Banner ImageBanner Image

Sosok Ini di Balik Kesuksesan JKT48 Masih Eksis dan Punya Fans Fanatik

6 menit
JKT48 (IG jkt48)

JKT48 menjadi salah satu grup idol yang dielu-elukan banyak orang, terutama kaum pria. Wajar aja, selain berisikan cewek-cewek imut, kemampuan mereka bersenandung dan menari menjadi daya tarik tersendiri.

Meski beberapa anggota jagoannya sudah “lulus”, alias tidak menjadi member JKT48 lagi, seperti Melody dan Nabilah. Nyatanya, idol group satu ini tetap bertahan di dunia hiburan Tanah Air hingga tujuh tahun.

Secara garis besar, idol group bukan sekadar kelompok musik. Anggotanya dididik agar menjadi artis multitalenta. Hal ini berbeda dengan girlband atau boyband yang dilatih untuk tampil di atas panggung belaka.

Sebagai idol group, JKT48 memiliki konsep yang sama seperti AKB48. Ini yang membuat JKT48 dianggap memberikan warna baru di industri musik Indonesia.

Di balik kesuksesan JKT48 di industri musik, tentu saja tak terlepas dari peranan banyak pihak. Salah satunya, sang produser musik, yaitu Fay Ismail.

Sebelum menjadi produser musik JKT48, Fay awalnya diminta membantu test project di Jakarta untuk membuat iklan minuman isotonik dengan konsep idol group seperti AKB48 di Jepang, lalu terbentuklah JKT48 dan sukses melalang buana di dunia hiburan selama tujuh tahun.

Penasaran gak sih bagaimana perjalanan pria lulusan SAE Melbourne, Australia, dengan jurusan Music and Sound Enggineering ini membentuk, membangun dan membuat JKT48 sukses? Yuk, siimak lebih lengkapnya di sini:

Awal mula terbentuknya JKT48

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

JKT48 muncul di tengah menjamurnya girlband di Indonesia, baik yang asli dari Korea Selatan, maupun versi KW-nya yang tak bisa bernyanyi dan menari. Lantas, bagaimana awal mula JKT48 terbentuk?

Fay menuturkan, perusahaan dari Jepang yang menaungi idol group AKB48 melakukan test project di Jakarta untuk membuat iklan minuman isotonik.

Saat itu, Fay diminta seorang kerabat yang kebetulan berperan sebagai creative director untuk menjadi produser JKT48.

“Kebetulan punya teman creative director. Nah, saat itu teman gue itu diminta dari Jepang lewat agency yang bernama Densu untuk mencari producer music yang basic-nya adalah sound engineer,” kata Fay kepada MoneySmart saat berbincang di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

“Konsepnya yang unik dan beda dari yang lain membuat gue sangat tertarik. Akhirnya melakukan test case dan gak disangka berhasil hingga saat ini, udah tujuh tahun,” sambung Fay mengenang awal mula perjalanan kariernya di JKT48.

Baca juga:

Simak! 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Tempat Fitness dari 2 Wanita Ini 

Langkah awal

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

Saat itu, pihak Densu sudah melakukan audisi untuk anggota sekitar 32 orang dengan karakter berbeda-beda.

Mulai dari yang bisa dan gak bisa nyanyi, bisa dan gak bisa menari, pendiam, cerewet, hingga kaku, dan lainnya.

“Para anggota langsung diolah dengan materi yang sudah ada, dan kebetulan lagunya juga udah dipilih, yaitu ‘Heavy Rotation’ yang juga dipakai untuk promosi minuman isotonik,” ungkap Fay.

Lebih lanjut, Fay memaparkan, karena saat itu ada berbagai macam karakter para member-nya, maka penempatan personelnya pun dilakukan secara random.

“JKT48 itu terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu grup J, grup K, dan grup T. Di mana masing-masing grup itu mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil di berbagai acara online atau offline,” kata suami Annissa Pontjo itu.

Baca juga:

Lahir Terlanjur Tajir, Anak 8 Konglomerat Indonesia Pilih Profesi Ini

Punya penggemar fanatik

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

Salah satu yang menonjol dari JKT48 di Indonesia adalah, penggemar fanatik yang kehadirannya begitu vokal. Bukan tak beralasan mengapa para penggemar fanatik itu mengelu-elukan para member idol group satu ini.

Menurut pria yang juga memegang titel Diploma Design and Applied Arts RMIT University itu, yang menjadi daya tarik JKT48 merupakan prosesnya.

“Menjual proses. Jadi, mau menunjukkan ke orang, kalau punya member yang gak bisa nyanyi, nari, dan bahkan kaku. Kalau di grup lain, mungkin dia gak bisa bergabung. Tapi setelah bergabung dengan JKT48, member tersebut bisa berkembang dengan mengikuti berbagai pelatihan. Nah, proses perkembangan itulah yang ditunjukkan ke fans,” jelas Fay.

