Selain Saham dan Emas, Ini 7 Investasi Alternatif yang Bikin Gemuk Rekening Kamu!

4 menit
jenis investasi
Jenis investasi alternatif. (Shutterstock)

Jenis investasi hari ini udah sangat beragam buat kamu pilih guna merencanakan masa depan yang lebih baik. Umumnya, orang bakal memilih menabung emas ataupun jual beli saham karena lebih menjanjikan. Tapi jangan salah kaprah sebab ada cara alternatif lain yang gak kalah jitu lho!

Semakin canggihnya teknologi dan cepatnya informasi berkembang, membuat sektor dunia finansial khususnya investasi terkena dampak yang positif. Kini orang yang melek akan industri ini gak cuman orang yang udah berumur doang tapi juga yang muda-muda macam generasi milenial.

Hal tersebut harus kita apresiasi karena akan mengangkat angka literasi finansial masyarakat Indonesia. Hal ini juga diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat secara keseluruhan.

Di sisi lain, kondisi seperti itu mampu memunculkan persaingan yang semakin ketat antara satu orang dengan yang lain dalam meraih keuntungan.

Kalau kamu pengin mencari jenis investasi alternatif selain emas dan saham mungkin bisa mencoba 7 hal ini yang cuannya lumayan menggiurkan.

Baca juga: Buat Pemula, Ini Panduan Investasi Saham dari Ahlinya

1. Properti

jenis investasi
Investasi properti. (Shutterstock)

Jenis investasi alternatif pertama paling populer yang bisa kamu coba beli adalah properti. Melihat kebutuhan tempat tinggal di kota besar yang makin banyak seiring pertumbuhan penduduk, bisnis properti bisa jadi cukup menjanjikan ke depannya.

Harga rumah yang terus meningkat setiap tahunnya bisa jadi sumber kekayaan kamu. Asal kamu bisa menjualnya di saat yang tepat dan membelinya pada harga terbaik.

Gak cuman bisa disimpen, properti juga bisa kamu gunakan sebagai tempat tinggal selama bekerja. Jadi keuntungan yang kamu dapetin berlipat ganda nih.

Namun kamu harus menyiapkan modal yang angkanya sekitar ratusan juta hingga miliaran rupiah kalau mau terjun ke investasi ini.

Baca juga: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini

2. Tanah

jenis investasi
Investasi tanah. (Shutterstock)

Kalau kamu belum punya uang yang cukup untuk bangun rumah bisa juga kok coba jenis investasi alternatif tanah. Punya sebidang tanah keuntungannya juga lumayan gede, apalagi kalau lokasinya strategis.

Dibandingkan dengan properti, mencari pembeli untuk tanah biasanya lebih mudah karena fungsinya yang masih bisa berganti sesuai kebutuhan. Jadi gak terpatok sama orang yang pengin cari tempat tinggal doang, bisa juga digunakan pengusaha membangun tempat usaha.

Baca juga: Cuma Rp 10 Ribu Udah Bisa Investasi Reksadana Syariah Lewat Tokopedia

3. Trading forex atau mata uang

jenis investasi
Forex trading. (Shutterstock)

Ketenaran trading forex emang dulu pernah melanda sebagian besar orang Indonesia yang pengin mencari keuntungan dari situasi ekonomi yang ada. Tapi apa kabarnya kalau sekarang, ya?

Ternyata keberadaan jenis investasi yang memanfaatkan margin mata uang ini masih lumayan banyak peminatnya lho dan tentunya menguntungkan.

Satu tips yang harus kamu perhatikan kalau mau menjalani investasi trading forex yakni harus memantau kebijakan politik negara terkait yang uangnya kamu pegang. Sebab suatu saat kalau terjadi krisis kamu bakal mengalami kerugian besar.

4. Barang mewah

jenis investasi
Investasi barang mewah. (Shutterstock)

Harus diakui kalau penduduk Indonesia cenderung bersifat konsumerisme. Ngeliat barang bagus dikit beli. Ada produk keluaran terbaru langsung bawa pulang.

Kebiasaan boros tersebut bisa berubah 180 derajat bila kamu pintar mengelolanya. Contohnya seperti tas eksklusif Hermes yang harganya bisa puluhan hingga ratusan juta. Sekilas barang itu cuman bisa dibawa pergi aja tanpa menghasilkan uang. Beda cerita kalau kamu koleksi dan rawat secara baik-baik.

Harganya pasti bisa melonjak tinggi dalam beberapa tahun ke depan akibat udah gak diproduksi lagi dan jadi barang langka. Begitupun dengan barang-barang mahal serta antik lainnya. Tertarik untuk mencoba?

5. Deposito bank

jenis investasi
Deposito. (Shutterstock)

Menyimpan uang dalam jumlah dan waktu tertentu bisa menjadi investasi alternatif lainnya yang bisa dicoba.

Bunga yang ditawarkan juga lumayan menarik, berkisar antara 4 sampai 7 persen tergantung kebijakan bank tempat kamu mendepositokan uang.

Yang perlu diperhatikan adalah, uang tersebut gak bisa diambil dalam waktu sekitar minimal 1 tahun. Jadi sebelum memilih jenis investasi ini kamu harus pastikan segala keperluan dan mempunyai cadangan uang.

6. Obligasi atau surat utang

jenis investasi
Investasi obligasi. (Shutterstock)

Obligasi atau surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun institusi negara bisa kamu jadikan sebagai investasi. Dalam kurun waktu umumnya 1 sampai 10 tahun kamu akan mendapatkan seluruh uang yang udah dikeluarkan beserta keuntungannya.

Mirip seperti nilai mata uang atau trading forex, investasi surat utang atau obligasi swasta sangat bergantung pada situasi ekonomi dan politik sebuah negara.

Kalau mau aman dan untungnya pasti bertambah kamu mending memilih surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan negara karena udah dilindungi oleh Undang-Undang. Sehingga keamanannya lebih terjamin.

Beberapa contohnya diantaranya adalah Surat Perbendaharaan Negara dan Obligasi Negara yang terdiri dari Obligasi Negara Ritel, Saving Bound Ritel serta Sukuk Retail.

7. Peer to peer lending

jenis investasi
Investasi p2p lending. (Shutterstock)

Jenis investasi alternatif terakhir ada peer to peer lending (p2p lending). Bahasa sederhana dari istilah ini adalah mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan peminjam uang melalui sebuah wadah atau platform yang udah disiapkan.

Di P2P lending, keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah uang yang dipinjamkan bisa diiurkan setiap bulannya. Berbeda dengan deposito yang harus menunggu paling gak 1 tahun uang baru bisa kembali beserta bunganya.

Nah itulah 7 jenis investasi alternatif selain emas atau saham yang bisa kamu coba sekarang. Ada baiknya untuk mencoba berinvestasi sedini mungkin supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal ke depannya. Semoga sukses! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1