Anak Sekolahan Juga Bisa Punya Tabungan, Ini Caranya yang Tepat Buat Kamu

4 menit
Meskipun masih duduk di bangku sekolah, kamu juga bisa lho menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kini udah banyak sekali jenis tabungan yang bisa dipilih oleh berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga hingga anak sekolah. Nah, buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah bisa kok menabung pelan-pelan dari uang jajan.

Siapa tahu kamu pengin meringankan beban kedua orangtua, dengan cara menabung dari uang jajan sehari-hari. Bisa kok kamu sisihkan berapa aja nominal uang yang bisa ditabung.

Gimana caranya anak sekolah bisa punya tabungan? Meskipun belum punya tabungan bisa kok.

Baca juga: Rencanakan Masa Depan Anak? Ini 4 Rekomendasi Tabungan Pendidikan Terbaik

Sebenarnya menabung itu bukan berarti kamu mesti  punya penghasilan dulu lho. Masih ingat gak saat kamu masih kecil, di mana orangtua kamu kerap membelikan celengan dan meminta kamu buat menyisihkan sisa uang jajan ke dalam celengan yang udah dibelikan?

Jadi, bisa dibilang tradisi tabung menabung udah ada sejak kita kecil. Sayangnya, kini banyak orang yang enggan menabung dengan berbagai alasan.

Tahukah kamu kalau menabung itu sebenarnya memiliki manfaat yang besar banget lho buat hidup kamu. Contohnya aja, saat ada keperluan mendesak, kamu jadi gak perlu repot-repot tuh mencari pinjaman.

Baca juga: Cukup Setor Rp 20 Ribu! Kamu Udah Bisa Nabung di Tabungan Ini

Karena itu, menabung harus mulai ditanamkan lagi dari sekarang. Ya, tujuannya juga biar kamu dapat mengelola keuangan dengan baik ke depannya. Jadi gak boros dan menghambur-hamburkan uang buat membeli sesuatu yang gak dibutuhkan.

Nah, kali ini MoneySmart ingin memberikan beberapa rekomendasi jenis tabungan yang bisa dilakukan oleh kamu yang masih anak sekolah. Apa aja? Berikut empat di antaranya:

1. Tabungan konvensional

Pilih tabungan di bank buat kamu yang masih sekolah bisa lho, asal mesti pakai identitas orangtua, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jenis tabungan yang satu ini bisa dibilang adalah tabungan sejuta umat. Pasalnya, hampir semua orang memiliki tabungan ini.

Tabungan konvensional adalah tabungan yang ditawarkan oleh bank. Cirinya adalah dana yang disimpan dapat kamu ambil kapan pun dan gak ada batas waktu penyetoran.

Baca juga: Apa Bedanya Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan? Ini Jawabannya…

Nasabah juga akan mendapatkan buku tabungan, nomor rekening dan juga ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kamu juga akan mendapat bunga sekitar 0,5 hingga 2 persen. Tapi, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya.

Tabungan konvensional menjadi pilihan yang tepat buat anak sekolah yang ingin punya tabungan. Kalau kamu belum berusia 17 tahun, harus didaftarkan oleh orangtua karena salah satu syarat pembukaan rekening adalah harus memiliki kartu identitas. Jadi mau gak mau kamu mesti pakai KTP atau indentitas kedua orangtua.

2. TabunganKu

Nah, tabungan ini bisa jadi pilihan kamu yang masih sekolah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain tabungan konvensional, TabunganKu juga menjadi jenis tabungan yang tepat untuk anak sekolah. Pasalnya, dengan modal Rp 20 ribu, kamu sudah bisa memiliki TabunganKu lho.

TabunganKu juga diselenggarakan secara bersama oleh bank yang ada di Indonesia. Pasalnya,  menurut Bank Indonesia, TabunganKu bertujuan buat menumbuhkan budaya menabung dan untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia yang masih belum memiliki tabungan di bank.

Selain setoran awal yang rendah, jenis tabungan ini juga bebas biaya administrasi bulanan. Jadi, kamu gak perlu khawatir uangmu akan berkurang setiap bulan.

Karena setorannya kecil, jadi tentu saja TabunganKu saat cocok untuk anak sekolah yang ingin mulai menabung.

3. Celengan

Celengan bisa dijadikan salah satu alternatif buat kamu yang pengin menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jenis tabungan yang satu ini sebenarnya udah diajarkan orangtua kamu sejak kecil. Menyisihkan uang jajan setiap bulan dan dimasukan ke dalam celengan merupakan suatu kebiasaan yang sering terjadi saat itu.

Macam bentuk celengannya juga beragam kok. Kamu bisa beli celengan yang berbentuk ayam sampai kodok. Atau juga bisa nih, kamu beli celengan sesuai selera kamu biar nambah semangat dalam menabungnya.

Baca juga: Nostalgia Tipe-Tipe Tabungan ala Generasi 90an, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Yuk, nostalgia dengan mulai menabung dalam bentuk celengan. Lakukanlah secara rutin setiap hari hingga celenganmu penuh.

Kalau perlu, kamu beli beberapa celengan dan baru dibongkar saat semua celenganmu udah penuh dan siap-siap kaget melihat jumlah uang yang ada di dalam celengan.

4. Tabungan “Mama”

Menabung ke orangtua kamu juga bisa lho, apalagi kalau menabung dengan mama pasti makin banyak uangnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tabungan “Mama” apa maksudnya? Ya, menabung di Mama sama seperti celengan. Jadi, kamu menitipkan uangmu ke Mama setiap hari.

Biar semakin semangat dan serasa menabung di bank, kamu bisa membuat catatan di buku dan kamu tulis berapa uang yang kamu tabungan setiap hari. Mudah kan? Cara ini sebenarnya emang paling mudah dan enak sih, setiap harinya sebelum kamu berangkat sekolah bisa lho langsung menabung ke “Mama”.

Nah, itu dia empat jenis tabungan yang bisa dilakukan buat kamu masih duduk di bangku sekolah. Gak masalah kok jumlahnya kecil, lama kelamaan uang yang kamu tabung bakal banyak dan akan besar jumlahnya dibanding gak sama sekali. Setuju?

Harusnya kamu udah membiasakan menabung sejak masih duduk di bangku sekolah. Jadi nanti kebiasaan kamu dalam menabung bakal terbawa sampai ke jenjang kuliah bahkan nanti pas kamu udah kerja mudah banget buat menyisihkan uang ke rekening pribadi.

Buat orangtua gak ada salahnya kok mengajarkan anak buat menabung sejak masih kecil. Hal ini bakal membantu buat perkembangan si kecil, agar lebih bertanggung jawab dalam masalah keuangan. Kalau bukan orangtua siapa lagi yang bakal mengajari si kecil dalam urusan menabung? (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong