Gak Perlu Mengeluarkan Uang, 4 Jenis Investasi Ini Bikin Kamu Kaya dan Sukses

3 menit
jenis investasi
Gak Perlu Mengeluarkan Uang, 4 Jenis Investasi Ini Bikin Kamu Kaya dan Sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak semua jenis investasi itu mendatangkan imbal hasil atau keuntungan berupa uang. Ada juga yang hasilnya emang bukan berupa ‘uang’ tapi di masa depan, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan investasi ini. 

Investasi yang dimaksud ini, sifatnya lebih ke pengembangan diri secara personal. Pada intinya, di masa yang akan datang kamu bisa menjadi seseorang ‘paham banyak hal’ ketimbang teman-teman sebaya mu nantinya!

Nah, pemahaman itulah yang nantinya bisa kamu manfaatkan buat mencari peluang-peluang baru dan bikin kamu sukses di masa depan! Ingin tahu apa aja jenis investasi yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga: Ini Jenis Investasi Buat Milenial yang Baru Memasuki Dunia Kerja

1. Luangkan waktu buat membaca buku

jenis investasi
Sering kamu meluangkan waktu buat membaca buku, yakin masa depan mu bakal sukses dan kaya, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak sedikit orang sukses di dunia ini gemar membaca. Mereka bahkan bisa menghabiskan empat jam sehari buat membaca sebuah karya tulis yang bisa menginspirasi dirinya dari penulis-penulis kenamaan. Setuju gak kalau buku merupakan salah satu jenis investasi? 

Sejatinya, membaca merupakan cara cerdas dan murah buatmengembangkan diri mu menjadi lebih berilmu. Tapi itu semua tergantung jenis buku apa yang kamu pilih buat dibaca. 

Kalau buku karya Robert Kiyosaki dan motivator lainnya tentu bisa. Tapi kalau buku yang dibaca adalah novel horor ya tentu gak memberikan ilmu layaknya karya tulis berupa ilmu investasi atau motivasi!

Bicara soal baca buku, jangan berpikiran kalau saking sibuknya kamu bekerja, maka gak ada kesempatan buat membaca. Luangkan waktu sedikit demi sedikit buat menggali ilmu dari karya-karya penulis kenamaan. 

Zaman serba digital sekarang ini udah ada e-book atau audiobook yang bisa didengarkan langsung dengan bantuan smartphone milik kamu!

Baca juga: Performa 4 Saham Perusahaan Besar Penyokong Produksi Film “Gundala”

2. Menggali informasi dari YouTube

jenis investasi
Dengan sering menggali ilmu lewat YouTube bisa dibilang ini salah satu cara sukses di masa depan, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, kenapa dengan membuka YouTube kamu bisa jadi salah satu jenis investasi yang berharga? Bukannya buka YouTube keseringan bikin kuota kamu habis? Tentu aja gak juga, asalkan apa yang kamu ‘klik’ bisa memberikan banyak ilmu buat masa depan mu. 

Jika kamu sering liat channel gosip, game atau hal-hal lain yang sifatnya hiburan, tentu kurang berfaedah. Sesekali saja sih gak apa-apa asalkan kamu imbangi dengan channel-channel yang memberikan banyak ilmu buat kamu di masa depan. 

Gak sedikit lho pakar-pakar yang punya akun YouTube bisa kamu subscribes. Ada pakar keuangan, investasi, bisnis, dan lainnya. Dan channel YouTube tersebut, kamu tentunya bisa belajar lebih banyak dari mereka. Tentunya metode belajar ini juga ‘gratis’, sama halnya dengan personal coaching tapi gak bayar langsung ke mentornya! 

Baca juga: Apa Untungnya Investasi Reksa Dana? Ini Fakta-Faktanya yang Banyak Orang Belum Tahu

3. Menjalin networking yang luas

jenis investasi
Membangun jaringan relasi yang luas di yakini bisa bikin kamu sukses di masa depan dan ini merupakan salah satu investasi mu, (Ilustrasi/Pixabay).

Coba deh kamu pantengin selalu situs-situs penyelenggara event di tempat di mana kamu tinggal. Banyak event bisa kamu hadiri asalkan jangan event party layaknya ‘DWP’ atau musik ya yang gak sesuai dengan profesi kamu. 

Walaupun berbayar, kesempatan bisa ketemu orang-orang penting tentu cukup besar. Sebar aja kartu nama kamu di sana, sapa para orang-orang yang memiliki posisi penting atau strategis di perusahaan besar atau juga bisa berkenalan. Jangan pernah malu dan sungkan buat memulai berkenalan, di situ adalah ajang kamu bisa bersapa dan melebarkan sayap networking mu dengan mereka.

Siapa tahu dengan kamu banyak berkenalan, peluang kerja sama dengan mereka bisa terlaksana atau mungkin ada peluang karier yang lebih baik setelah ketemu mereka. 

4. Mengajar atau mentransfer ilmu

jenis investasi
Mengajar atau mentransfer ilmu merupakan salah satu bentuk investasi yang gak bakal ternilai lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Lho, kenapa mengajar ini jadi investasi juga? Bukannya ini adalah sebuah effort atau tindakan yang kiranya bakal bikin lelah? Jangan salah, orang-orang sukses itu banyak yang mengajar dengan mentransfer ilmu ke banyak orang dan ini merupakan salah satu sikap mulia banget!

Dan mengajar sendiri bukan perkara sederhana lho, mau gak mau atau suka gak suka, kamu mesti belajar lagi buat bisa memberikan yang terbaik bagi murid-murid. Selain itu, kamu juga mesti  bisa berkomunikasi dengan baik.

Nah, buat poin nomor empat ini tantangannya emang sangat besar. Tapi pastinya, kamu bakal jadi lebih berkembang bukan? Itulah empat jenis investasi yang kiranya bisa dimulai dari sekarang buat mengembangkan diri di masa depan. 

Kalau kamu udah berkembang jadi lebih baik dan maju, maka penghasilan tiga kali lipat dari sekarang bukanlah angan-angan belaka, setuju? Ya, silahkan mencoba dan kamu bakal menuai hasil yang manis banget di masa depan! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.