Hal tersebut yang membuat group idol waralaba Jepang ini memiliki banyak fans. Jumlah fans JKT48 terbanyak di Asia dengan jumlah fanbase lebih dari 5 juta, dan kebanyakan dari mereka sangat loyal.

Misalnya, gak akan sungkan mengeluarkan uang untuk menonton acara teater, hingga membeli beragam merchandise.

Baca juga:

7 Profesi di Indonesia yang Melelahkan dan Dibayar Receh tapi Bisa Kaya

Jumlah personel saat tampil 48 orang

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

Idol group ini dibentuk pada tahun 2011 ini memiliki 48 member saat perform, dan dibagi per kategori 16 orang.

Sementara itu, jumlah keseluruhan anggotanya adalah 67 orang. Sehingga, sisa anggotanya menjadi cadangan.

“Memang sudah original dari Jepang. Karena JKT48 adalah franchise AKB48. Jadi karena sister group, jadi sama persis semuanya atau mengikuti yang ada di Jepang,” tutur Fay menjelaskan alasan member JKT48 saat perform harus berjumlah 48 orang.

Cara memproduseri beragam karakter berbeda-beda

Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)
Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)

Saat ini, group idol tersebut memiliki anggota sekitar 67 orang dengan 67 karakter yang berbeda. Tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk Fay, dan tim untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

“Jadi untuk semua latihan dilakukan secara tim, baik menari hingga rekaman dan dibagi per slot, misalnya hari senin ada delapan anak, dan begitu selanjutnya. Jadi, biar sekalian mencari tahu juga, kemampuan masing-masing para member,” ujar Fay.

Apakah ada “anak emas”?

Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)
Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)

Fay mengakui, banyak sekali pertanyaan yang menanyakan apakah ada “anak emas” di JKT48. Pasalnya, hanya beberapa member yang lebih dikenal, dan sering tampil di layar kaca, seperti Melody dan Nabilah.

“Sebenarnya, JKT48 itu ada bendera. Jadi, siapapun memiliki kesempatan untuk tampil. Tapi mungkin klien melihat ada yang berbeda dari para member yang tampil di televisi. Jadi, sebenarnya kalau pilihan sebuah brand itu adalah pure dari klien yang mungkin wajah, dan fisiknya sesuai dengan karakteristik dari brand tersebut,” ungkap Fay.

Cara memperkenalkan anggota baru JKT48

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

JKT48, baik dari official dan para member yang sudah lama bergabung, pasti akan diperkenalkan lewat sosial media.

“Selain dari sosial media, juga akan diperkenalkan langsung dari theater. Biar para member baru itu bisa ketemu langsung dengan para fans-nya. Baik sebelum atau sesudah show,” ujar ayah calon tiga anak itu.

Apakah JKT48 harus mengikuti seluruh peraturan dari Jepang?

Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)
Fay Ismail (MoneySmart/Ardi)

Dengan konsep idol group seperti AKB48 di Jepang, JKT48 banyak mengadopsi cara idol group tersebut, baik saat perform maupun dalam penampilan. Lantas, apakah JKT48 harus mengikuti seluruh peraturan dari Jepang?

Basic rules dan SOP-nya memang mengikuti dari Jepang. Tapi ada beberapa hal yang diadaptasi dengan culture yang ada di Indonesia,” jelas Fay.

“Misalnya, adaptasi bahasa untuk lagu. Karena untuk lagu menggunakan bahasa Jepang, saat diterjemahkan ke bahasa Indonesia itu gak dapat. Jadi, ada beberapa yang dibeda-bedakan, mulai dari lirik hingga nada,” sambung pria berkacamata itu.

Tips sukses untuk kamu yang ingin jadi member

JKT48 (IG jkt48)
JKT48 (IG jkt48)

Menjadi member JKT48 harus memiliki mental yang kuat. Selain mental, fisik juga sangat penting.

Pasalnya, para member diharuskan untuk selalu bergerak, mulai dari latihan nyanyi hingga sampai tampil di panggung teater.

“Para anggota harus punya mental dan fisik yang kuat. Pasalnya, saat mereka harus nyanyi dan menari di atas panggung dengan membawakan 15 hingga 20 lagu itu pasti sangat lelah. Jadi, kalau fisiknya gak kuat dan gak sanggup mengikuti semua jadwal, ujung-ujungnya memilih untuk mengundurkan diri,” imbuh Fay.

Dua hal itu menjadi poin penting. Sedangkan untuk poin lainnya, seperti kemampuan bernyanyi, menari, dan lainnya bisa diberikan bimbingan dan berjalan dengan waktu.

Nah, itu dia cerita perjalanan Fay Ismail, salah seorang sosok di balik kesuksesan JKT48 hingga saat ini.

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi seputar group idol satu ini, seperti jadwal theater, konser dan lainnya, bisa langsung cek lewat Instagram dan website resminya.

Editor: Chaerunnisa

Produser: Ardi Mandiri

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan