Banner ImageBanner Image

Kamu Perlu Naik Jenjang Karier Kalau Tanda-Tanda Ini Muncul

3 menit
Jenjang karier

Ada waktunya para pekerja mencapai kepuasan menekuni karier yang dipilih. Namun, ada juga yang merasa karier yang dipilihnya masih jauh dari harapan. Bahkan, orang-orang seperti itu berpikir perlu mendapat kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi lagi.

Wajar aja kalau orang menganggap dirinya butuh kenaikan jenjang karier. Kamu pasti setuju dong kalau harus ada hal-hal yang mesti dicapai dalam hidup?

Begitu pun dalam karier. Menapaki jenjang karier yang lebih tinggi, juga termasuk pencapaian dalam hidup.

Namun, jangan ambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang. Kalau kamu merasa butuh naik jenjang karier dan berencana buat pindah ke tempat lain, ada baiknya pastikan dulu tanda-tanda ini.

Berikut ini tanda-tandanya kamu perlu mendapat kenaikan jenjang karier, seperti dikutip dari CNN:

Gak ada ruang buat berkembang

Jenjang karier

Kalau kamu mulai merasa mentok dengan karier yang dijalani alias udah gak bisa berkembang lagi, itu tandanya kamu perlu mendapat kenaikan jenjang karier.

Kebanyakan orang menyadari hal itu begitu mereka tahu teman seprofesinya udah beberapa langkah lebih maju dari mereka.

Salah satu penyebab mengapa ketertinggalan ini terjadi, yaitu perkembangan karier yang gitu-gitu aja.

Kamu tentunya pernah merasakan apa yang kamu kerjakan gitu-gitu aja, bukan? Atau skill atau ilmu yang kamu dapat gak nambah-nambah.

Ditambah lagi, pencapaian yang telah kamu raih gak mendapat apresiasi yang sepantasnya atau gak dikasih apresiasi sama sekali. Sementara temanmu di luar sana dipromosikan naik jenjang karier karena pencapaiannya.

Kalau sampai hal tersebut kamu alami, udah tepat keputusanmu buat berpindah tempat kerja demi naik ke jenjang karier yang lebih tinggi lagi.

Baca juga:

Ini Lho Rahasianya Mengapa Orang Bisa Meraih Kesuksesan dalam Berkarier

Gak merasa puas

Jenjang karier
Jenjang karier

Tanda selanjutnya yang tampak adalah adanya rasa gak puas dalam karier yang dijalani. Dampaknya, kamu menjadi kurang termotivasi buat melakukan pekerjaan kamu saat ini.

Ada beberapa penyebab mengapa orang bisa merasa gak puas. Salah satunya, apa yang diharapkan gak diperoleh dari pekerjaannya saat ini, misalnya, gak ada promosi karier setelah sekian lama bekerja.

Tentu aja efeknya gak baik buat karier kamu nantinya. Pasalnya, efeknya bisa memengaruhi kinerja kamu yang berujung pada menurunya kinerja dan kalau dibiarkan jadi terpuruk nantinya.

Jadi, pindah tempat kerja udah menjadi keputusan yang tepat kalau pengin jenjang karier menanjak.

Baca juga:

Pengin Punya Karier Maju? Ini yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2019

Gak dapat kesempatan belajar hal-hal baru

Jenjang karier
Jenjang karier

Salah satu bagian terpenting menjalani karier adalah memelajari hal-hal baru, dan mengambil tantangan yang lebih sulit dari sebelumnya. Di sinilah kamu diuji untuk membuktikan diri emang layak mendapat promosi.

Asal kamu tahu, bekerja bukan hanya untuk mendapatkan gaji tiap bulannya. Di setiap pekerjaan yang ditekuni, kamu bisa mendapat hal-hal baru yang belum pernah dipelajari.

Di sinilah kemampuan kamu makin terasah, dan nantinya bisa mendapat peluang lebih baik lagi.

Seandainya hal tersebut gak diperoleh, jangan harap deh kamu bisa naik jenjang karier bila pindah tempat kerja. Pasalya, perusahaan memandang kemampuan kamu hanya segitu-segitu aja.

Seharusnya, hal tersebut udah kamu sadari jauh-jauh hari sebelumnya. Lebih cepat sadar, lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa segera ambil keputusan buat berpindah tempat kerja. Sebab, percuma aja bertahan kalau nantinya jenjang karier gak naik.

Baca juga:

5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Karier Pekerja Wanita

Gak ada kenaikan gaji

Jenjang karier
Jenjang karier

Udah kerja dalam waktu lama, sering mencapai target, dan melakukan hal-hal baik lainnya, tapi kenapa gaji masih sama seperti bulan pertama bekerja?

Di sinilah kamu sudah saatnya ambil keputusan resign, dan mendapat kesempatan baik di luar sana.

Pengalaman kamu selama bekerja bakal berguna banget untuk kamu menerima posisi lebih tinggi alias menapaki jenjang karier yang lebih tinggi. Udah pasti semakin tingginya jenjang karier, semakin besar juga gaji yang kamu dapat.

Jadi, kalau beberapa tanda-tanda ini udah tampak di diri kamu, jangan berlama-lama lagi. Segera cari peluang baru dan manfaatkan pengalaman kamu demi dapat gaji besar dan perkembangan karier yang lebih bagus.

Itu tadi beberapa tanda yang mengisyaratkan kamu perlu kenaikan jenjang karier. Jadi, kalau kamu mendapati beberapa tanda di atas pada dirimu, segera deh ambil keputusan resign, dan terimalah kesempatan buat naik jenjang karier. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan