Dulu Diburu Kini Tenggelam, 4 Jenis Pekerjaan Ini Sudah Tidak Hits Lagi di Dunia Hiburan!

3 menit
Jenis pekerjaan
VJ MTV Indonesia salah satu jenis pekerjaan yang kini sudah tak laku lagi (Instagram/@mtvindo)

Di era yang semakin modern seperti saat ini, rupanya tak hanya memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat tapi semakin bermunculan jenis pekerjaan baru di berbagai bidang.

Salah satunya, profesi sebagai selebgram yang dulu tidak ada, tapi kini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Lihat saja Awkarin yang kini sudah punya banyak harta, seperti tinggal di rumah mewah yang terletak di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan hingga mengendarai mobil supermahal keluaran Mercedes Benz.

Sayangnya, kondisi tersebut ternyata juga mempengaruhi jenis pekerjaan lainnya yang kian tenggelam, terutama di dunia hiburan. Bahkan, ada yang udah gak laku lagi padahal dulu diburu banyak orang.

Pengin tahu jenis pekerjaan apa saja itu? Berikut, empat di antaranya seperti yang dirangkum MoneySmart:

1. Penyanyi cilik

Jenis pekerjaan
Jenis pekerjaan (Wikipedia)

Meski profesi satu ini masih tetap ada di dunia hiburan hingga sekarang, gaungnya bisa dibilang sudah tak sebesar zaman dulu.

Jika ditanya, siapa penyanyi cilik favorit kamu saat ini? Tak sedikit orang yang gak bisa menjawab. 

Kondisi itu tentu sangat berbeda pada zaman dulu. Di mana banyak orang yang dengan mudahnya menyebut nama penyanyi cilik kesukaannya, mulai dari Joshua, Agnes Monica hingga Tasya Kamila.

Bahkan, beberapa penyanyi cilik masih tetap eksis di dunia keartisan sampai sekarang. Gak usah jauh-jauh, contohnya Agnes Monica alias Agnez Mo yang kini bahkan sudah menjadi penyanyi internasional.

Baca juga: Menelisik Keberuntungan Zodiak Virgo, 7 Jenis Pekerjaan Ini Paling Cocok untuk Kamu!

2. VJ MTV Indonesia

Jenis pekerjaan
Jenis pekerjaan (Instagram/@mtvindo)

Di era tahun 2000-an, banyak sekali orang yang rela antre panjang dan menunggu berjam-jam hanya untuk mengikuti ajang pencarian bakat sebagai video jockey alias VJ MTV Indonesia.

Bahkan, mereka harus berjuang mati-matian meraih trophy dan mendapat predikat sebagai pemenang.

Sayangnya, perkembangan musik yang semakin canggih membuat jenis pekerjaan satu ini sudah tak hits lagi di Indonesia. 

Padahal, banyak sekali selebriti papan atas yang ternyata jebolan dari acara musik tersebut. Seperti Nirina Zubir hingga Daniel Mananta.

3. Pencipta lagu anak-anak

Jenis pekerjaan
Jenis pekerjaan (Instagram/@papatbob.official)

Zaman dulu, siapa sih yang gak kenal dengan Papa T. Bob yang sudah menciptakan banyak lagu anak-anak. Bahkan, tak sedikit lagu ciptaannya yang meledak di pasaran dan mengantarkan para penyanyi cilik menjadi sangat terkenal.

Beberapa lagu anak yang tercatat diciptakan Papa T. Bob di antaranya, “Bolo-bolo” yang dinyanyikan oleh Tina Toon, ada juga lagu “Si Nyamuk Nakal” yang dibawakan Enno Lerian hingga “Lumba-lumba” yang dipopulerkan oleh Bondan Prakoso.

Tak hanya Papa T. Bob, ada juga A.T Mahmud, Pak Kasur dan para pencipta lagu lainnya yang dulu sekarang populer bahkan disebut-sebut sebagai salah satu profesi yang sangat menggiurkan.

Sayangnya, setelah industri lagu anak mulai meredup, sudah tak terdengar lagi nama pencipta lagu anak yang terkenal seperti dahulu.

4. Model majalah remaja

Jenis pekerjaan
Jenis pekerjaan (Instagram/@annisayudhoyono)

Tak sedikit artis papan artis jebolan model majalah remaja yang dulu sangat terkenal, seperti GADIS, Aneka, Kawanku, dan lainnya.

Contohnya, Dian Sastrowardoyo yang mengawali kariernya sebagai model majalah GADIS 2006. Ada juga Luna Maya yang merupakan jebolan model majalah Aneka dan masih banyak lagi.

Baik Dian Sastro dan Luna Maya kini dikenal sebagai salah satu artis Indonesia ternama yang memiliki karier cemerlang dengan segudang prestasi yang mereka torehkan.

Sayangnya kini, profesi sebagai model majalah remaja sudah tak seeksis dahulu. Hal itu juga diiringi dengan perkembangan zaman yang kini sudah serba digital, di mana segala sesuatu sudah bisa diketahui via internet.

Itulah empat jenis pekerjaan di dunia hiburan yang dulu banyak diburu orang tapi kini sudah sepi peminat bahkan ada yang udah gak eksis lagi. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.