. Komjen Pol. Heru Winarko

Pria ini memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang reserse. Selain itu, Heru juga sempat menjadi Deputi Penindakan KPK 2015.

Sampai saat ini, Heru juga belum dinyatakan pensiun dari dinas kepolisian. Menurut LHKPN, total kekayaan bersih Heru Winarko mencapai Rp 4,5 miliar. 

6. Komjen Pol. Suhardi Alius

Jenderal Polisi
Komjen Pol. Suhardi Alius (Wikipedia)

Mantan Kabareskrim ini, ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2016, setelah Tito Karnavian dipromosi menjadi Kapolri.

Pria yang sempat menjabat sebagai Kabareskrim ini, ternyata pernah menjadi Kapolda Jawa Barat. Total harta kekayaannya saat ini mencapai Rp 6,4 miliar berdasarkan LHKPN tahun 2016.

Itulah deretan Jenderal Polisi yang kini memimpin beberapa instansi. Ternyata gak sedikit juga ya, dan beberapa di antaranya mengantongi kekayaan yang mencapai miliaran Rupiah. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.