Banner ImageBanner Image

Kasih Banyak Keuntungan! Gini Lho Cara Mudah Membuka Rekening Jenius

3 menit
Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)
Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)

Banyak milenial yang udah gak asing lagi dengan rekening Jenius. Ya, tabungan rekening Jenius merupakan produk layanan perbankan dari Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional).

Jenis tabungan yang satu ini berbentuk digital. Ya, pas banget kan sama perkembangan zaman saat ini yang sudah serba digital.

Bukan cuma beli makan dan belanja aja yang bisa dilakukan pakai smartphone. Kini menabung pun udah bisa lewat digital yaitu dengan Jenius.

Nah, Jenius ini memang ditujukan buat kamu yang gak mau pusing sama birokrasi atau antrian panjang di bank yang sangat menyita waktu.

Gak heran kalau layanan perbankan digital ini banyak dilirik orang khususnya para milenial yang gak mau ribet sama birokrasi yang terkesan bertele-tele.

Jadi, kamu gak perlu tuh bangun lebih pagi atau izin datang telat ke kantor untuk membuka rekening. Lewat Jenius, kamu cuma perlu mengunduh aplikasi di smartphone-mu dan bisa langsung daftar.

Sama halnya dengan perbankan pada umumnya, menggunakan Jenius kamu juga bisa melakukan aktivitas finansial seperti menabung dan juga mentransfer uang.

Selain itu, Jenius juga bukan e-wallet yang cuma bisa melakukan transaksi aja. Tapi, kamu juga bisa membuka deposito berjangka dan lagi-lagi hanya dilakukan lewat aplikasi. Mudah banget kan?

Baca Juga: Ini Pilihan Tabungan Digital Buat Milenial yang Pengin Cepat Mapan

Cara membuka rekening tabungan Jenius

Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)q
Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)

Nah, buat kamu yang ingin membuka rekening tabungan Jenius tapi masih bingung gimana caranya? Langsung ikuti aja langkah-langkahnya di bawah ini, seperti yang sudah dilakukan oleh salah penulis MoneySmart.id:

  • Unduh aplikasi jenius di smartphone kamu.
  • Pilih kolom register atau daftar.
  • Siapkan KTP, karena kamu akan diminta untuk selfie dengan KTP-mu.
  • Tanda tangan di atas kertas.
  • Siapkan juga NPWP.
  • Pilih bahasa yang kamu inginkan (English/Indonesia), klik NEXT
  • Isi biodata secara lengkap pada kolom-kolom yang disediakan.
  • Masukkan juga email dan nomor handphone yang aktif.
  • Jika semua data sudah lengkap, maka klik tombol UPLOAD.
  • Tunggu beberapa menit dan jangan menyentuh layar selama proses verifikasi. Jika sudah selesai, kamu akan mendapat notifikasi lewat aplikasi.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memilih waktu dan lokasi yang diinginkan untuk menyerahkan dokumen atau data secara fisik kepada pihak Jenius.
  • Setelah selesai, maka kamu tinggal menunggu kiriman kartu ATM dan juga buku tabungan ke tempatmu.

Agar proses pendaftaran rekening Jenius kamu berjalan dengan lancar dan cepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, pastikan data di KTP harus terbaca jelas.

“Saat akan foto KTP, pastikan kalau semua data atau informasi yang tertera di KTP terbaca dengan jelas. Selain itu, foto selfie sama KTP juga wajahmu harus berada di area yang sudah disiapkan oleh Jenius,” ujar Aziz salah satu karyawan Jenius.

Selain itu, selama proses pendaftaran rekening. Pastikan juga kalau sinyal internet kamu kuat dan stabil. Tujuannya ya supaya prosesnya berjalan cepat.

Lewat aplikasi Jenius, kamu juga bisa mengirim uang dan membayar tagihan dengan menggunakan nomor rekening, $Cashtag, nomor telepon, atau bahkan alamat email.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan seperti kartu kredit, telepon, air, TV, dan internet. Top-up GoPay, e-money, hingga T-Cash juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi ini.

Baca Juga: 5 Trik Kelola Uang di Usia 20-an, Gak Susah Kok!

Banyak biaya yang digratiskan

Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)
Cara membuka tabungan Jenius. (MoneySmart)

Setiap bulan, kamu akan mendapatkan gratis biaya transaksi hingga 25 kali untuk transfer antar bank lewat aplikasi Jenius dan gratis biaya 25 kali tarik tunai di ATM Bersama/Prima di seluruh Indonesia.

Kamu juga gak perlu khawatir, karena membuat rekening Jenius berbeda dengan membuat tabungan di perbankan. Jenius menawarkan biaya layanan gratis, seperti:

  • Biaya administrasi bulanan.
  • Biaya pembukaan rekening.
  • Biaya penutupan rekening.
  • Saldo awal saat pembukaan rekening.
  • Biaya akun dorman alias tidak ada transaksi di bawah enam bulan.
  • Tidak ada minimum saldo bulanan.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bunga sebesar 1 persen per tahun untuk saldo yang aktif. Tapi beda jenis tabungan, beda juga bunga yang diberikan.

Ada tiga jenis tabungan seperti deposito di Jenius yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Baca Juga: Begini Cara Miliarder Didik Anaknya Biar Ketularan Kaya

Untuk Flexi Saver dan Dream Saver, kamu bisa menabung tanpa minimal setoran. Saldomu bisa ditarik kapanpun dengan bunga 5 persen per tahun. Sedangkan kalau memilih Maxi Saver, kamu bisa mendapatkan bunga per tahun sebesar 5,75 persen tapi dengan minimal setoran Rp 10 juta.

Nah, itu dia cara membuka rekening Jenius yang mudah dan hanya perlu smartphone untuk melakukan segala transaksi. Buat kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkapnya, kamu bisa langsung download aplikasinya di App Store atau Play Store yang ada di handphone-mu.

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong