6 Pekerjaan Unik di Dunia, Jaga Burung Gagak Sampai Pura-pura Nangis

4 menit
6 Pekerjaan Unik di Dunia, Jaga Burung Gagak Sampai Pura-pura Nangis, (Ilustrasi/Pixabay).

Semakin hari, makin banyak aja jenis pekerjaan baru bermunculan. Itu artinya, kamu gak perlu lagi deh ketakutan buat gak dapat kerja.

Tapi, sampai saat ini sih masih aja banyak yang merasa kesulitan mendapat pekerjaan. Akhirnya mereka rela mengerjakan apa aja demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan gak jarang ada yang melakukan hal-hal gila demi cuan.

Salah satu kesempatan buat mendapatkan uang adalah dengan menerima tawaran-tawaran pekerjaan unik. Banyak lowongan kerja unik dan aneh bertebaran di dunia ini. Bahkan, orang yang menerima tawaran tersebut bakal mendapatkan imbalan upah yang sangat besar.

Penasaran gak jenis pekerjaan unik apa aja yang tersedia saat ini? Berikut ini ulasannya dikutip dari Kompas.

Baca juga: Dapat Uang Rp 2 Miliar Setahun! 7 Jenis Pekerjaan Ini Berani Kasih Gaji Gede

1. Jenis pekerjaan dengan gak melakukan apa-apa

Jenis pekerjaan
Gak melakukan apa-apa kamu udah bisa mendapatkan uang, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau kamu selama ini mendambakan gaji besar tapi kerjaan santai, akhirnya impianmu bisa terwujud. Di Swedia, ada jenis pekerjaan buat gak melakukan apa-apa.

Bukan tugas yang berat, gak perlu berpergian ke mana-mana, gak perlu meyakinkan orang membeli produk, hanya berdiam diri aja.

Pekerjaan ini ditujukan demi tujuan pertunjukan seni instalasi di stasiun bawah tanah di Gothenburg di Swedia. Mereka yang diterima bakal berdiri sejak pagi hari, hingga jam pulang kantor.

Pekerjaan ini memang sangat membosankan, tapi gaji yang ditawarkan adalah US$ 2.320 per bulan atau Rp 32 jutaan. Gak ada kontrak yang mengikat, kalau sudah bosan, kamu bisa mengundurkan diri kapanpun.

Dikutip dari Washington Post, Proses seleksi pun telah dibuka, namun waktu bekerja bakal di mulai pada tahun 2025.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Dapat Uang Lebih Tanpa Perlu Capek-Capek Bekerja

2. Detektif sampah

Jenis pekerjaan
Menjadi detektif sampah juga bisa nih bagi kamu yang pengin mendapatkan banyak uang, (Ilustrasi/Pixabay).

Sampah adalah hal yang paling merusak lingkungan. Berbagai negara pun telah menerapkan kebijakan-kebijakan super ketat terkait dengan pembuangan sampah.

Misalnya dengan menerapkan denda super besar bagi mereka yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Ada juga yang menerapkan hukuman penjara bagi mereka yang nakal.

Tapi, meskipun aturan tersebut udah dibuat, masih ada yang juga yang membuangnya secara diam-diam. Nah, kalau di Jerman, jangan berharap kalian lolos.

Seandainya kamu membuang sampah diam-diam, siap-siap aja berurusan dengan jenis pekerjaan yang satu ini, yaitu Detektif Sampah. Tugas mereka adalah mencari orang-orang yang membuang sampah gak pada tempatnya.

Mereka akan menggali keterangan secara mendalam misal mengecek kemasan sampah tersebut dan memeriksanya ke tagihan belanja hingga wawancara warga sekitar, buat mencari tahu siapa yang membuang sampah secara sembarangan.

Gajinya gak tanggung-tanggung yaitu sekitar 16 euro per jam atau Rp 253 ribuan. Wah kalau di Indonesia bakal sulit nih nyari siapa pelakunya, karena banyak banget yang buang sampah sembarangan!

Baca juga: Lulusan SMA? Coba Isi 5 Posisi di Perusahaan Top Amerika seperti Apple

3. Penjaga burung gagak

Jenis pekerjaan
Menjaga burung gagak nih salah satu pekerjaan unik yang menghasilkan banyak uang, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau jaga rumah atau perkantoran itu jenis pekerjaan yang biasa. Tapi di London, ada pekerjaan unik bin aneh yaitu menjaga tujuh gagak di menara London. Kenapa gagak tersebut mesti dijaga ya?

