Biasa Dikoleksi Artis! Ini 5 Jenis Barang Mewah yang Diincar Orang buat Investasi

4 menit
jenis investasi
Deretan artis Indonesia dan koleksi barang mewahnya. (Instagram/@lunamaya)

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian canggih, semakin bermunculan pula jenis investasi yang bisa membantu impianmu menjadi orang kaya.

Kini gak sedikit orang yang memilih untuk menggelontorkan uang di investasi jenis saham, reksadana maupun emas batangan. Tapi, mulai banyak orang yang melirik untuk mengalokasikan pundi-pundi kekayaannya ke investasi barang mewah.

Para selebriti Tanah Air juga kerap menggunakan barang branded dengan harga super fantastis. Gak hanya bernilai puluhan juta atau ratusan juta rupiah tapi sudah mencapai angka miliaran. Mereka gak segan merogoh kocek sebesar itu hanya untuk membeli sebuah mewah. Salah satu alasannya adalah sebagai investasi. Lah, kok?

Ya, menenteng sebuah tas mewah seharga ratusan hingga miliaran rupiah bukan hanya untuk menunjang penampilan dan menaikkan status sosial. Tapi, bisa untuk investasi juga. Jadi, semakin limited edition alias terbatas jumlah barangnya, maka akan semakin besar pula nilai barang tersebut. Padahal, barangnya gak selalu baru alias barang bekas atau istilah kerennya preloved.

Namun yang perlu kamu garis bawahi, tidak semua barang mewah bisa dijadikan investasi lho. Yang terpenting juga, kamu harus tahu gimana cara kerjanya jika ingin menjadikan barang mewah sebagai investasi.

Karena nominalnya yang sangat besar, kamu benar-benar harus paham betul perihal investasi barang mewah. Jangan sampai salah langkah dan berujung bangkrut kayak Angela Lee yang sempat heboh beberapa tahun lalu.

Lalu jenis barang mewah apa saja yang bisa dijadikan investasi? Berikut lima pilihannya yang dijamin bisa kasih kamu untung besar. Yuk, intip!

Baca juga: Sampai Miliaran Rupiah, Ini Koleksi Barang Mewah Para Istri Konglomerat Indonesia

1. Dress atau suit

jenis investasi
Dress keluaran Dior. (Shutterstock)

Dress atau suit kini tengah dilirik banyak orang untuk investasi lho, khususnya buat mereka para pecinta fashion yang memang sangat mengetahui seluk beluk barang-barang keluaran brand-brand ternama.

Pasalnya, setiap merek kenamaan itu selalu mengeluarkan produk terbaru di setiap season-nya. Produk tersebut tidak akan sama untuk season berikutnya. Nah, barang-barang yang hanya keluar sekali itulah yang membuat harganya bisa melonjak tinggi saat dijual kembali. Apalagi jika banyak peminatnya dan edisinya terbatas alias limited edition.

Baik gaun atau setelan jas dengan label edisi khusus dari brand ternama bisa mencapai 10 kali lipat dari harga awal kalau kamu ingin menjual lagi dengan kondisi yang masih sangat baik.

Beberapa merek yang biasa jadi incaran adalah Gucci, Dior, Givenchy, Versace, Armani, Hugo Boss, Burberry, Fendi dan lainnya.

Baca juga: Barang Mewah Milik 3 Bos BUMN Ini Nilainya Tembus Ratusan Juta Rupiah

2. Sepatu

jenis investasi
Sebuah sepatu boot kulit bikinan Louis Vuitton. (Shutterstock)

Barang mewah lainnya yang bisa dijadikan investasi yaitu sepatu. Jadi, jika kebetulan kamu punya sepatu keluaran brand kenamaan edisi terbatas dengan kondisi yang masih sangat bagus, selamat, kamu bisa mendapatkan ladang uang baru.

Umumnya, para pecinta sepatu yang bisa dibilang maniak dengan merek-merek tertentu tak akan pikir panjang menggelontorkan uangnya untuk memiliki salah satu barang keluaran brand favoritnya.

Beberapa merek sepatu yang masih diminati banyak orang yaitu Adidas, Nike, Air Jordan, Yeezy, Valentino, Christian Louboutin, Louis Vuitton, Gucci dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Menabung Uang Receh Biar Bisa Menggunung dan Beli Barang Mewah

3. Perhiasan

jenis investasi
Perhiasan merek Cartier. (Shutterstock)

Perhiasan tetap menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati orang. Bukan hanya wanita, tapi juga para pria.

Selain terbuat dari emas atau perak yang dihiasi dengan batu mulia seperti berlian, desainnya yang unik dan langka membuat harga perhiasan sangat fantastis.

Terlebih lagi jika perhiasan tersebut digunakan oleh para selebriti terkenal dunia atau keluarga kerajaan. Wah, dijamin harganya bisa langsung meroket deh.

Cartier, Frank & co., Tiffany & Co., tetap menjadi merek perhiasaan yang banyak diminati orang hingga kini.

4. Jam Tangan

jenis investasi
Jam tangan mewah Rolex. (Shutterstock)

Pernah mendengar orang membeli jam tangan hingga miliaran rupiah? Ya, jam tangan memang kini menjadi salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan.

Nah, yang membuat harga jam tangan sangat tinggi yaitu karena faktor kelangkaan edisi, desain yang menarik hingga keluaran brand kenamaan.

Bahkan, untuk sebagian orang, jam tangan merupakan salah satu aksesoris penting untuk melengkapi penampilan mereka. Makanya, gak usah heran kalau pundi-pundi kekayaan berani mereka keluarkan demi mendapatkan jam tangan mewah yang diimpikan.

Contoh brand jam tangan yang mewah yang bisa dijadikan investasi adalah Rolex, Hublot, Patek Philippe, Vacheron Constantin, dan beberapa brand jam tangan lain yang berasal dari Swiss.

5. Tas

jenis investasi
Seorang wanita mengenakan rok Louis Vuitton dan tas Hermes. (Shutterstock)

Sadar atau tidak kalau kini pamer tas branded memang tengah marak di media sosial. Bahkan, bisa dibilang, tas kini menjadi salah satu fashion item yang sangat banyak dilirik orang sebagai investasi barang mewah.

Beberapa brand terkenal dunia seperti Hermes, Gucci, Prada, Louis Vuitton, Christian Dior,  Fendi dan Chanel bisa menjual tas dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah lho.

Jika ingin investasi di barang mewah yang satu ini, sebaiknya pilihlah model yang gak akan basi dimakan zaman, edisi terbatas dan yang terpenting harus dirawat dengan sangat baik. Karena, jika kondisinya kurang bagus, harganya bisa turun drastis lho.

Itu dia lima jenis barang mewah yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin terjun investasi barang mewah. Karena modal yang dibutuhkan sangat besar, pastikan barang yang kamu pilih itu tepat. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.