Berencana Bangun 99 Masjid, Ini Alasan Mulia Pengusaha Dermawan Djohari Zein

3 menit
Berencana Bangun 99 Masjid, Ini Alasan Mulia Pengusaha Dermawan Djohari Zein, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Presiden Komisaris PT TIKI JNE dan pendiri Global Basket Mulia Investama (GBMI), Djohari Zein, dikenal bukan hanya sebagai pengusaha dan pebisnis melainkan juga seorang yang memiliki hati dermawan. Lewat Johari Zein Foundation, ia bersama timnya menggagas pembangunan 99 masjid di Indonesia.

Kalau dipikir-pikir, pemberian nama yayasan ini memang terlihat dan terdengar unik ya saat mengucapkannya. Nah, pendirinya sendiri memiliki nama Djohari Zein namun yayasannya adalah Johari Zein. Nama Djohari sendiri emang mengambil ejaan lama sedangkan Johari agar banyak orang mudah mengingatnya dan mengucapkannya.

Pasca gempa bumi di Lombok, Johari Zein Foundation telah berhasil membangun sarana rumah ibadah yang mengalami kerusakan akibat bencana alam. Ia pun menggandeng Alien Design Consultan sebuah startup yang masuk ke dalam portfolio investasi GBMI. Tentu aja, Alien berperan sebagai arsitek dalam pembangunan masjid. 

Saat berbincang hangat dengan MoneySmart, Djohari Zein memaparkan sejumlah alasan yang melatarbelakangi saat mendirikan yayasan ini dan ambisinya dalam mendirikan 99 masjid! Berikut ulasannya.

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

Hidup harus memiliki keseimbangan

Johari Zein
Djohari Zein sosok pengusaha sukses dengan hati mulia, (Okky Budi/MoneySmart.id).

“Selama saya menjadi CEO JNE, saya telah mengenal manajemen spiritual. Kita menomor satukan keseimbangan antara komersial dan sosial. Di situ saya banyak belajar dan melihat kalau bisnis yang tujuannya cuma mengejar komersial (keuntungan), pasti gak berkah,” ujar Djohari Zein pada MoneySmart saat berbincang di kantor Gorila Sport.

“Pasti ada saja masalah yang berpotensi membuat bisnis itu jatuh,” imbuhnya. 

Sejak kecil tentunya kita diajarkan beramal dong. Nah, tujuan dari aktivitas sosial ini adalah buat membantu sesama, bukan?

Coba saja lihat donasi yang diberikan Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan lainnya. Orang-orang kaya tentunya peduli dengan segala hal yang berkaitan dengan membantu sesama.

Baca juga: Kamu Milenial, Mau Sukses Dirikan Startup? Ikuti 3 Tips dari Pendiri JNE

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang beriman

Johari Zein
Djohari Zein mengungkapkan kalau hidup itu mesti memiliki keseimbangan lho, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Inilah yang menjadi alasan mengapa Johari Zein Foundation memiliki target buat mendirikan 99 masjid di Indonesia. Asal kamu tahu, angka 99 menyimbolkan Asma’ul Husna atau nama-nama Allah. 

“Menurut saya bangsa yang kuat adalah bangsa yang beriman. Hal itu disebabkan karena Allah memberikan rezeki ke orang yg beriman dan masjid adalah tempat yang baik untuk meningkatkan keimanan,” ujar Djohari.

Djohari Zein menambahkan bahwasannya masyarakat di Indonesia sendiri mayoritas memeluk agama Islam. Yayasan amalnya pun berharap, mereka bisa memberikan kontribusi yang baik dengan membangun tempat-tempat ibadah.

Itulah alasan mengapa Johari Zein Foundation gencar dalam proyek pembangunan masjidnya di Indonesia. Asal kamu tahu, aktivitas yayasan ini di bidang sosial sejatinya cukup luas dan gak hanya sebatas membangun masjid saja.

Mereka sempat menggelar acara bagi-bagi makanan buat acara buka puasa bersama dengan menggandeng ESQ, serta Paxel, sebuah startup di bidang logistik. Selain itu, mereka juga pernah menyalurkan bantuan buat para korban tsunami di Banten. Gak cuma itu lho mereka juga memfasilitasi komputer buat Pesantren Al Wahdah di Serang.

Dan kerennya, mereka juga menggandeng startup-startup yang didanai GBMI untuk ikut serta di proyek sosial ini lho. Nah itu dia alasan mulia pendiri Johari Zein Foundation yakni Djohari Zein dalam misi kemanusiaan yang begitu bijak dan harus ditiru nih. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.