Gagak sendiri telah berabad-abad ada di situ, jika burung gagak di Amerika Serikat identik dengan hal-hal buruk, di London, gagak justru sangat dijaga. Para pengunjung sangat memperlakukan gagak-gagak tersebut dengan sangat baik, misal memberikan makanan.

Tujuannya adalah agar gagak gak pergi meninggalkan lingkungan menara London. Karena mitosnya kalau mereka pergi Kerajaan Inggris bisa runtuh.

Percaya gak percaya sih, tapi pihak kerajaan meyakini betul mitos tersebut, hingga akhirnya mereka memiliki petugas penjaga gagak sendiri.

Tugasnya simpel, yaitu merawat gagak dan memastikan mereka tidak mati atau pergi. Bayarannya pun lumayan, yaitu sekitar 21.000 euro per tahun atau Rp 332 jutaan.

4. Tukang minta maaf

Jenis pekerjaan
Meminta maaf juga ada nih sebagai pekerjaan dan uangnya juga lumayan lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Maskapai penerbangan asal Amerika Serikat, Southwest Airlines pernah memiliki pegawai dengan jenis pekerjaan yang unik, yaitu sebagai tukang minta maaf. Salah satu pegawainya adalah Fred Taylor Jr yang telah bekerja selama 20 tahun dengan maskapai tersebut.

Pada tahun 2001, ia diminta khusus buat menjadi seorang pengirim surat permintaan maaf kepada para penumpang.

Surat tersebut dikirim ke penumpang yang penerbangannya terdampak akibat gangguan teknis. Otomatis, selain jadi tukan minta maaf, ia juga jadi sasaran empuk omelan para calon penumpang. Tapi, meski pekerjaannya unik, honornya terbilang lumayan besar yaitu sekitar US$ 4.100 atau Rp 57 jutaan per bulan.

5. Pura-pura jadi pekerja asing

Jenis pekerjaan
Menjadi pekerja asing juga ada nih, tapi kamu pura-pura lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Soal pekerja asing di Indonesia lagi ramai-ramainya nih. Tapi di China sana, pekerja asing justru dicari. Mereka bakal dimanfaatkan buat melakoni jenis pekerjaan super aneh, yaitu berpura-pura menjadi pekerja asing!

Syarat yang dibutuhkan buat mengisi posisi ini adalah berkulit putih dan memiliki jas. Pihak perusahaan yang mempekerjakan mereka biasanya akan menugaskan si pekerja asing KW ini buat mendatangi jamuan-jamuan makan malam dan berpose demi foto.

Gaji yang mereka dapatkan sekitar 16.600 Yuan atau Rp 34 juta, plus, mereka akan mendapatkan tunjangan akomodasi seperti tempat menginap dan transportasi.

6. Tukang menangis

Jenis pekerjaan
Pura-pura menangis salah satu pekerjaan yang bisa dilakoni udah gitu dapat uang banyak, (Ilustrasi/Pixabay).

Jenis pekerjaan yang satu ini memang sangat aneh dan unik, yaitu dibayar buat menangis. Pekerjaan ini sebenarnya udah ada sejak zaman Mesir Kuno. Mereka dipekerjakan oleh pihak keluarga yang tengah berduka karena kehilangan anggota keluarganya.

Ternyata, di Amerika Serikat sana pekerjaan ini tengah nge-tren. Tugasnya masih sama, yaitu pura-pura nangis di acara duka sebuah keluarga. Bayarannya lumayan, sekitar US$ 100 atau sekitar Rp 1,4 jutaan per harinya.

Itu tadi 6 jenis pekerjaan unik dari seluruh dunia. Kira-kira mana yang cocok dengan keahlianmu? Untuk pekerjaan Detektif Sampah, kayaknya cocok banget deh diterapkan di Indonesia, ya walaupun rada sulit pastinya mencari siapa pelaku pembuangan sampah sembarangan. Tapi paling gak, kalau ada detektif sampah, orang-orang bakal lebih mikir lagi buat buang sampah sembarangan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!