Zaman Makin Canggih! Ini 4 Pekerjaan yang Bakal Dicari di Masa Depan

4 menit
Kriptologis kuantum menjadi salah satu jenis pekerjaan yang menguntungkan di masa depan (Shutterstock)
Kriptologis kuantum menjadi salah satu jenis pekerjaan yang menguntungkan di masa depan (Shutterstock)

Jenis pekerjaan di dunia mengalami perkembangan. Ada beberapa profesi baru, tapi ada juga profesi lama yang lenyap.

Fenomena tersebut terjadi berkat kemajuan zaman. Modernisasi teknologi bisa dijadikan sebagai penyebab utamanya. Teknologi yang semakin canggih mengakibatkan robotisasi di setiap lini bidang industri.

Dampaknya, banyak pekerja-pekerja konvensional yang posisinya tergeserkan dengan tenaga otomatis itu. Dalih dari pemilik modal ya tentu untuk menghemat biaya produksi.

Kemudian, kemajuan di bidang teknologi juga turut melahirkan tren-tren baru. Masyarakat yang tadinya doyan game console, kemudian kini telah beralih ke ponsel. Begitu pula dengan profesi-profesi yang akan bermunculan. Kalau dulu mungkin profesi data engineer masih sangat sedikit, tapi kini mereka paling banyak dicari karena semakin berkembangnya teknologi big data.

Bagi kamu yang menyadari tren ini, tentu ada baiknya mempersiapkan diri untuk masa depan. Bukan untuk kamu saja, tapi juga untuk anak-anakmu kelak, khususnya dalam hal dunia kerja. Mengutip dari Entrepreneur, setidaknya ada 5 jenis pekerjaan yang kira-kira bakal ngetren di beberapa tahun ke depan hingga di masa depan.

Baca juga: Gak Perlu Bingung! Gini Cara Menghitung THR Karyawan Sesuai Peraturan Pemerintah

1. Atlet eSport

Jenis Pekerjaan
Menjadi atlet e-Sport (Shutterstock).

Mungkin banyak di antara kamu yang masih awam tentang eSport, tapi kenyataannya bidang olahraga yang satu ini mulai marak. eSport merupakan cabang olahraga baru yang berbasis  game dan juga perangkat elektronik seperti komputer hingga ponsel genggam.

Dulu sih mungkin kita melihat game hanya sebatas permainan untuk menghilangkan penat, tapi kini permainan-permainan di internet memiliki tingkat kompetitif yang cukup tinggi. Karena pertimbangan itu, permainan-permainan tersebut sangat layak untuk dijadikan sebuah olahraga. Game-game yang dijadikan untuk pertandingan di antaranya seperti Mobile Legends, Counter Strike, DotA, PUBG, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri eSport sudah mulai booming, bahkan pemerintah sendiri pun telah mengakui eSport. Baru-baru ini telah digelar kompetisi Mobile Legends dengan kejuaraan Piala Presiden diikuti oleh ribuan tim dari berbagai kota. Tentunya dengan hadiah yang sangat fantastis. Bahkan sejak dulu sudah banyak atlet eSport asal Indonesia yang ikut kompetisi di luar negeri untuk merebutkan hadiah dan mengharumkan nama Indonesia.

Kehadiran eSport ini tentu bisa menghapuskan stigma negatif tentang game yang selama ini dinilai sebagai biang keladi merosotnya nilai akademis anak-anak. Tapi ternyata game juga bisa dijadikan sebagai jenis pekerjaan yang menguntungkan bagi diri sendiri maupun bangsa.

2. Kriptologis kuantum

Jenis pekerjaan
Kriptologis kuantum (Shutterstock).

Era teknologi terus mengalami perkembangan, termasuk kini dalam hal komputerisasi. Komputer konvensional saat ini yang berbasis pada transistor tradisional dinilai sudah tak akan mampu bergerak lebih cepat lagi. Alhasil, ilmuwan-ilmuwan mengembangkan sistem komputasi kuantum.

Keunggulannya bila dibandingkan dengan yang konvensional adalah mereka mampu beroperasi dengan cepat serta memecahkan data lebih cepat dan akurat. Perusahaan-perusahaan top dunia telah menggunakan teknologi ini seperti IBM hingga Google.

Teknologi ini akan terus berkembang dan nantinya akan membutuhkan banyak tenaga kerja baru untuk menanganinya. Di sinilah muncul jenis pekerjaan baru yang disebut kriptologis kuantum. Mereka memiliki tugas untuk membuat sistem pertahanan sistem serta melawan serangan-serangan dari luar.

Baca juga: Selain Diplomat, 7 Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional Ini Bisa Kamu Pilih

3.  Chief Modernization Officer

Jenis pekerjaan
Chief Modernization Officer (Shutterstock).

Kamu mungkin sudah sering dengar dengan posisi Chief Executive Officer dan Chief Marketing Officer tapi bagaimana dengan Chief Modernization Officer?

Jenis pekerjaan yang masih terbilang awam ini diprediksi bakalan ramai dicari di masa yang akan datang. Tugasnya adalah memikirkan strategi-strategi baru bagi perusahaan agar tidak tertinggal zaman. Mereka memiliki tugas yang berat untuk memprediksi apa yang akan booming di masa depan sehingga bisa langsung diantisipasi dengan beragam langkah-langkah yang tepat.

Intinya sih, posisi ini memiliki tugas untuk terus merangkul inovasi-inovasi baru di dalam bisnis mereka. Karena banyak contoh bisnis yang gulung tikar karena gak peduli sama sekali dengan perkembangan zaman, seperti misalnya Toys ‘R’ Us yang telat masuk ke ranah e-commerce, sehingga penjualan mereka menurun dan akhirnya bangkrut.

4. Arsitek Smarthome

Jenis pekerjaan
Arsitek Smarthome (Shutterstock).

sekarang semuanya sudah serba pintar, ada ponsel pintar, TV pintar, sampai rumah pintar. Rumah pintar banyak ditemui di kota-kota besar, yang membedakan dengan rumah pada umumnya adalah, segala akses keamanan maupun fasilitas bisa dikendalikan hanya dengan melalui ponsel pintar.

Misalnya saja kamu mau mematikan lampu, tinggal pencet saja dari ponsel, sehingga bisa memungkinkan kamu mematikan atau menyalakan lampu dari jarak jauh sekalipun.

Segala aktivitas di rumah juga bisa kamu pantau. Sangat berguna banget buat kamu yang sering kelupaan misalnya mematikan kompor atau mengunci pintu. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan mengklik ponsel.

Tapi mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, kamu juga perlu tangan-tangan ahli untuk merancangnya. Oleh sebabnya jenis pekerjaan arsitek rumah pintar juga akan menjadi booming beberapa tahun ke depan.

Itulah empat jenis pekerjaan yang diprediksi bakal banyak bermunculan di masa yang akan datang. Meskipun kejelasannya belum bisa dipastikan, tapi gak ada salahnya untuk mempersiapkan kapasitas anakmu dari sekarang. Tanamlah ilmu serta inovasi yang modern agar anakmu bisa mengikuti perkembangan zaman. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!