Ini Jenis Investasi Buat Milenial yang Baru Memasuki Dunia Kerja

4 menit
Milenial yang baru masuk dunia kerja bisa lho memulai dengan investasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak ada salahnya buat milenial memulai investasi apalagi buat yang baru memasuki dunia kerja. Milenial yang baru masuk dunia kerja kebanyakan emang belum punya gaji yang gede-gede amat. Nah, buat kamu ada nih jenis investasi buat milenial yang pasti cocok dengan kantong kamu.

Sebenarnya kini udah banyak banget cara buat membuat kekayaanmu semakin beranak pinak. Salah satunya adalah dengan investasi, meskipun punya gaji yang yang gak gede-gede amat.

Gak ada salahnya lho, kamu yang milenial bisa memulai berinvestasi dengan sedikit menyisihkan gaji. Seberapa besar sih gaji buat milenial? Apalagi yang baru lulus kuliah dan baru mendapatkan gelar Sarjana.

Gajinya emang gak gede-gede amat sih, ya gak mungkin buat seorang fresh graduate punya gaji langsung mendapatkan dua digit di rekening pribadinya. Kisaran Rp 3,5 juta sampai Rp 4 jutaan bisanya gaji buat seroang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja.

Nah, biasanya rasa bangga dan senang ada pastinya, apalagi kamu yang baru pertama kali menerima gaji, girang banget. Sebelum kamu mentraktir teman-teman kamu atau keluarga dengan menghabiskan gaji pertama, ada baiknya nih kamu memulai investasi.

Lagipula investasi itu bukan cuma buat mereka yang berduit kok. Kamu milenial yang gajinya pas-pasan pun juga bisa meraup pundi-pundi rupiah dari investasi.

Investasi itu intinya sabar dan konsisten. Pasalnya, investasi yang menguntungkan itu adalah investasi jangka panjang. Jadi, bukan soal berapa uang yang harus dikeluarkan buat investasi.

Gak masalah kalau di awal hanya berani investasi dengan nominal yang kecil. Setelah kamu tahu gimana cara bermainnya, kamu bisa menambahkan sedikit demi sedikit jumlah investasinya.

Untuk di awal itu yang terpenting memiliki keinginan dan berani untuk terjun berinvestasi. Karena yang susah itu, memulainya. Pas udah dijalanin dan merasakan keuntungan yang kamu dapatkan, kebanyakan dari mereka pasti justru ketagihan.

Nah, kali ini MoneySmart.id pengin memberikan beberapa rekomendasi jenis investasi buat milenial yang baru aja masuk ke dunia perkantoran. Mau tahu apa aja? Yuk, kamu yang milenial bisa simak ini jenis investasi yang cocok:

1. Logam mulia

Nah, logam mulia merupakan jenis investasi sangat sesuai buat milenial yang baru aja masuk dunia kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak bisa dipungkiri kalau logam mulia alias investasi emas batangan menjadi salah satu primadona yang kini banyak dilirik orang.

Bahkan, anak kuliahan yang belum memiiliki penghasilan tetap setiap bulan aja juga mulai melirik instrumen investasi yang satu ini. Logam mulia termasuk jenis investasi buat milenial yang baru aja masuk dunia kerja.

Kenapa? Pasalnya, investasi emas termasuk salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan risikonya juga rendah. Kamu yang baru memiliki gaji kisaran Rp 4 jutaan bisa kok memulai mengumpulkan bujet buat beli logam mulia.

Selain harganya yang selalu naik tiap tahun, logam mulia juga terbilang stabil karena gak akan tergerus oleh inflasi. Itulah mengapa banyak orang yang mulai terjun ke investasi dalam bentuk logam mulia atau emas.

Lagipula modalnya juga gak gede kok, kamu bahkan hanya perlu mengeluarkan uang gak sampai Rp 10 ribu buat mendapatkan emas seberat 0.01 gram. Lho gimana caranya?

Caranya adalah dengan mengikuti program Tabungan Emas yang ada di Pegadaian. Jadi, intinya itu kamu menabung uang buat memiliki emas. 

2. Reksadana

Buka reksadan bisa dilakukan oleh milenial yang baru memulai kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari menyisihkan duit Rp 500 ribu dari gaji, kamu bisa nih memulai dengan membuka reksadana di bank terdekat. Cara ini merupakan salah satu yang pas buat kamu yang pengin berinvestasi..

Ada beberapa jenis reksadana, tapi yang populer di Indonesia adalah reksadana saham, campuran, pasar uang dan pendapatan tetap. Untuk minimum investasinya pun gak besar kok yaitu Rp 100 ribu.

Lalu, gimana cara investasinya?

Sebelumnya kamu bisa mengecek di situs resmi Bareksa buat mengetahui manajer investasi mana yang memberikan keuntungan dalam satu tahun terakhir. Kamu lihat juga kinerjanya dalam jangka waktu tersebut.

Setelah itu, kamu tinggal menghubungi perusahaan manajer investasi itu. Biasanya tertulis lengkap informasi lengkap mengenai manajer investasi tersebut.

Kamu bisa menyisihkan uangmu sebesar Rp 500 ribu, dan memilih jenis reksadana apa yang kamu inginkan. Setelah itu, serahkan uangmu untuk dikelola oleh manajer investasi.

Gak perlu takut uangmu hilang. Pasalnya, manajer investasi sudah ahli dibidangnya. Jadi, kamu tinggal duduk manis dan biarkan uangmu terus beranak pinak. Asik banget kan?

3. Saham langsung

Mencoba saham langsung juga gak salah kok buat milenial yang baru memasuki dunia kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara ini juga bisa jadi salah satu jenis investasi buat milenial yang baru memasuki dunia kerja. Nah, memulainya gak perlu gede-gede, cukup menyisihkan sebesar Rp 500 ribu. Kamu bisa tuh alokasikan ke investasi saham langsung.

Meski begitu, jenis investasi yang satu terbilang penuh dengan risiko. Karena itu, sebelum kamu memutuskan buat berinvestasi di saham langsung, perlu diketahui terlebih dahulu gimana cara bermainnya.

Nah, itu dia tiga investasi yang bisa dipilih buat kamu milenial yang baru aja nih memulai dunia kerja. Emang sih, gaji kamu gak bakal besar-besar banget jika dibandingkan dengan senior-senior di kampus yang udah terlebih dahulu lulus dan kerja serta memiliki kedudukan.

Jadi kalau kamu termasuk golongan di atas, gak ada salahnya kok memulai berinvestasi. Intrumen di atas bisa digolongkan dari sekian banyak jenis investasi buat milenial yang baru memulai dunia kerja.

Gak ada salahnya memulai dari sekarang buat memulai investasi meskipun gaji kamu belum besar banget. Berinvestasi gak mesti kamu punya kedudukan apalagi menunggu gaji kamu mencapai dua digit. Jadi selamat mencoba ya! (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan