5 Cara Mudah Berburu Rumah Murah di Pameran Properti

2 menit
Berburu Rumah Murah (Shutterstock)
Berburu Rumah Murah (Shutterstock)

Memburu rumah murah namun nyaman tentu bukan pekerjaan mudah. Rumah123.com menggelar Festival Properti Indonesia (FPI) di Kota Kasablanka mulai dari 6-10 November 2019.

Pada pameran properti kali ini, FPI menawarkan berbagai promo menarik mulai dari rumah murah mulai dari Rp 200 jutaan, hingga rumah bebas uang muka atau Down Payment (DP).

Tak hanya itu,bagi masyarakat yang berminat juga berkesempatan mendapatkan penawaran berupa gratis biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Akta Jual Beli (AJB), dan provisi bank. Dan juga subsidi rumah puluhan juta.

“Disini kita memberikan banyak kemudahan, mulai dari pembeliannya, pembayarannya, bahkan ada DP yang cuma Rp 0. Jadi kalau ditanyakan apa, ya sudah pasti pemilihan rumahnya banyak, begitu juga dengan apartemen, condotel. Dengan pilihan payment-nya juga, cara belinya juga banyak, dan hadiahnya banyak,” ujar Country Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik di Kota Kasablabnka Jakarta.

Adapun dalam pameran rumah ini Rumah123.com menggaet 26 developer seperti Metland, Trans Park, Paradise Serpong City, Synthesis Homes, Green Pramuka City, dan lainnya.

Tips Berburu Rumah Murah 

Dalam membeli atau mencari hunian dalam pameran properti bukan perkara mudah. Terkadang berbagai promosi dan penawaran menarik menjadi hal yang menggiurkan. Akan tetapi sebaiknya ketahui terlebih dahulu trik dan cara yang tepat dalam membeli properti dalam ajang pameran.

Sebab, jangan sampai karena tergoda dengan promosi yang menarik tetapi lupa dengan apa yang dinginkan, seperti lokasi yang tidak jauh, tipe rumah, luas tanah, hingga bangunan dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

1. Tentukan dulu lokasi incaran

Dalam pameran properti berskala besar, akan ada banyak developer yang menawarkan properti di berbagai lokasi. Sebelum mendatangi pameran, pastikan kamu sudah memiliki lokasi incaran. Karena kalau tak begitu, bisa-bisa kamu terdistraksi dan malah pergi ke booth yang sebenarnya tak sesuai keinginanmu.

Akhirnya waktu dan energi pun terbuang. Sedangkan jika kamu sudah memutuskan lokasi mana saja yang diincar, kamu bisa fokus mencari penawaran terbaik dari lokasi yang sudah kamu incar.

2. Kenali kemampuan finansial

Setelah menentukan lokasi, kenali juga kemampuan finansialmu. Supaya perburuan rumah murah berjalan dengan efektif, tentukan anggaran yang akan dikeluarkan untuk membeli rumah. Kalau bisa, kamu juga sudah tahu tipe rumah apa yang akan dipilih. 

Dengan begitu, ketika developer menawarkan rumah dengan harga di atas bujet, kamu bisa langsung beralih dan mencari penawaran lain yang sesuai dengan preferensimu.

3. Tentukan cara pembelian

Sama seperti membeli rumah dengan cara biasa, membeli rumah murah melalui pameran properti pun juga ada banyak pilihan pembayarannya. Beberapa di antaranya seperti membeli secara tunai atau dengan fasilitas KPR. Jika kamu memilih KPR, biasanya developer akan memberikan opsi DP rendah.

Sebaiknya kamu perhitungkan dulu matang-matang cicilan yang harus dibayarkan per bulannya. Apabila kamu memilih DP rendah, otomatis cicilan bulanan pun akan lebih besar ketimbang kamu memberikan DP besar.

Untuk itu, sekali lagi jangan mudah tergiur dan sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.

4. Bawa berkas pengajuan KPR

Khusus untuk kamu yang sudah yakin untuk membeli rumah murah lewat KPR, sebaiknya persiapkan berbagai berkas kelengkapan pengajuan KPR. Sebab, gak menutup kemungkinan developer memberikan promo berupa cashback, diskon, bunga murah, hingga bonus mobil, jika kamu bertransaksi saat itu juga.

Jadi, gak ada ruginya kan bersiap-siap?

5. Siapkan dana untuk booking fee

Ada berbagai potongan harga dan penawaran menarik lainnya di pameran properti. Nah, ketika kamu sudah menemukan rumah yang cocok, sebaiknya segera berikan booking fee untuk “mengunci” rumah tersebut. Sebab kalau kamu tak buru-buru, bisa-bisa rumah yang diincar keduluan dibeli oleh orang lain.

Maka dari itu, jangan lupa siapkan dana untuk booking fee. Biasanya biaya booking fee mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Siapa tahu kamu dapat jodoh rumahmu di acara pameran properti. 

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.