5 Jenis Asuransi yang Mesti Dimiliki Milenial Berdasarkan Urutan Kebutuhan Menurut Pakar

4 menit
5 Jenis Asuransi yang Mesti Dimiliki Milenial Berdasarkan Urutan Kebutuhan Menurut Pakar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kini udah tersedia banyak sekali jenis asuransi yang dapat membantu kamu meraih kehidupan yang nyaman sentosa. Buat milenial ada nih jenis-jenis asuransi yang pas buat mereka berdasarkan kebutuhannya.

Sayangnya, gak sedikit orang yang menganggap kalau asuransi itu gak penting, khususnya para milenial. Padahal asuransi itu sangat penting lho buat hidup kamu, termasuk melindungi keuanganmu dari risiko-risiko yang gak terduga.

Coba dibayangkan, saat kamu gak memiliki asuransi dan tiba-tiba terkena penyakit dan mengharuskanmu dirawat di rumah sakit dan menjalani operasi.

Berapa pundi-pundi uang yang kamu keluarkan? Jutaan atau bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Kalau kayak gitu yang ada keuanganmu jadi berantakan kan?

Karena itu, asuransi berperan buat membantu agar kamu jangan sampai harus mengeluarkan uang besar buat menanggung risiko tersebut. Pasalnya, pihak asuransi lah yang akan mengganti kerugian yang kamu alami tapi nominalnya sesuai dengan premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Hal itulah mengapa, asuransi itu wajib dimiliki sedini mungkin. Nah, kali ini MoneySmart.id ingin merekomendasikan jenis asuransi yang mesti dimiliki kaum milenial sesuai dengan kebutuhan menurut pakar, Ayyi Achmad Hidayah selaku Personal Finance Advisor.

Baca juga: Kamu Hobi Beli Oleh-Oleh? Ini Dia 7 Tempat Belanja Murah di Kuala Lumpur

1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan salah satu yang penting banget nih bagi milenial buat memilikinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Urutan pertama yang mesti dimiliki kaum milenial adalah asuransi kesehatan. Ya, siapa sih orang yang pengin sakit. Buat mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu mengeluarkan uang besar untuk berobat hingga membayar rumah sakit.

Untuk itu, asuransi kesehatan sangatlah penting dimiliki oleh kaum milenial agar tabunganmu gak terkuras habis dan gak bikin cashflow keuangan jadi berantakan.

“Asuransi kesehatan itu penting dimiliki semua orang, karena biaya pengobatan itu sangatlah mahal terlebih kaum milenial rentan mengalami sakit karena pekerjaan yang menumpuk. Selain itu keuangan juga akan terganggu kalau kamu gak memproteksi diri dengan memiliki asuransi kesehatan,” ujar Ayyi.

Baca juga: Bocah Pelempar Telur ke Senator Australia Dapat Hadiah Miliaran Rupiah

2. Asuransi jiwa

Yang satu ini juga rasanya diperlukan nih oleh milenial buat saat ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah memiliki asuransi kesehatan, selanjutnya milenial diharuskan juga memiliki asuransi jiwa. Ya, balik lagi buat mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu meninggal dunia.

Ayyi menuturkan kalau asuransi jiwa itu juga sangat penting, agar jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia tidak akan membebani pihak keluarga yang ditinggalkan.

Baca juga: Kembangkan Asuransi Digital, Allianz Incar Kalangan Milenial

3. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan juga ternyata perlu lho bagi milenial buat memilikinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di era yang semakin berkembang pesat, bisa dibilang mayoritas kaum milenial sudah memiliki kendaraan sendiri, baik mobil atau sepeda motor.

Nah, asuransi yang satu ini berperan buat mengganti kerugian yang timbul selama pemakaian kendaraan. Jenis asuransi kendaraan ada dua pilihan yaitu:

  • Asuransi comprehensive atau all risk yang dapat mengganti kerugian sebagian atau keseluruhan yang terjadi pada kendaraan.
  • Asuransi total loss only (TLO) yang hanya dapat mengganti kerugian jika kerusakan mencapai 75 persen. Jadi kalau kerusakan tidak sampai 75 persen, maka pemegang polis tidak akan menerima ganti rugi.

“Lagipula kendaraan itu kan jadi alat transportasi sehari-hari. Jadi, kalau ada kerusakan tentu harus segera dibawa ke bengkel karena dapat mengganggu aktivitas. Selain itu, biaya perbaikan kendaraan itu umumnya mahal. Kalau gak punya asuransi, udah pasti akan sangat mengganggu keuanganmu,” kata pria yang pernah bekerja di sekuritas salah satu bank BUMN ini.

4. Asuransi pendidikan

Auransi pendidikan juga diperlukan oleh milenial buat masa depannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Karena pendidikan menjadi salah satu faktor penting yang dapat membantu perkembangan kariermu. Untuk itu, asuransi pendidikan juga harus dimiliki oleh kaum milenial,” imbuh Ayyi.

Seperti yang diketahui kalau biaya pendidikan itu sangat mahal. Kalau gak punya asuransi pendidikan, bisa-bisa kamu terancam putus kuliah di tengah jalan. Karena itu, lindungi masa depanmu dengan memiliki asuransi pendidikan ya.

5. Asuransi properti

Asuransi buat properti juga sangat diperlukan nih bagi kaum milenial, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk melindungi aset seperti apartemen, rumah atau tanah yang kamu miliki dari kerugian yang bisa bikin bangkrut sekejap. Jangan lupakan mengasuransi aset-aset milikmu.

Dalam polis tersebut, jenis asuransi ini bakal melindungi dari risiko-risiko, seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, hingga asap. Terus rumah yang kamu tinggal dapat jaminan dari risiko huru-hara, banjir, hingga tanah longsor.

“Untuk melindungi aset agar tak terjadi kerugian seperti apartemen, rumah maupun tanah. Sebaiknya sisihkan uangmu untuk membeli polis asuransi properti,” ujar Ayyi.

Nah, itu dia lima jenis asuransi yang harus dimiliki oleh kaum milenial agar hidup sentosa dan tentu saja gak mengganggu keuanganmu. Jadi, jenis asuransi mana nih yang sudah kamu miliki? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan