Banner ImageBanner Image

Tanpa Modal Besar Bisa Kasih Untung Gede! Pilih 4 Jenis Investasi Ini Aja

3 menit

Jenis investasi yang populer di Indonesia ada beragam, mulai dari yang modalnya besar hingga kecil. Buat kamu yang memiliki modal kecil tapi ingin dapat untung besar, beberapa jenis investasi dengan kategori tersebut bisa menjawabnya.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pundi-pundi uang. Salah satu caranya, berinvestasi untuk memberi financial freedom untuk keuanganmu jangka panjang.

Contohnya, Warren Buffet yang kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 84.4 miliar atau sekitar Rp 1,229 triliun.

Meski begitu, investasi sifatnya jangka panjang. Jadi, kalau kamu ingin meraup pundi-pundi kekayaan, harus bersabar.

Jenis investasi pun beragam. Bahkan, ada yang modalnya kecil tapi tetap bisa memberi untung gede.

Nah, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi jenis investasi dengan modal kecil tapi bisa mendapat untung gede. Apa aja? Berikut, empat di antaranya:

1. Reksadana

Reksadana
Reksadana

Reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang kini banyak dilirik orang. Tak hanya mereka yang udah melek investasi, para investor awam pun mulai terjun ke investasi satu ini.

Pasalnya, kamu udah bisa investasi dengan modal kecil, yaitu sekitar Rp 100 ribu. Bahkan, ada beberapa sekuritas menawarkan investasi reksadana dengan modal Rp 50 ribu aja.

Selain itu, uang yang kamu alokasikan untuk investasi reksadana juga akan dikelola manajer investasi yang sudah ahli di bidangnya.

Jadi, gak perlu sebentar-sebentar mengecek pergerakan saham, kamu tinggal duduk manis di rumah dan tunggu uangmu beranak pinak.

2. Emas batangan

Emas batangan
Emas batangan

Selain reksadana, emas batangan juga menjadi salah satu instrumen investasi yang menjadi incaran banyak orang. Bahkan, para orangtua yang umumnya masih belum mengerti betul tentang investasi.

Salah satu alasan banyak orang terjun ke investasi emas karena harga emas terbilang aman. Bahkan, cenderung naik setiap tahun.

Eemas juga gak akan tergerus inflasi layaknya investasi mata uang kertas. Kalau mengalami penurunan, harganya pun tidak akan bertahan lama.

Tapi, harga emas per gramnya aja cukup besar, yaitu mencapai Rp 600 ribu. Gimana cara investasinya?

Jangan khawatir, karena kini udah ada beberapa instansi yang mengelola investasi jenis ini. Salah satunya, Pegadaian, yang memiliki program yang diberi nama Tabungan Emas. Di mana kamu bisa mulai investasi dengan hanya membeli emas batangan seberat 0,01 gram.

Jika harga emas per gramnya Rp 600 ribu, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000 aja. Asalkan konsisten setiap bulan menabung emas, lama-lama kamu bisa memiliki puluhan gram emas batangan. Gak berasa tapi tahu-tahu uangmu udah menggunung.

3. Barang koleksi

Barang koleksi berupa lego
Barang koleksi berupa lego

Investasi itu gak melulu soal reksadana maupun emas batangan. Tapi, barang koleksi juga bisa menjadi aset sangat menjanjikan di masa depan.

Salah satunya, mainan lego yang kini harganya udah fantastis banget. Padahal, dulunya mainan tersebut bisa kamu beli dengan hanya mengeluarkan bujet ratusan ribu rupiah.

Selain itu, uang kuno juga kini banyak menjadi incaran para kolektor. Bahkan, gak sedikit kolektor yang berani bayar uang kuno milikmu dengan nominal ratusan juta rupiah.

4. Saham langsung

Saham langsung
Saham langsung

Jenis investasi yang satu ini memang terbilang cukup berisiko. Apalagi, buat mereka yang masih pemula. Tapi, keuntungan yang didapatkan pun sangat menggiurkan.

Karena alasan itulah mengapa investasi saham langsung memang ditujukan untuk mereka yang sudah mengerti cara bermainnya. Tapi, bukan berarti para pemula gak boleh terjun ke instrumen investasi yang satu ini.

Menurut Parto Kawito, Direktur PT Infovesta Utama, para pemula sebaiknya memiliki investasi saham BUMN dan saham-saham blue chip.

Pasalnya, saham-saham tersebut pergerakannya lebih stabil dan likuid, sehingga risikonya pun lebih kecil.

Selain itu, kini juga sudah ada sekuritas yang menawarkan investasi saham modal kecil yaitu sekitar Rp 500 ribu aja.

Itu dia empat jenis investasi modal kecil tapi memberikan untung gede yang bisa kamu pilih. Jadi, kini udah gak ada alasan lagi dong untuk mulai terjun berinvestasi? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong